Pilihan Doa Anak Sakit yang Bisa Dipilih Orang Tua
Pilihan Doa Anak Sakit yang Bisa Dipilih Orang Tua

Pilihan Doa Anak Sakit yang Bisa Dipilih Orang Tua

Doa anak sakit adalah salah satu hal yang wajib diketahui oleh orang tua ketika buah hati sakit. Hal ini menjadi ucapan doa untuk disampaikan kepada Allah SWT sebagai permintaan kesembuhan kepada buah hati. Tentunya sebagai orang tua wajib mengetahuinya.

Sebab umat Islam semua musibah, sakit dan ketetapan lainnya adalah ketentuan dari Allah SWT. Sedangkan sebagai manusia adalah kewajiban untuk menjalankannya dengan ikhlas dan ikhtiar. Tentunya semua usaha tersebut harus dibarengi dengan doa kepada Allah SWT.

Ketika anak merasa sakit sebagai orang tua pasti akan merasa iba dan kasihan ketika melihatnya. Tidak jarang orang tua akan merasa khawatir berlebihan karena merasa cemas. Namun dengan berdoa orang tua tentu Allah SWT akan memberikan pertolongan.

Daftar Doa Anak Sakit yang Bisa Digunakan untuk Buah Hati

Berdoa adalah salah satu kegiatan yang sangat lumrah dilakukan oleh semua umat beragama. Sedangkan bagi umat Islam semua keinginan hambanya tersebut dapat dikabulkan dengan berdoa. Terlepas dari apapun masalah dan permintaannya.

Berdoa dilakukan dengan tujuan meminta pertolongan Allah. Sehingga setelah mengupayakan berbagai hal untuk kesembuhan tentu harus diimbangi dengan berdoa. Di bawah ini kamu bisa mengetahui beberapa contoh untuk buah hati yang sedang sakit:

1.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Satu

Pilihan pertama bisa diucapkan ketika buah hati merasa sakit. Ucapan ini telah diriwayatkan oleh Imam An-Nawawi dari Al Adzar. Dimana didalamnya sesuai dengan ajaran dan anjuran dari Rasulullah SAW.

Ucapan ini dapat diucapkan oleh anak ketika sakit dengan dibimbing oleh orang tua. Dapat  juga diucapkan sendiri oleh orang tua maupun sanak saudara lain, yang ingin menjenguk. Tujuannya tetap sama yaitu meminta kesembuhan bagi orang yang sakit tersebut.

Tentu saja ucapan tersebut akan sangat bermanfaat untuk meminta kesembuhan kepada Allah SWT. Sedangkan doa anak sakit pertama lafadznya adalah sebagai berikut:

  • للَّهُمَّ رَبَّ النَّاس أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Bagi kamu yang belum bisa membacanya dalam bahasa Arab, maka dapat membaca bacaan latinnya. Allaahumma rabban naasi, adshibil baksa. Isyfi, atas syaafi, Laa syaafiya illa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman.

Arti dari bacaan diatas adalah, Tuhanku, Tuhan dari manusia, hamba memohon hilangkanlah penyakit ini. berikanlah kesembuhan sebab Engkau adalah penyembuh. Hanya Engkau yang bisa menyembuhkan penyakit ini tanpa meninggalkan rasa sakit sama sekali.

Hadist tersebut diriwayatkan pertama kalinya di Damaskus : Darul Mallah. Sedangkan untuk waktunya adalah di tahun 1971 Masehi atau 1391 Hijriah. Kamu bisa melihatnya pada halaman 113.

2.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Dua

Bacaan selanjutnya yang dapat diketahui oleh kaum muslim kali ini termasuk paling afdhol. Hal tersebut karena bacaan tersebut secara langsung telah dianjurkan oleh panutan umat muslim diseluruh dunia. Rasullah SAW menganjurkannya untuk meminta kesembuhan.

Seperti bacaan sebelumnya maka ucapan ini diperuntukkan bagi orang yang ingin meminta kesembuhan. Terlepas dari orang sakit itu sendiri maupun orang lain, yang ingin meminta kesembuhan. Aturan pembacaan doa ini adalah dibaca sebanyak tujuh kali.

Pastikan bagi kamu yang sedang menjenguk untuk mengucapkannya didepan pasien tersebut. selayaknya adab dalam berdoa pada umumnya, maka awal dengan membaca bismillah dan diucapkan dengan khusu’.

Layaknya doa anak sakit pada umumnya, hal ini bertujuan untuk memintakan kesembuhan bagi orang dengan kondisi tidak sehat. sedangkan untuk ucapannya adalah sebagai berikut:

  • أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

 

Selain itu bagi kamu yang tidak bisa mengucapkannya dalam bahasa Arab. Untuk pengucapan dalam bahasa Latinnya adalah sebagai berikut: As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka.

