Doa Akhir Ramadhan dan Artinya
Doa Akhir Ramadhan dan Artinya

Doa Akhir Ramadhan dan Artinya

Ramadhan adalah bulan yang amat spesial bagi umat Islam. Di dalamnya, kita diseru untuk melaksanakan ibadah-ibadah khusus, antara lain puasa, shalat tarawih, membaca al-Quran, dan berinfaq. Pada akhir bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk berdoa agar Allah SWT menerima amal-amal kita dan mengampuni segala dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Karena itu, menjelang akhir Ramadhan, umat Islam dihimbau untuk menyebutkan doa akhir Ramadhan agar amal-amal kita diperkenankan oleh Allah SWT dan memberikan keberkahan dalam kehidupan kita. Berikut ini adalah doa yang biasa disebutkan pada akhir Ramadhan, beserta artinya.

Doa Akhir Ramadhan dan Artinya

1. Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.” (HR. Ibnu Majah, no. 3811)

2. Allaahumma innaka atha’uka wa laka athu ‘ilayka, wa anaa bika wa ilayka faghfir li.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau memberiku nikmat dan kepada-Mu (pula) aku bertaubat, dan aku berlindung kepada-Mu dan kepada-Mu (pula) aku memohon ampun.” (HR. Ahmad, 6/54)

3. Allaahumma innaka taqdhilah wa laka tardhul, wa anaa bika wa ilayka tawwakkul, faghfir li.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau yang menghukum dan Engkau yang mengampuni, dan aku berlindung kepada-Mu dan kepada-Mu (pula) aku bertawakkal, maka ampunilah aku.” (HR. Ibnu Majah, no. 3813)

4. Allaahumma innaka afuwwun karimun tawwabun ghafuurun ‘alayka tubtu ‘anni.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, Maha Penerima taubat, lagi Maha Pengampun, kepada-Mu aku bertaubat.” (HR. Ahmad, 6/54)

5. Allaahumma qinii minal khotimah, wa alwii minal ‘aafiyat, wa zidni ‘ilmata bi-fadhlika.
Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah aku dari kesulitan dan anugerahkanlah aku kebaikan, dan tambahkanlah ilmu dengan rahmat-Mu.” (HR. Tirmidzi, no. 3449)

6. Allaahumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annee.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.” (HR. Ibnu Majah, no. 3811)

7. Allaahumma innii as’aluka min fadhlik, wa rahmatik, wa ‘afwika, wa hilmika, wa ‘izzatik, wa qudratik, wa qudratik, wa qudratik, wa qudratik, wa qudratik.
Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu, rahmat-Mu, pengampunan-Mu, belas kasihan-Mu, kemuliaan-Mu, kekuatan-Mu, kekuasaan-Mu, dan kemampuan-Mu.” (HR. Ahmad, 6/54)

8. Allaahumma innaka anta al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu wa al-mu’minu
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemelihara, Maha Penolong, Maha Pemberi Kebajikan, Maha Penerima Taubat, Maha Pemberi Keadilan, Maha Penyayang, Maha Membalas Kebaikan, Maha Pemberi Petunjuk, Maha Penyabar, Maha Pemurah, Maha Pemberi Penebusan, Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan, Maha Pemberi Kebahagiaan dan Rahmat.” (HR. Ibnu Majah, no. 3814)

9. Allaahumma innii as’aluka min khoirihi wa khoirihi wa khoirihi wa khoirihi wa khoirihi wa khoirihi wa khoirihi wa khoirihi wa khoirihi wa khoirihi.
Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan-Nya, kebaikan-Nya, kebaikan-Nya, kebaikan-Nya, kebaikan-Nya, kebaikan-Nya, kebaikan-Nya, kebaikan-Nya, dan kebaikan-Nya.” (HR. Tirmidzi, no. 3448)

10. Allaahumma innii as’aluka min fadhlika wa rahmatika wa ‘izzatika wa karomatika wa hilmika wa ‘afwika, wa qinii min khoirihi, wa a’izzuhu bi-fadhlika.
Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu, rahmat-Mu, kemuliaan-Mu, kedermawanan-Mu, belas kasihan-Mu, pengampunan-Mu, dan cukupkanlah aku dari kebaikan-Nya.” (HR. Tirmidzi, no. 3449)

Kesimpulan

Doa akhir Ramadhan di atas adalah doa-doa yang biasa diucapkan oleh umat Muslim pada akhir bulan Ramadhan. Dengan menyebutkan doa-doa tersebut, kita berharap Allah SWT menerima amal-amal kita dan mengampuni segala dosa yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT menerima doa-doa kita semua.