Perlukah Memanjatkan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas ?
Perlukah Memanjatkan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas ?

Perlukah Memanjatkan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas ?

Memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas sering dilakukan banyak orang karena setiap orang memang hidup dengan masalahnya masing-masing. Seperti yang diketahui bahwa terkadang ada masalah yang terlihat sulit untuk dipecahkan.

Sebagai manusia, tentu hal tersebut cukup mengganggu apalagi jika tidak memiliki iman yang kuat. Maka akan ada setan atau iblis yang merasuki dan membuat masalah tersebut menggerogoti psikis dan fisik manusia.

Parahnya lagi setiap orang selalu memiliki tujuan hidup masing-masing dan ketika hal tersebut melenceng dari rencana awal maka akan ada rasa gelisah dan cemas yang muncul seketika karena merasa kehilangan arah.

Lalu apakah doa agar hati tenang dan ikhlas perlu dipanjatkan setiap saat dan apa yang didapatkan dari doa tersebut? Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai hal-hal yang membuat hati lebih tenang dan bahagia.

Karena memang ada banyak faktor yang membuat hati tiba-tiba menjadi resah bahkan memunculkan keputusasaan. Solusi terbaik ketika kamu sudah melakukan banyak hal untuk memperbaiki hidup, dan mengurangi perasaan gelisah adalah dekat pada sang pencipta.

Ada tahapan yang perlu diingat dan memang cukup klasik yaitu berusaha berdoa dan bertawakal. Mungkin kamu perlu mengingatnya sekali lagi dan mencoba menerapkan di dalam hidup agar ada bisa merasakan ketenangan jiwa.

Apakah Perlu Memanjatkan Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Saat Ada Cobaan?

Tahukah kamu bahwa berdoa memiliki manfaat yang luar biasa untuk hidup seseorang bahkan juga bermanfaat bagi kesehatan yang jarang disadari oleh manusia. Berdoa bisa memberikan makna tersendiri bagi setiap orang.

Berdoa juga merupakan bentuk rasa terima kasih kepada Tuhan dan mendekatkan diri bahkan doa merupakan sumber kekuatan terutama ketika kamu berada pada masa-masa yang sulit dan membuat putus asa.

Ada banyak hal yang diminta oleh manusia saat berdoa mulai dari meminta kebahagiaan keselamatan hingga meminta kekuatan atas masalah-masalah yang sedang dihadapinya agar rasa takut dan ketidaktenangan bisa diminimalisir.

Jadi jika ditanya apakah perlu memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas pada saat ada jugaan tentu saja jawabannya perlu. Karena berdoa memberikan banyak manfaat bahkan bagi kesehatan manusia.

Berdoa bisa membuat hidup menjadi lebih lama bahkan ada penelitian atau laporan yang dibuat dalam healthy psikologi pada tahun 2015. Penelitian tersebut menyatakan bahwa 191 orang yang menderita gagal jantung bisa sembuh karena menerapkan gaya hidup sehat.

Ternyata selain menerapkan gaya hidup sehat, mereka juga merupakan sosok yang spiritual dan terbukti berdoa mampu menurunkan tekanan darah dan membuat seseorang lebih tenang.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, berdoa bisa membantu menurunkan denyut nadi bahkan juga membantu sinkronisasi sistem jantung. Dan tentu memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas bisa membuatmu menjadi lebih optimis.

Berdoa artinya mendekatkan diri pada Allah dan mulai bertawakal sehingga banyak studi yang mengatakan berdoa bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih bahagia dan mampu berpikir lebih jernih bahkan juga meredakan stress.

Jadi ketika kamu memiliki banyak masalah dan mudah gelisah maka cobalah untuk berdoa agar hati menjadi lebih tenang dan kamu sadar bahwa ada Tuhan yaitu Allah subhanahu wa ta’ala yang akan melindungimu.

Apalagi ada banyak doa agar hati tenang dan ikhlas yang bisa kamu panjatkan misalnya saja doa dari surat al-baqarah, HR Thabrani dan lain-lain. Selain itu kamu juga bisa melakukan upaya yang nyata untuk membuat hati lebih tenang.