Bacaan tersebut dapat diucapkan untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT. Sedangkan untuk arti dari bacaan diatas adalah “Aku memohon kepada Allah SWT yang agung. Tuhan arasy yang teramat megah untuk menyembuhkan kamu.

3.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Tiga

Pilihan doa ketika kali ini juga tidak kalah manjur dari doa lainnya. Riwayat para ulama menyebutkan bahwa Rasullullah pernah membacakan bacaan tersebut kepada salah satu sahabat. Sehingga bacaan tersebut sangat manjur untuk digunakan berdoa.

Selain itu Rasullullah SAW juga pernah mengobati keluarganya dengan menggunakan doa tersebut. pada dasarnya bacaan kali ini menyebutkan kalimat “syifa” sebanyak dua kali. Dimana arti kata tersebut dalam bahasa Arab adalah obat atau penyembuh.

Sehingga dengan mengucapkan doa ini kamu bisa meminta kesembuhan bagi buah hati dengan kondisi kurang sehat. pastikan kamu menggunakannya sebagai salah satu pilihan doa anak sakit di rumah.

Lafadz bacaan dari doa ini juga cukup mudah dan singkat untuk dihafal. Berikut ini adalah bacaannya, yaitu:

  • امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Lafadz latinnya dari doa diatas adalah Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Laa kaashifa lahu illaaanta.

Sedangkan jika kamu ingin mengetahui terjemahan dari bacaan diatas adalah sebagai berikut. Tuhan dari manusia, bersihkanlah penyakit ini. Di tangan-Mu terdapat kesembuhan itu. tidak ada yang mampu mengangkat penyakit ini kecuali Engkau.

4.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Empat

Telah diriwayatkan dari Imam Muslim bahwa Rasullullah SAW pernah membacakan bacaan keempat ini. tepatnya ketika Rasullullah menjenguk salah satu sahabat sedang sakit dengan nama SA;ad bin Abi Waqqosh.

Perlu diketahui bahwa ucapan adalah bacaan di bawah akan terdapat pengucapan “Sa’ad “ di dalamnya. Sehingga tentunya kamu dapat mengetahui bahwa bacaan kali ini diucapkan dengan menyebut nama orang sakit tersebut.

Namun bacaan tersebut tentunya tetap dapat digunakan sebagai doa anak sakit dengan mengganti dengan nama buah hati. Tepat pada bacaan “Sa’ad” kamu dapat menggantinya dengan nama buah hati masing-masing.

Tentunya doa ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi orang tua. Sedangkan untuk bacaannya adalah sebagai berikut:

  • اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Bacaan Latin dari doa diatas adalah sebagai berikut: allaahummasyfi Sa’dan. Allaahummasyfi Sa’dan. Allaahummasyfi Sa’dan.

Bacaan diatas termasuk cukup singkat dan mudah untuk dihafalkan. Sesuai penjelasan pada kitab Imam An-Nawawi, al-Adzkar, maka penjelasannya dari doa tersebut adalah : Tuhanku, sembuhkanlah Sa’ad. Tuhanku, sembuhkanlah Sa’ad, Tuhanku, sembuhkanlah Sa’ad.

5.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Lima

Segala penyakit yang diderita oleh manusia akan terjadi sesuai dengan ketetapan dari Allah SWT. Sehingga sebagai umat beragama tentunya setiap usaha yang dilakukan perlu diimbangi dengan berdoa dan permintaan kepada-Nya.

Bacaan yang akan disebutkan kali ini dapat diucapkan kepada siapa saja. Terlepas dari ringan atau parahnya penyakit, yang sedang diderita. Pembacaan doa ini tentu semata-mata ingin mengharapkan kesembuhan dan pertolongan dari Allah SWT.

Ibadah tersebut telah dibacakan oleh Rasullullah ketika menjenguk orang badui yang mengalami sakit demam. Pada zaman Rasullullaah orang badui tersebut adalah suku dari bangsa Arab. Sedangkan bacaannya adalah sebagai berikut:

  • لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lalu untuk pengucapannya dalam bahasa Latin juga cukup mudah. Kalimatnya yang singkat akan membuatnya mudah dihafal oleh semua orang. Pengucapannya yaitu “Laa ba’sa thahuurun insyaa’allahu.

Selain itu terjemahan dari bacaan diatas adalah permintaan untuk kesembuhan bagi manusia. Senantiasa mengharapkan kesembuhan hanya dari Allah karena percaya pada kuas dan ketetapan Tuhan dari segala makhluk.

