Inilah Doa Agar Orang yang Kita Cintai Menjadi Jodoh
Inilah Doa Agar Orang yang Kita Cintai Menjadi Jodoh

Inilah Doa Agar Orang yang Kita Cintai Menjadi Jodoh

Tahukah kamu jika terdapat doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh? Seperti diketahui jodoh merupakan hal tidak dapat diprediksi. Rahasia Tuhan yang satu ini tidak pernah ada yang tahu. Banyak orang telah menjalin hubungan lama namun akhirnya tidak berjodoh.

Ada juga dengan hanya berhubungan beberapa bulan saja nyatanya merupakan tambatan seumur hidup. Selain pasrah dengan takdir Sang Pencipta, sebagai manusia kita wajib untuk berusaha. Salah satunya yakni dengan berdoa. Dalam Islam sendiri, memohon ketika menginginkan sesuatu diperbolehkan bahkan disarankan.

Terutama untuk mendapatkan kebaikan dan keberkahan dalam hidup di dunia. Kali ada rangkuman penting untuk kamu ketahui mengenai doa agar orang yang dicintai menjadi jodoh. Tanpa berlama-lama simak ulasan berikut agar tidak ketinggalan informasi.

5 Doa Agar Orang yang Kita Cintai Menjadi Jodoh

Terdapat beberapa doa mustajab untuk dapat diamalkan untuk mendekatkan jodoh. Meskipun berserah diri adalah satu hal utama, namun permohonan kepada Tuhan menjadi pendukungnya. Kekuatan inilah menjadi penyokong tercapainya jodoh baik untuk untuk dunia akhirat.

Sebab, jodoh baik akan dibawa hingga ke akhirat dengan deretan kebaikan juga. Maka tidak salah, jika banyak orang lebih selektif dan selalu doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh.

Sebagai muslim dengan akhlak baik, patut untuk selalu melibatkan Tuhan dalam setiap tindakan. Simak beberapa amalan ini untuk meluluhkan hati sang pujaan. Berikut rangkumannya:

1. Doa Ketika Ingin Mulai Pendekatan

Tidak mudah dalam mengambil hati seseorang. Berbagai hal mungkin saja terjadi, seperti contohnya ketika ada sebuah penolakan. Semua hal bisa saja berubah, salah satunya yakni dengan ikhtiar melalui permohonan.

Doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh untuk memuluskan tahap pendekatan adalah solusi tepat ketika mengalami kesulitan. Dengan perantara doa ini, kamu bisa mencoba lebih tenang dan terus berharap. Berikut ringkasannya:

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya:

“Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28).

Doa ini juga merupakan doa pembuka hati dengan makna besar. Di mana keutamaannya tidak hanya baik untuk memulai pendekatan dengan seseorang, namun juga dapat diamalkan untuk banyak tindakan kebaikan.

Doa pembuka hati ini juga sebagai sarana untuk membuka serta memudahkan segala urusan. Tidak terkecuali ketika ingin memilih atau mendekati jodoh.

2. Doa Ketika Memohon Kebaikan Tentang Hubungan

Amalan ini telah dilakukan oleh orang-orang beriman sejak dulu. Sebagai salah satu bentuk ikhtiar, doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh untuk meminta kebaikan hubungan memiliki makna mendalam.

Islam mengajarkan untuk memohon hanya kepada Allah. Satu caranya adalah dengan berdoa dan berserah diri dengan segala kemungkinan takdir. Berikut ini doa untuk diamalkan:

“Rabbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr”.

Artinya:

“Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku,” (QS Al-Qashash ayat 24).

3. Doa Ketika Mengalami Kebingungan

Tidak jarang dalam mengambil hati sang pujaan, mengalami kesulitan seperti rasa galau atau gundah gulana. Doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh ini mungkin dapat membantu menenangkan diri serta tetap berpegang teguh pada iman Islam adalah sebagai berikut:

“A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa ‘iqābihī, wa syarri ‘ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn”.

Artinya:

“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.”

Dilanjut dengan doa berikut ini:

‘Subhānal malikil quddūs, rabbil malā’ikati war rūh, jalal tas samāwāti wal ardha bil ‘izzati wal jabarūt.’

4. Doa Agar Orang yang Dicintai Semakin Dekat

Mendekati seseorang bukanlah perkara mudah. Untuk membuka hati orang tersayang tentu harus ada proses. Tujuannya agar orang tersebut semakin dekat. Berikut ini merupakan ringkasan doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh dalam meluluhkan hati manusia:

“Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allahumma sakhkhir lii … (sembari menyebut nama orang tersebut)… kama sakhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahu kamaa layyantal hadiida lidawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin”

Artinya:

“Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir’aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau melunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.”

5. Doa Agar Cinta hanya Karena Allah

Sebagai manusia, seberapa besar cinta kepada seseorang seharusnya tidak melebihi cinta terhadap Allah SWT. Meskipun doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh ini disarankan, namun tidak diperkenankan untuk melalaikan Allah.

Bukankah hal baik selalu datang dengan kebaikan, sebab semua di bumi ini akan kembali pada kebesaran Allah. Kematian, jodoh, rezeki dan segalanya telah diatur, manusia hanya mampu berusaha. Berikut ini doa untuk kamu amalkan untuk mendekatkan jodoh tanpa melalaikan Allah.

“Allahumma Inni-As Aluka Hubbaka Wa Hubba Man Yuhibbuka Wal-Amal Alladzi Yu Ballighuni Hubbak. Allahummaj’al Hubbaka Ahabba Ilaiya Min Nafsi, Wa Ahli Wa Minal-Ma’il-Barid”.

