Kumpulan Doa agar Tidak Malas Beribadah, Belajar dan Bekerja
Kumpulan Doa agar Tidak Malas Beribadah, Belajar dan Bekerja

Kumpulan Doa agar Tidak Malas Beribadah, Belajar dan Bekerja

Siapa disini yang suka menunda-nunda pekerja? Jika ada, kamu perlu tahu doa agar tidak malas jika ingin pekerjaan bisa selesai dengan baik. Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan, hati akan menjadi lebih ringan dan gembira ketika melakukannya.

Terlalu fokus bermain hape atau bermain game kadang membuat orang menjadi lupa akan kewajibannya, baik itu belajar, bekerja atau bahkan kewajiban akan ibadah sekalipun. Hal ini karena hati telah diliputi oleh rasa malas sehingga tidak tertarik untuk melakukan apapun.

Kebiasaan malas seperti ini tidak boleh dibiarkan. Hal ini bisa menyebabkan kamu menyesal di kemudian hari karena selalu menunda dan melalaikan kewajiban. Oleh sebab itulah, dibutuhkan niat yang kuat setiap melakukan aktivitas.

Dalam islam, malas bisa terjadi karena adanya godaan dari setan atau jin. Maka dari itu untuk melawannya, kamu perlu doa agar tidak malas. Tujuan dari doa ini adalah untuk meminta pertolongan dari Allah agar hati diringankan sehingga terhindar dari rasa malas.

Seseorang yang telah dikendalikan oleh rasa malas maka hatinya telah dikuasai oleh setan. Hal ini karena rasa malas merupakan dan selalu menunda pekerjaan adalah sifat setan. Untuk itulah, cara melepaskan diri dari sifat malas ini adalah dengan berdoa kepada Allah.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana doa agar terhindar dari rasa malas ini, penjabaran lengkapnya ada di bawah ini :

Doa agar Tidak Malas Beribadah

Beribadah merupakan salah satu kewajiban bagi setiap umat beragama. Bagi seorang muslim, sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Jika sampai ditinggalkan, maka kamu akan mendapatkan dosa.

Jika muncul rasa malas untuk sholat, muslim harus segera doa agar tidak malas beribadah. Jika dibiarkan, setan akan merasuki hati dan membuat kamu menjadi semakin mudah untuk meninggalkan sholat.

Penting sholat bagi umat islam di jelaskan dalam QS. Al Baqarah ayat 43, yang artinya adalah: “Dan laksanakanlah sholat, dan tunaikan zakat serta rukuklah bersama orang yang rukuk.”.

Dari ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa Sholat merupakan tiang agama. Maka dari itu, kewajiban sholat telah dibebankan kepada seluruh umat islam ketika sudah memasuki usia baligh. Itu artinya jika malas sholat, maka kamu melanggar ketentuan Allah sehingga akan mendapatkan dosa.

Agar terhindar dari risiko meninggalkan sholat, maka kamu perlu doa agar tidak malas dan diberikan keteguhan hati untuk beribadah. Salah satu doa yang bisa kamu panjatkan agar terhindar dari rasa malas untuk beribadah adalah seperti berikut :

“Allahumma waffiqna li tha’atika, wa atmin taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami’ul alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.”

Artinya :

“Ya Allah, bimbinglah jalan kami kepada jalan ketaatan terhadap-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.”

Doa agar tidak malas ini bisa kamu baca kapan saja khususnya saat mulai merasa malas dan kerap menunda dalam melakukan ibadah. Selain untuk menghindarkan diri dari rasa malas, doa ini juga berisi permohonan untuk selalu dibimbing dalam jalan yang benar.

Doa agar Tidak Malas Belajar

Selain sholat, belajar atau mencari ilmu merupakan kewajiban bagi semua umat muslim. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa Rasullullah pernah bersabda :

“Tholabul ‘ilmi fariidhotun ‘ala kulli musmilim.”

Artinya : “Menuntut ilmu itu wajib untuk setiap muslim.” (HR. Ibnu Majjah)

Agar bisa mendapatkan ilmu bermanfaat yang diridhoi oleh Allah SWT, maka sebelum belajar ada baiknya kamu perlu berdoa terlebih dahulu. Cara ini juga sekaligus bermanfaat agar kamu bisa terhindar dari rasa malas ketika belajar.

Ada beberapa jenis doa agar tidak malas belajar yang bisa kamu terapkan, antara lain adalah :

  1. Doa agar diberi pemahaman

“Rabbi zidni ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin”

Artinya : “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berikanlah aku karunia untuk bisa memahaminya. Serta jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang sholeh.”

  1. Doa agar diberi tambahan ilmu

“Rodliitu billahi robba, wa bil islaami dinaa, wa bihamdhi nabiyyan wa rosuulan. Rabbi zidnii ‘ilman war zuqnii fahmaa.”

Artinya : “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

  1. Doa agar tidak malas dan mendapatkan ilmu bermanfaat

“Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘Ilman walhamdulillahi ‘ala kulli haalin.”

Artinya : “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu kepadaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

  1. Doa agar terhindar dari keraguan ilmu

“Allahumma akhrijnaa min dhulumaati wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah ‘alainaa bima’rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin.”