Arti dari ucapan diatas adalah “Tidak masalah waktu tubuh diberi cobaan penyakit. Semoga dengan kondisi ini tubuh akan kembali suci dengan kehendak Allah”

Tentu saja dari terjemahannya kamu bisa memetik salah satu pembelajaran tambahan lainnya. Bahwa dalam kondisi badan sakit maka Allah akan menggugurkan dosa hambanya yang terdahulu. Sehingga sakit menyimpan banyak sekali hikmah bagi manusia.

6.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Enam

Pada sebuah kitab yang telah dituliskan oleh salah satu ulama bernama Imam An-Nawami. Telah diriwiyatkan bahwa Rasullullah SAW tidak hanya mengucapkan kalimat untuk meminta kesembuhan bagi orang sedang sakit.

Selain itu Rasullullah juga mengucapkan kalimat dengan tujuan meminta pengampunan dosa terhadap hamba tersebut. Hal tersebut juga dapat dilakukan oleh orang tua agar anak lekas sembuh dan dapat beraktivitas kembali lagi.

Pengucapan doa kali ini sedikit panjang jika dibandingkan dengan sebelumnya. Sedangkan untuk kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Tentunya bagi kamu yang belum mampu untuk membacanya dalam bahasa Arab tidak perlu khawatir. Pengucapannya juga cukup mudah dengan melihat teksnya dalam bahasa Latin. Sehingga meskipun tidak dapat membaca lafadz Arab kamu tetap bisa mengucapkannya.

Shafaakallaahu sakhamaka, wa ghafara dzambaka. Wa ‘aafaaka fii diinika wa jismka ilaa muddati ajalika. Kamu dapat mengucapkannya sebagai salah satu pilihan doa anak sakit dan bisa dilakukan.

Sedangkan pengertian dari bacaan diatas adalah sebagai berikut. Wahai (dapat disebutkan nama anak yang sedang sakit) semoga Allah segera menyembuhkanmu. Senantiasa mengampuni dosamu serta mengafiatkanmu kedalam hal agama dan fisikmu selamanya.

7.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Tujuh

Daftar kumpulan ucapan dengan tujuan meminta kesembuhan berikutnya secara khusus dimunajadkan kepada Tuhan. Tujuan utamanya sama dengan ucapan-ucapan sebelumnya, yaitu untuk meminta kesembuhan dari segala macam jenis penyakit.

Disini kamu dapat secara khusus untuk menyebutkan nama dari orang yang sedang sakit. Penempatannya dapat diletakkan pada kalimat fulan. Sehingga silahkan untuk dirubah dengan menggunakan nama, yang diinginkan.

Doa ketujuh tersebut juga termasuk dalam golongan bacaan pendek. Sehingga kamu akan sangat mudah untuk menghafalkannya dengan cepat. Selain itu bacaan tersebut juga telah diriwayatkan secara langsung oleh HR Muslim.

Lafadz cukup simple dan mudah untuk dipelajari. Berikut ini adalah lafadznya dalam  bahasa Arab, yaitu :

  • الَّلهُمَّ اشْفِ فُلاَنًا

Sedangkan untuk bacaannya dalam bahasa Latin adalah Allaahummasyfi (fulanah atau fulan). Kalimat tersebut dapat diubah menggunakan nama dari orang yang sedang sakit. Sedangkan Fulanah adalah pengucapan untuk perempuan dan Fulan bagi pria.

Definisi dari doa tersebut adalah “Ya Allah, berikanlah kesembuhan kepada (nama yang dituju). Usahakan untuk mendoakan dengan hikmat dan memperhatikan adab ketika berdoa.

8.     Pilihan Doa Anak Sakit Nomor Delapan

Terakhir terdapat salah satu ucapan yang diriwayatkan secara langsung oleh Imam Bukhori. Bacaan tersebut adalah doa yang terdapat pada hadits panutan umat muslim, yaitu nabi Muhammad SAW.

Pembacaannya akan cukup mudah mengingat bacaannya yang pendek. Sedangkan untuk bacaannya dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

  • لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lantas bagi kamu yang ingin mengetahui bacaan Latinnya adalah La ba’sa thahurun insya’allahu. Pengertiannya yaitu Semoga tidak terjadi apa-apa. Semoga senantiasa tersucikan dengan kehendak dari Allah SWT.

Pada dasarnya ucapan diatas dilakukan untuk memohon kepada sang Pencipta. Sehingga selain berdoa pastikan untuk berusaha menjaga kesehatan dan mencari pengobatan dengan baik. Sehingga manfaat dari doa anak sakit ini dapat didasarkan pada rasa syukur.