Seperti yang diketahui bahwa setiap orang memiliki penyebab tertentu yang membuat rasa gelisah itu muncul. Jadi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir perasaan stres dan gelisah tersebut seperti:

  1. Ketahui apa yang menyebabkan hati tidak tenang dan gelisah

Pertama kamu perlu tahu apa yang menyebabkan kamu merasa gelisah dan mudah stres karena meskipun beberapa orang merasa gelisah tanpa sebab. Namun sebenarnya ada sebab yang belum diketahui saja.

Pada umumnya ada beberapa penyebab gelisah yang sering tidak disadari oleh banyak orang. Perasaan was-was dan gelisah sebenarnya bisa timbul karena lingkungan dan faktor kesehatan.

Selain perlu berdoa atau memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas maka kamu juga perlu tahu apa saja penyebabnya. Rasa tidak tenang yang diakibatkan oleh lingkungan menyebabkan kamu mudah stres.

Mungkin kamu stres karena kegiatan sekolah atau burnout yang biasa dikenal sebagai stres kerja karena banyak tekanan atau tuntutan dari perusahaan dan atasan. Atau kamu memiliki tekanan yang luar biasa dari teman dan keluarga.

Sedangkan faktor kesehatan adalah ketika kamu keracunan alkohol atau obat-obatan tertentu bahkan kafein dari kopi juga bisa memunculkan rasa gelisah. Cobalah menghentikan konsumsi hal-hal yang membuat hormon gelisah muncul.

Selain memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas maka kamu juga perlu mendatangi para ahli misalnya untuk melakukan pengecekan apakah kamu memiliki gangguan mood seperti depresi, skizofrenia atau gangguan bipolar.

Karena gelisah juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu, selain depresi dan gangguan bipolar bahkan penyakit demensia, psikosis, trauma dan gangguan delusi pun bisa menyebabkan timbulnya perasaan tidak tenang.

  1. Cobalah untuk menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi

Cara selanjutnya agar hati menjadi lebih tenang maka kamu perlu menyelesaikan masalahnya. Tentu seperti pembahasan di atas di mana kamu harus mencari tahu apa penyebab hati tidak tenang.

Kegelisahan bisa terjadi karena suatu hal dan jika terjadi karena penyakit mungkin kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang tepat misalnya seperti rumah sakit atau dokter spesialis.

Namun ketika rasa gelisah terjadi karena masalah tertentu maka selain doa agar hati tenang dan ikhlas maka kamu juga perlu menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi agar merasa lebih ringan.

Setiap masalah selalu ada solusinya dan ini sudah dijelaskan pada ayat Alquran sehingga kamu tidak perlu khawatir karena ketika ada masalah yang menghampiri maka kamu hanya perlu menyelesaikan semampumu.

Selebihnya cobalah serahkan semuanya pada Allah SWT karena memang urutan yang paling benar adalah mencoba menyelesaikan masalah dalam artian berusaha kemudian berdoa serta bertawakal.

  1. Cobalah menerapkan pola hidup sehat

Seperti pembahasan di atas di mana penyebab gelisah juga ada hubungannya dengan kesehatan. Sehingga tidak hanya perlu doa agar hati tenang dan ikhlas maka kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat.

Simple saja karena kamu hanya perlu melakukan olahraga ringan di mana kamu membutuhkan anggota tubuh menjadi aktif karena bergerak dan mengeluarkan keringat juga mengaktifkan hormon endorfin.

Hormon endorfin ini memiliki peran yang cukup penting untuk membuat batin menjadi lebih tenang dan pikiran menjadi lebih rileks. Bahkan kamu juga perlu melatih teknik pernapasan untuk menenangkan diri.

Melatih teknik pernapasan untuk menenangkan diri ini bisa dipraktekkan dengan melakukan meditasi atau yoga. Karena menarik nafas dengan irama tertentu bisa membantu kamu melepaskan energi negatif.

Jadi kamu bisa memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas lalu selebihnya mencoba untuk membuat hidup lebih berwarna dan sehat. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan tentu saja cobalah meminum air lebih banyak.

Cobalah memilih makanan yang sehat, mengatur jam tidur dan jangan tidur terlalu larut malam. Karena kebiasaan ini membuat tubuh mudah lelah dan rentan stress sehingga tidak baik untuk jangka panjang.

  1. Cobalah lebih menyukuri hidup dan tidak banyak menuntut

Memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas memang baik untuk dilakukan. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas di mana doa memiliki manfaat yang baik pula untuk setiap manusia dan kesehatannya.

Namun kamu juga perlu mencoba untuk mensyukuri hidup karena ini adalah penyebab paling umum mengapa orang menjadi lebih mudah gelisah dan tidak tenang menjalani hidupnya.

Terdengar klise namun faktanya kurang bersyukur bisa menimbulkan penyakit hati dan ini tidak baik. Jangan terlalu menuntut kepada siapapun termasuk diri sendiri Karena kamu hanya perlu melakukan semaksimal mungkin.

Ketika kamu sudah berusaha dan berdoa maka tinggal bertawakal dan mencobanya lagi, lagi dan lagi. Doa agar hati tenang dan ikhlas bisa diterapkan untuk mendapatkan hidup yang bahagia meski terkadang tidak sesuai ekspektasi.

Terkadang seseorang terlalu mencintai dunia secara berlebihan sehingga mudah stres ketika apa yang diinginkan tidak terwujud. Tidak heran jika Rasulullah SAW seringkali mengkhawatirkan umatnya karena mencintai dunia berlebihan.

Cobalah mengurangi mengeluh karena mengeluh hanya dilakukan oleh orang-orang yang lemah iman dan sering menyalahkan keadaan. Orang yang memiliki Iman lemah adalah orang yang tidak yakin dengan kemahakuasaan Allah sehingga mudah resah.

  1. Cobalah untuk berdoa atau mendengarkan dan membaca Alquran

Cara terakhir agar Kamu bisa mendapatkan hidup yang bahagia selain memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas adalah dengan mendengarkan dan membaca Alquran karena hal ini menkamukan bahwa kamu dekat dengan sang pencipta.

Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan untuk mendapatkan ketenangan hati, bahkan tahukah kamu bahwa membaca Alquran juga bisa menenangkan jiwa. Hal ini didasari karena rasa cinta terhadap Allah menjadi lebih kuat.

Seperti firman Allah yang dinyatakan sangat jelas dalam QS Ara-ra’d ayat 28 yaitu orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tentram apalagi jika selalu ingat dengan Allah SWT.

Karena hanya dengan mengingat Allah lah hatimu menjadi tentram sehingga tidak heran jika membaca Alquran bisa diterapkan ketika kamu merasa gelisah entah itu karena suatu hal seperti masalah hidup atau kesehatan yang menurun.

Jadi selain memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas, cobalah untuk membaca Alquran. Karena tidak hanya membuatmu mendapatkan pahala namun juga memberikan ketenangan tersendiri.

Bahkan membaca Alquran juga merupakan penyembuh penyakit pada tubuh. Karena ada hadis yang mengatakan bahwa hendaknya kamu menggunakan jenis obat-obatan seperti madu dan membaca Alquran.

Jadi Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar hidup menjadi lebih bahagia dan tentu jika diringkas sebenarnya cukup mudah yaitu dengan mencoba untuk bersyukur dan melakukan hal-hal yang baik.

Berdoa merupakan salah satunya, ketika hati merasa gelisah dan gundah mungkin kamu bisa segera memanjatkan doa agar hati tenang dan ikhlas, lalu dilanjutkan dengan membaca Alquran.

Perlu diingat bahwa harta dan kekayaan bukan satu-satunya yang membuat manusia menjadi bahagia di dunia karena dunia adalah tempat tinggal sementara. Terlalu cinta kepada dunia membuatmu kecewa sehingga cobalah membuatnya seimbang.

Kamu boleh menikmati hidup dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Namun tetap menjadi orang yang beriman, berdoa dan meminta petunjuk akan suatu hal yang mungkin menjadi penyebab kegelisahanmu termasuk doa agar hati tenang dan ikhlas.