Doa Bahasa Arab dan Artinya
Doa Bahasa Arab dan Artinya

Doa Bahasa Arab dan Artinya

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat Islam. Doa yang dilafalkan mestilah berbahasa arab. Mungkin bagi sebagian dari kita mempelajari doa dalam bahasa arab sudah tidak asing lagi. Namun, bagi yang masih pemula, memahami doa dalam bahasa arab mungkin akan terasa agak sulit. Oleh karena itu, kami menyediakan informasi tentang doa bahasa arab dan artinya. Semoga informasi ini bisa membantu kita semua untuk memahami doa dengan lebih baik lagi.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan adalah doa yang wajib dibaca sebelum kita memulai sebuah makanan. Doa ini berbunyi: “بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ , اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ”. Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah kami dalam apa yang Engkau berikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa neraka”.

Doa Setelah Makan

Setelah kita selesai makan, kita wajib membaca doa setelah makan. Doa ini berbunyi: “الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ نَزَّلَ الطَّعَامَ وَشَرَحَ بِهِ لَنَا صَدْرَنَا، وَكَفَّانَا عَذَابَ الْقَبْرِ”. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menurunkan makanan dan dengan makanan tersebut mengukir rongga dada kami, dan menghindarkan kami dari siksa kubur”.

Doa Sebelum Tidur

Ketika kita menginjakkan kaki di hadapan kasur, maka kita wajib membaca doa sebelum tidur. Doa ini berbunyi: “بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا”. Artinya: “Dengan menyebut namamu ya Allah, aku mati dan aku hidup”.

Doa Bangun Tidur

Ketika kita bangun tidur, maka kita wajib membaca doa bangun tidur. Doa ini berbunyi: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا، وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ”. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya lah kami dikembalikan”.

Doa Masuk Masjid

Ketika kita ingin masuk ke dalam masjid, maka kita wajib membaca doa masuk masjid. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ”. Artinya: “Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa Setelah Shalat

Ketika kita telah selesai melaksanakan shalat, maka kita wajib membaca doa setelah shalat. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلا أَنْتَ”. Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, aku berada di atas perjanjian-Mu dan janji-Mu selama aku mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah aku lakukan. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau”.

Doa Memohon Pertolongan

Ketika kita merasa tersesat dan membutuhkan bantuan, maka kita boleh membaca doa memohon pertolongan. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَ