Doa Bacaan Sholat dan Artinya
Doa Bacaan Sholat dan Artinya

Doa Bacaan Sholat dan Artinya

Sholat adalah salah satu ibadah yang dituntut dari setiap muslim. Sholat merupakan waktu dimana kita berdiri, berbaring, sujud, dan berdoa pada Allah dengan membaca doa-doa yang telah ditetapkan. Doa-doa tersebut diperlukan untuk memperdalam rasa cinta dan taqwa kita pada Allah. Oleh karena itu, berikut ini adalah doa bacaan sholat dan artinya.

Doa Bacaan Iftitah

Doa bacaan iftitah adalah doa yang diucapkan ketika memulai sholat. Doa ini biasanya diucapkan dengan mengangkat kedua tangan, lalu menyatukannya di sela-sela dada seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini berbunyi: “Allaahumma baa-rik lanaa fii rahmatika wa-taqabbal du’a-aatinaa” yang berarti: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada kami dan terimalah doa kami.”

Doa Bacaan Ta’awudz

Doa bacaan ta’awudz adalah doa yang diucapkan ketika memulai sholat. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan dari Allah SWT dari setan dan segala jenis bahaya. Doa ini berbunyi: “A’uudzu billahi minash-shaytaanir-rajim” yang berarti: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

Doa Bacaan tahiyat akhir

Doa bacaan tahiyat akhir adalah doa yang diucapkan ketika berdiri di akhir sholat. Doa ini bertujuan untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Doa ini berbunyi: “Assalaamu ‘alaikum warahmatullaah wabarakaatuh” yang berarti: “Kesejahteraan dan rahmat Allah serta berkah-Nya semoga menyertaimu.”

Doa Bacaan Qunut

Doa bacaan qunut adalah doa yang diucapkan ketika berdiri di tengah-tengah sholat. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah untuk berbagai hajat dan keperluan. Doa ini berbunyi: “Allahumma antas-salaamu wa minkas-salaamu tabaarakta ya dzal-jalaali wal ikraam” yang berarti: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang maha berkah, maha pujian, maha suci dan maha mulia.”

Doa Bacaan Tashahhud

Doa bacaan tashahhud adalah doa yang diucapkan ketika duduk di tengah-tengah sholat. Doa ini bertujuan untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Doa ini berbunyi: “Assalaamu ‘alaikum warahmatullaah wabarakaatuh” yang berarti: “Kesejahteraan dan rahmat Allah serta berkah-Nya semoga menyertaimu.”

Doa Bacaan Salaam

Doa bacaan salaam adalah doa yang diucapkan ketika mengakhiri sholat. Doa ini bertujuan untuk mengucapkan salam untuk semua orang yang sedang sholat bersama. Doa ini berbunyi: “Assalaamu ‘alaikum warahmatullaah wabarakaatuhu” yang berarti: “Kesejahteraan dan rahmat Allah serta berkah-Nya semoga menyertaimu.”

Doa Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Doa bacaan dzikir setelah sholat adalah doa yang diucapkan setelah mengakhiri sholat. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diampuni segala kesalahan yang telah kita lakukan. Doa ini berbunyi: “Allahumma aghfir lii dhambii wa tubb ‘alayyaa” yang berarti: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan terimalah taubatku.”

Doa Bacaan Tahlil

Doa bacaan tahlil adalah doa yang diucapkan ketika sholat dua rakaat. Doa ini bertujuan untuk memuji Allah SWT. Doa ini berbunyi: “Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir” yang berarti: “Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan dan segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Bacaan Takbir

Doa bacaan takbir adalah doa yang diucapkan ketika sholat tiga rakaat. Doa ini bertujuan untuk menyatakan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Doa ini berbunyi: “Allaahu Akbar” yang berarti: “Allah Maha Besar.”

Doa Bacaan Tahlil Arwah

Doa bacaan tahlil arwah adalah doa yang diucapkan ketika sholat empat rakaat. Doa ini bertujuan untuk memohon ampunan untuk arwah yang telah meninggal dunia. Doa ini berbunyi: “Allahumma salli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa sahbihi wa sallim” yang berarti: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

Kesimpulan

Doa-doa bacaan sholat merupakan cara untuk memperdalam rasa taqwa dan cinta kita pada Allah. Dengan mengingat dan membaca doa-doa tersebut, kita dapat membuka hati kita dan memperdalam rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dengan demikian, kita d