Doa Al Fatihah Beserta Artinya
Doa Al Fatihah Beserta Artinya

Doa Al Fatihah Beserta Artinya

Doa Al Fatihah adalah doa yang paling utama dalam kehidupan orang muslim. Doa ini adalah doa yang sangat agung dan harus dihormati oleh setiap orang muslim. Doa ini juga disebut sebagai “doa pembuka” karena merupakan doa yang pertama-tama disebut setiap kali seseorang membuka shalat. Doa ini juga merupakan doa yang paling sering dibaca oleh orang muslim setiap hari. Berikut adalah doa Al Fatihah beserta dengan artinya.

Doa Al Fatihah

Bismillahirrahmanirrahim.
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
(1) Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin.
(2) Ar-Rahmanir-Rahim.
(3) Maliki Yaumiddin.
(4) Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in.
(5) Ihdinas siraatal mustaqim.
(6) Siraatalladzina an’amta ‘alayhim, ghayril-maghdubi ‘alayhim wa laddzallin.

Arti Doa Al Fatihah

(1) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
(2) Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
(3) Yang menguasai hari pembalasan.
(4) Hanya kepada Engkau kami menyembah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan.
(5) Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.
(6) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan jalan orang-orang yang sesat.

Makna Doa Al Fatihah

Doa Al Fatihah adalah doa yang mengandung banyak makna. Doa ini mengajarkan kita untuk mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang harus kita sembah. Kita diingatkan untuk selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Kita juga diingatkan untuk memohon pertolongan kepada Allah dan meminta petunjuk jalan yang lurus. Kita juga diingatkan untuk mengikuti jalan orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah dan untuk menjauhi jalan orang-orang yang telah dimurkai oleh Allah.

Keutamaan Doa Al Fatihah

Doa Al Fatihah adalah doa yang sangat agung dan harus dihormati oleh setiap orang muslim. Doa ini merupakan doa yang pertama-tama disebut setiap kali seseorang membuka shalat. Doa ini juga merupakan doa yang paling sering dibaca oleh orang muslim setiap hari. Selain itu, doa ini juga memiliki banyak keutamaan, yakni:

  • Membuka segala pintu rezeki.
  • Membuka segala pintu kesuksesan.
  • Menolak segala bentuk marabahaya.
  • Memperoleh rahmat dan keberkahan dari Allah.
  • Menolak segala macam gangguan setan.

Keutamaan Membaca Doa Al Fatihah

Selain memiliki keutamaan sebagaimana yang telah disebutkan di atas, membaca doa Al Fatihah juga memiliki beberapa keutamaan lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membaca doa ini sama dengan membaca seluruh Al Qur’an.
  • Membaca doa ini sama dengan berbagi kebaikan kepada orang lain.
  • Membaca doa ini sama dengan beribadah kepada Allah.
  • Membaca doa ini sama dengan mendapatkan pahala yang besar.

Kesimpulan

Doa Al Fatihah adalah doa yang sangat agung dan harus dihormati oleh setiap orang muslim. Doa ini juga merupakan doa yang paling sering dibaca oleh orang muslim setiap hari. Doa ini mengandung banyak makna dan memiliki banyak keutamaan. Membaca doa Al Fatihah juga memiliki banyak keutamaan, seperti membuka segala pintu rezeki, membuka segala pintu kesuksesan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, membaca doa Al Fatihah merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang muslim.