Doa agar Hati Tenang dan Hidup Tanpa Rasa Gelisah
Doa agar Hati Tenang dan Hidup Tanpa Rasa Gelisah

Doa agar Hati Tenang dan Hidup Tanpa Rasa Gelisah

Doa agar hati tenang adalah salah satu doa yang perlu kamu terapkan sehari-hari karena sebagai manusia terkadang ada perasaan galau, gundah dan gelisah yang tiba-tiba datang begitu saja.

Ada banyak kejadian yang mengejutkan atau hal-hal yang tak terduga, membuat hidup yang tadinya tenang tiba-tiba bergejolak. Setiap manusia hidup dengan masalah dan cobaannya masing-masing, hanya saja semua tergantung dengan kesiapan dan keikhlasannya.

Setiap orang juga menginginkan hidup yang bahagia dan kebahagiaan tidak muncul begitu saja jika kamu tidak mencari hal-hal yang patut untuk disyukuri. Selain bersyukur mungkin doa agar hati tenang bisa dipanjatkan setiap saat.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai kiat-kiat menikmati hidup dan bagaimana agar hidup terasa bahagia dan hati juga menjadi tenang serta tidak mudah gelisah karena suatu hal yang terkadang kamu pun tidak mengetahuinya.

Perlu diingat bahwa terkadang kadar hormon tertentu bisa mempengaruhi emosi manusia. Sehingga kamu perlu kiat-kiat khusus untuk menanganinya. Jadi tidak hanya tentang masalah yang datang begitu saja namun ada banyak faktor yang membuatmu gelisah.

Kenapa Hati Tiba-tiba Tidak Tenang?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai doa agar hati tenang maka kamu perlu tahu apa penyebab ketidaktenangan yang kamu rasakan. Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu akan bisa meminimalisir akibat yang ditimbulkan.

Mungkin terkadang kamu bertanya-tanya mengapa tiba-tiba hati dikuasai dengan perasaan galau dan gelisah, rasanya tiba-tiba tidak tenang dan ada perasaan sedih tanpa kamu tahu apa penyebabnya.

Ada banyak faktor yang membuat hal tersebut terjadi, pertama adalah kurangnya rasa syukur. Perlu diingat bahwa Allah menciptakan segala sesuatu termasuk semua yang ada di langit dan di bumi dengan penuh kasih sayang dan semuanya hanya untuk manusia.

Kamu tidak perlu terlalu keras memikirkan hari esok bahkan ada sebuah ayat yaitu QS Hud 11:6 yang menjabarkan bahwa tidak ada binatang melata pun yang hidup di muka bumi ini yang tidak diberi rezeki oleh Allah.

Ada banyak doa agar hati tenang yang bisa kamu pakai untuk membuat hati yang gelisah sedikit terobati. Tentu sebelumnya kamu harus menjadi orang yang penuh syukur, jangan terlalu banyak menuntut dan nikmati apa yang Allah berikan kepadamu.

Penyebab hati gelisah selain kurang bersyukur adalah ketika kamu banyak menuntut, kamu akan merasa gelisah jika menginginkan segala sesuatu yang sebenarnya sulit untuk dijangkau misalnya ketika kamu tidak memiliki kemampuan dan daya tunjang untuk meraihnya.

Penyebab mengapa hati tidak tenang berikutnya, adalah ketika kamu terlalu mencintai dunia. Selain kamu perlu memanjatkan doa agar hati tenang maka perlu pula mencoba untuk mengingat akhirat.

Ketika kamu terlalu mencintai dunia maka kamu tidak akan merasa tenang karena ambisi akan menguasai hati dan pikiran. Jadi cobalah untuk lebih bersyukur, tidak terlalu menuntut dan terlalu mencintai dunia.

Kenapa Tiba-tiba Merasa Gelisah Tanpa Sebab?

Seperti pembahasan di atas bahwa ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hati tiba-tiba tidak tenang. Namun ternyata jika dilihat dari sisi medis, memang ada beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi mudah gelisah bahkan tanpa sebab.

