Doa Bada Adzan dan Artinya
Doa Bada Adzan dan Artinya

Doa Bada Adzan dan Artinya

Adzan adalah azan yang dikumandangkan untuk mengumumkan waktu untuk melakukan shalat fardu. Di dalam adzan terdapat doa bada adzan yang harus dibaca. Doa bada adzan atau dalam bahasa arab disebut dengan takbir tahmid ini dibaca untuk mengumumkan shalat fardu. Doa bada adzan disebut juga dengan doa iqamah yang berarti “telah siap”. Doa bada adzan ini dapat dibaca saat adzan yang dikumandangkan di masjid ataupun di rumah.

Doa Bada Adzan dan Artinya

Doa bada adzan ini terdiri dari dua kalimat. Pertama adalah kalimat takbir yang berarti “Allahu Akbar” atau “Dia Maha Besar”. Kedua adalah kalimat tahmid yang berarti “Alhamdulillah” atau “Segala puji bagi Allah”. Berikut adalah teks dan artinya doa bada adzan atau doa iqamah:

Allahu Akbar – Allah Maha Besar
Alhamdulillah – Segala puji bagi Allah

Doa bada adzan ini dapat dibaca dengan jelas dan lantang dengan menggunakan bahasa Arab. Jika doa bada adzan ini diucapkan dengan tekun dan tulus, maka Insya Allah akan mendapatkan pahala yang besar dan dapat menambah keimanan seseorang.

Keutamaan Doa Bada Adzan

Selain sebagai bentuk pengumuman waktu shalat fardu, doa bada adzan juga memiliki beberapa keutamaan. Di antaranya adalah mendapatkan pahala yang besar. Hal ini dikarenakan dalam doa bada adzan terdapat kalimat takbir dan tahmid. Kedua kalimat ini akan mendapatkan pahala yang besar jika diucapkan dengan tulus dan ikhlas.

Selain itu, ada juga hadist yang menyatakan bahwa orang yang mengucapkan doa bada adzan dengan benar dan lantang akan mendapatkan pahala yang besar. Hal ini karena doa bada adzan ini merupakan doa yang diwajibkan oleh Allah. Berikut adalah hadist yang berkaitan dengan doa bada adzan:

Dari Ibnu Umar ra, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang iqamat shalat dengan benar dan lantang, maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang ikut shalat bersamanya tanpa mengurangi pahala yang didapatkan oleh orang yang ikut shalat bersamanya.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Bacaan Doa Bada Adzan dalam Lain Bahasa

Selain dalam bahasa Arab, doa bada adzan juga dapat dibaca dalam bahasa lain seperti Indonesia, Inggris, dan bahasa lainnya. Berikut adalah beberapa contoh bacaan doa bada adzan dalam bahasa lain:

Indonesia: Allah Maha Besar, Segala puji bagi Allah.
Inggris: God is the greatest, Praise be to God.
Jerman: Gott ist der Größte, Lob sei Gott.
Perancis: Dieu est le plus grand, Loué soit Dieu.

Doa Bada Adzan di Rumah

Selain di masjid, doa bada adzan juga dapat dibaca di rumah saat adzan yang dikumandangkan di masjid. Pada saat di rumah, doa bada adzan dapat dibaca dengan jelas dan lantang agar dapat terdengar oleh orang lain. Dengan membaca doa bada adzan di rumah, maka akan mendapatkan pahala yang besar. Selain itu, doa bada adzan juga dapat menjadi sarana untuk menyampaikan dakwah kepada orang lain.

Kesimpulan

Doa bada adzan merupakan doa yang wajib dibaca saat adzan yang dikumandangkan di masjid ataupun di rumah. Doa bada adzan ini terdiri dari kalimat takbir dan tahmid yang berarti “Allah Maha Besar” dan “Segala puji bagi Allah”. Doa bada adzan ini memiliki beberapa keutamaan seperti mendapatkan pahala yang besar dan dapat menjadi sarana untuk menyampaikan dakwah kepada orang lain. Selain itu, doa bada adzan ini juga dapat dibaca dalam bahasa lain seperti Indonesia, Inggris, Jerman, dan Perancis.