Artinya : “Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami akan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karudia-Mi kepada kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

  1. Doa agar tidak malas dan dimudahkan selama belajar

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya : “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah urusanku, serta lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku.”

  1. Doa agar fokus belajar

“Allahumma inni a’udzuu bika min ‘ilmii laa yanfa’u wa qolbin laa yakhsya’u wa du’aa-in laa yusma’u wa ‘amalin laa yurfa’u”

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak di dengar serta amal yang tidak diterima.”

  1. Doa agar terhindar dari kemalasan belajar

“Allahumma inni a’oodhu bika minal hammi wal-hazani wal ajzi wal kasali wal bukhli waljubni wa dala’id-dayni wa gholabatir-rijaal”

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kecemasan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, sesat dan pengecut, beban hutang dan dari penguasaan manusia.”

  1. Doa ketika menemui kesulitan ketika belajar

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syiita sahlaa”

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali Engkau yang membuat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Doa agar Tidak Malas Bekerja

Kewajiban seorang muslim bukan hanya beribadah dan belajar saja. Akan tetapi kamu juga memiliki kewajiban untuk bekerja demi menafkahi diri sendiri dan keluarga. Jika kamu malas bekerja, itu artinya salah satu sifat setan ada pada dirimu.

Rasa malas memang bisa muncul kapan saja termasuk ketika bekerja. Maka dari itu, lakukan doa agar tidak malas sebelum bekerja agar kamu bisa melakukan kegiatan dengan semangat dan mendapatkan ridho Allah SWT.

Perlu kamu ketahui, bahwa bekerja merupakan bagian dari ibadah. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Naba ayat 11 yang berarti : “Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan atau bekerja.”

Tidak hanya itu, kewajiban bekerja juga dijelaskan dalam QS. Al-Jum’ah : 10 yang berarti : “Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah serta ingatlah Allah sebanyak-banyak agar kamu beruntung.”

Selain dalam Al-Quran, kewajiban untuk bekerja juga dijelaskan dalam hadits. Salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani dan Baihaqi yang artinya sebagai berikut : “Bekerja mencari yang halal itu suatu kewajiban sesudah kewajiban beribadah.”

Thabrani dan Bukhori juga meriwayatkan sebuah hadits tentang kewajiban bekerja yang artinya adalah seperti berikut : “Bahwa Allah sangat mencintai orang-orang mukmin yang suka bekerja keras dalam usaha mencari mata pencaharian.”

Dari ayat Al-Quran dan hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa bekerja juga merupakan kewajiban seorang muslim. Maka dari itu, kamu tidak boleh malas dalam bekerja jika tidak ingin mendapatkan murka dari Allah SWT.

Untuk menghindari rasa malas ketika bekerja, kamu bisa mengamalkan doa agar tidak malas bekerja seperti di bawah ini :

“Allahuma inni audzubika minal ajzi wal kasali, wal jubni wal bukhli wal harami, wa a’udzubika min adzabil qabri, wa audzubika min fitnati al mahya wal mamati.”

Artinya :

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.”

Doa agar tidak malas untuk bekerja ini bisa kamu baca dan amalkan kapan saja. Akan tetapi jika ingin lebih bermanfaat, sebaiknya baca doa ini setelah selesai sholat. Doa ini tidak hanya melindung kamu dari rasa malas untuk bekerja, akan tetapi juga rasa malas saat belajar dan beribadah.

Tips Mengatasi Rasa Malas Menurut Islam

Tidak bisa dipungkiri jika rasa malas bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Akan tetapi rasa malas tersebut harus bisa kamu hindari karena ini merupakan salah satu sifat setan yang sangat dibenci oleh Allah.

Untuk mengatasi rasa malas, selain dengan doa agar tidak malas, kamu juga bisa mencoba tips berikut ini :

  1. Paksa diri untuk melakukannya

Sifat malas bisa semakin parah jika kamu membiasakan diri untuk selalu menunda pekerjaan. Maka dari itu, salah satu tips wajib jika ingin terhindar dari sifat malas adalah paksa diri untuk melakukannya, baik itu ibadah, bekerja maupun belajar.

  1. Istigfar

Jika mulai timbul rasa malas, ada baiknya segera perbanyak istigfar. Dengan memohon pengampunan dari Allah, hati akan menjadi lebih tenang sehingga akan ringan dalam melakukan semua aktivitas.

  1. Dzikir

Selalu mengingat Allah bisa menjadi cara ampuh untuk terhindari dari rasa malas. Selain doa agar tidak malas, dzikir membuat hati lebih bersih sehingga tidak mudah digoda oleh setan akan rasa malas.

  1. Dekatkan diri dengan Al-Quran

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat muslim. Dengan mendekatkan diri kepada Al-Quran, kamu akan selalu ingat dengan Tuhan sehingga lebih takut jika meninggalkan kewajiban atau bahkan timbul rasa malas di dalam jiwa.

Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk menjauhi semua hal yang dilarang dan tidak disukai oleh Allah. Maka dari itu, amalkan doa agar tidak malas jika ingin menjauhi sifat setan ini dan bisa menjalankan ibadah dan bekerja dengan baik.