Terkadang kamu sudah memanjatkan doa agar hati tenang namun kegelisahan masih saja kamu rasakan. Untuk itu, cobalah mencari tahu apa penyebabnya agar bisa menghilangkan akibat yang ditimbulkan.

Jika dilihat dari sisi medis sebenarnya Ada banyak hal yang menyebabkan kegelisahan tersebut terjadi misalnya ketika kamu mengkonsumsi terlalu banyak kafein maka hal tersebut bisa mengaktifkan hormon adrenalin.

Perlu diketahui bahwa kadar serotonin, dopamin hingga oksitosin juga bisa mempengaruhi emosi manusia. Sehingga jika hormon-hormon tersebut tidak dikendalikan maka hati bisa terasa tidak nyaman dan gelisah.

Sehingga selain harus memanjatkan doa agar hati tenang maka kamu juga perlu memperbaiki pola hidup. Cobalah untuk berolahraga dan bangun lebih awal, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, bahkan kamu juga perlu menjauhi makanan-makanan tertentu.

Penyebab Hati Tidak Tenang dan Kegelisahan Paling Umum

Selain beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas mengenai penyebab-penyebab mengapa kamu mudah gelisah dan hati menjadi tidak tenang. Ada juga beberapa penyebab paling umum yang sering terjadi.

Gelisah sendiri sebenarnya adalah sebuah kondisi di mana kondisi tersebut akan membuat tubuh dan pikiran sulit untuk beristirahat. Gelisah membuat kamu tidak bisa rileks dan sulit untuk berkonsentrasi.

Selain kamu perlu memanjatkan doa agar hati tenang. Maka kamu juga perlu mengetahui penyebab kegelisahan tersebut dan yang penyebab paling umum mengapa muncul rasa gelisah adalah:

  1. Stres akibat tekanan tertentu misalnya ketika kamu memiliki banyak kegiatan di sekolah, stres bekerja dan lain-lain.
  2. Berada di dalam lingkungan yang tidak memberikan dukungan, dan justru melakukan hal-hal yang sebaliknya
  3. Ketergantungan terhadap alkohol dan obat-obatan terlarang juga merupakan pemicu mengapa mudah gelisah
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu misalnya seperti teofilin hingga steroid juga memicu rasa gelisah
  5. Gangguan kesehatan tertentu seperti skizofrenia, gangguan bipolar hingga depresi psikosis juga membuat hati tidak tenang

Solusi Mengatasi Kegelisahan dan Rasa Tidak Tenang

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya maka kamu perlu mengetahui doa agar hati tenang namun sebelumnya ada pula hal-hal lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kegelisahan secara langsung yaitu:

  1. Cobalah mengalihkan pikiran ketika kamu merasa gelisah dengan melakukan hal-hal positif misalnya seperti berolahraga, berdoa, yoga atau membaca buku dan menonton film favorit.
  2. Fokuslah dalam menyelesaikan masalah karena biasanya masalah bisa membuat kamu merasa gelisah berkepanjangan jika tidak mendapatkan jalan keluar.
  3. Cobalah berdamai dengan keadaan karena terkadang ada banyak tujuan hidup yang melenceng dan hal yang tak terduga tiba-tiba terjadi, cobalah lebih ikhlas untuk menjalani hidup agar menjadi lebih bahagia.

Apakah Doa agar Hati Tenang Bisa Membantunya?

Sebenarnya sangat wajar jika sebagai manusia tiba-tiba kamu merasa tidak tenang dan gelisah karena setiap hidup manusia akan menerima berbagai tantangan serta cobaan. Ketika masalah tak kunjung bisa diselesaikan maka akan ada rasa tidak tenang.

Kamu akan merasa gusar, sedih bahkan merasa putus asa akan masalah-masalah hidup yang kian hari kian terasa sulit. Namun ketika kamu sudah melakukan yang terbaik namun masalah tak kunjung reda maka memang tidak ada salahnya membaca doa.