Artinya;

‘Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, curahan cintaMu dan rasa cinta kepada orang-orang yang mencintai-Mu dan kecintaan melakukan perbuatan di mana dapat menyampaikan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah jadikanlah kecintânku kepada-Mu melebihi kecintânku kepada diriku, keluargaku, dan kepada air segar.’”

Waktu Mustajab Agar Doa Segera Terkabul

Umat muslim wajib tahu, selain mengamalkan doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh kamu juga perlu mengetahui waktu-waktu menjadi sunnah ketika berdoa.

Tujuannya agar doa yang dipanjatkan dapat segera terkabul. Hal ini juga dijelaskan dalam beberapa hadits shahih. Berikut ini beberapa waktu mustajab untuk berdoa:

1.     Sesudah Shalat Fardhu

Seorang muslim wajib mengerjakan shalat 5 waktu. Terkadang banyak orang enggan berdoa dan segera meninggalkan shaf. Padahal, berdoa setelah shalat fardhu merupakan salah satu waktu mustajab. Berdoa disertai dengan dzikir setelah shalat merupakan anjuran dengan banyak keutamaan.

Mengapa? sebab berdoa pada waktu ini merupakan jalan untuk meraih ridho Allah. Ada banyak pahala yang akan didapatkan. Selain itu, terdapat keutamaan lain seperti diampuni dosanya, termasuk dalam sedekah hingga menjadi jalan untuk masuk surga.

2.     Sujud Ketika Shalat

Sujud merupakan perwujudan hamba untuk berserah kepada Tuhan. Ketika seseorang shalat, maka ia juga akan melakukan sujud. Saat sujud inilah merupakan saat paling dekat manusia kepada Tuhannya. Oleh karena itu, ketika sujud dianjurkan untuk memperbanyak doa.

3.     Waktu Antara Adzan dan Iqamah

Islam mengajarkan kebaikan kepada semua umat. Sebagai bentuk doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh, juga harus dilengkapi dengan mengetahui waktu yang tepat untuk berdoa. Salah satunya yakni ketika adzan dan iqamah.

Itulah sebabnya, ketika adzan orang harus berhenti dalam segala aktivitas dan mendengarkan suara adzan. Hal itu karena, keistimewaan waktu tersebut. Tidak terkecuali ketika memanjatkan doa untuk hajat tertentu.

4.     Di Sepertiga Malam

Bukan lagi rahasia jika waktu paling mustajab ialah ketika berada pada sepertiga malam. Oleh karena itu, kamu juga dianjurkan untuk memanjatkan doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh pada waktu ini. Biasanya dilakukan setelah mengerjakan shalat sunnah Tahajud.

Di waktu ini sebagian besar orang mungkin akan memilih untuk tidur pulas, namun ketika ada orang-orang tertentu memang meniatkan diri untuk bangun dan melakukan shalat, maka Allah akan memberikan pahala lebih.

Sehingga tidak heran jika pada waktu sepertiga malam ini menjadi satu waktu paling mustajab untuk berdoa. Jadi ketika ingin memanjatkan doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh sebaiknya juga dilakukan pada sepertiga malam ini.

5.     Pada Hari Jum’at

Sebagian besar orang tidak tahu mengenai keistimewaan hari Jum’at. Pada dasarnya setiap hari memiliki keberkahan tersendiri. Namun ada beberapa waktu yang memang disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai hari istimewa.

Seperti halnya pada hari Jum’at. ,ketika mengamalkan doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh sebaiknya juga memilih waktu terbaik. Berdoa di hari penuh kemuliaan ini, Allah akan memberikan pahala yang lebih besar.

Terlebih doa tersebut dipanjatkan dengan khusyuk. Sebagai bentuk ikhtiar, tidak salah jika melakukan amalan doa untuk mendekatkan jodoh di hari Jum’at juga dianjurkan.

6.     Waktu Berpuasa dan Ketika Berbuka Puasa

Ketika seseorang berpuasa, ia telah mendapatkan keberkahan yang luar biasa. Tanpa disadari, waktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk memanjatkan doa. Doa yang dipanjatkan ketika berbuka puasa tidak akan ditolak.

Hal ini juga dikuatkan dengan hadist Nabi yang berbunyi, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah; hasan). Beberapa ulama menyebutkan jika waktu mustajab yakni ketika mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun satu waktu yang paling mustajab ialah ketika berbuka puasa.

Seperti pada riwayat Tirmidzi yang menyebutkan bahwa, “Ada tiga orang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan doa orang dizalimi. Doa mereka diangkat ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya. Rabb Azza wa Jalla berfirman: “Demi kemuliaanku, engkau akan kutolong meski beberapa saat lamanya.” (HR. Tirmidzi dan Thabrani; hasan).

7.     Pada Saat Turun Hujan

Benarkah berdoa ketika hujan menjadi waktu terbaik untuk berdoa? Pernyataan ini sebenarnya telah dijelaskan oleh para ulama terdahulu. Sehingga tidak salah apabila memanjatkan doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh adalah pada waktu ketika turun hujan. Berdoa pada waktu yang telah disunnahkan akan membuat doa lebih cepat dikabulkan oleh Tuhan.

8.     Pada Hari Arafah

Berdoa pada hari Arafah merupakan momen untuk bermuhasabah. Hari tersebut merupakan saat istimewa. Berdoa pada hari itu juga merupakan saat tepat sehingga doanya akan terkabulkan.

Pada hari itu,seluruh jemaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah. Aktivitas ini juga merupakan inti dari perjalanan yang cukup panjang.

Dalam dunia, semua alam ini memiliki pros yang sudah ada pengaturnya. Sebagai manusia dan hamba biasa, hal paling lumrah dilakukan adalah dengan berdoa. Terlepas dari terkabul atau tidak doa tersebut orang harus berusaha dengan ikhtiar. Seperti ketika berdoa doa agar orang yang kita cintai menjadi jodoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.