Jadi ketika kamu belum menemukan jalan keluar dari penyebab keresahan yang kamu alami maka cobalah untuk memanjatkan doa agar hati tenang dengan begitu kamu akan merasa lebih baik dan merasa tidak sendiri.

Manusia adalah makhluk yang memiliki keterbatasan dan hanya kepada Allah manusia bisa bergantung dan merasa terlindungi. Doa dan dzikir bisa dijadikan solusi dan merupakan ibadah yang sangat mulia agar hati terasa tenang.

Apalagi hati yang tenang bisa menentukan perilaku manusia menjadi lebih positif dan lebih mudah bersyukur. Jadi jika kamu bertanya apakah doa agar hati tenang bisa membantu saat muncul kegelisahan maka jawabannya iya.

Kamu tidak sendiri bahkan kamu memiliki Tuhan yaitu Allah subhanahu wa ta’ala yang bisa mendengarkan semua keluh kesah dan tahu yang terbaik untukmu. Fokuslah untuk hari ini jalani dengan sebaik-baiknya dan bahagia.

Deretan Doa agar Hati Tenang untuk Mengatasi Kegelisahan

Sebagai manusia tentu berdoa dan berdzikir adalah salah satu hal baik yang bisa dilakukan agar hidup menjadi lebih berkah dan bahagia. Apalagi jika akhir-akhir ini kamu merasakan sesuatu yang mengganjal di dalam hidup.

Cobalah untuk terus berdoa sebagai wujud dari tawakal agar semua ujian serta cobaan bisa di lalui dengan baik. Tentu perlu juga diimbangi dengan usaha secara nyata, agar semua masalah bisa teratasi.

Berikut beberapa deretan doa agar hati tenang yang bisa kamu panjatkan setiap kali merasa gelisah atau ketika jantung berdebar. Bahkan kamu bisa membacanya sebelum tidur atau saat beribadah.

  1. Doa ketenangan hati saat mendapat cobaan yang begitu berat

“Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kafiri,” artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 250).

 

  1. Doa agar hati selalu diberi ketenangan dan kebahagiaan

“Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali.” Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung padamu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

  1. Doa agar hati tenang dan selalu merasa cukup

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika,” artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu jiwa yang merasa tenang kepadamu, yang yakin akan bertemu denganmu, yang ridho dengan ketetapanmu, dan yang merasa cukup dengan pemberianmu.” (HR Tabrani)

  1. Doa Agar Lebih Ikhlas dan Tenang

“Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli”, artinya, “Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

Beberapa doa agar hati tenang di atas bisa dipanjatkan setiap kali kamu merasa tidak tenang dan gelisah sehingga nantinya kamu akan lebih mengingat Allah. Dan selain membaca doa maka diharapkan kamu menjalankan amalan penenang hati.

Sebenarnya amalan penenang hati terdengar klise dan cukup mudah dilakukan namun ternyata prakteknya tidak sesimpel itu. Pertama kamu perlu bersabar dalam menghadapi apapun masalah yang ada dalam hidupmu.

Setiap masalah sebenarnya memiliki jalan keluar meskipun terlihat rumit namun pada akhirnya kamu memiliki solusinya. Allah bersama orang-orang yang sabar maka cobalah untuk bersabar dan bertawakal.

Selain memanjatkan doa agar hati tenang maka kamu juga perlu membaca dan mendengarkan Alquran karena merupakan salah satu obat yang cukup mustajab untuk mengatasi masalah penyakit hati.

Kamu juga bisa membaca surat Yasin atau paling tidak mendengarkannya dengan khusyuk agar nantinya pikiran menjadi lebih tenang dan jernih. Batin juga akan terasa lebih tentram ketika kamu membaca atau mendengarkan surat-surat di Alquran.

Cobalah pula mengerjakan salat tahajud dalam kondisi hening dan sunyi, sehingga kamu akan mendapatkan kedamaian sekaligus lebih dekat kepada Allah. Jangan lupa pula untuk lebih banyak istighfar dan dzikir karena keduanya merupakan amalan paling penting.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan kedamaian dan ketenangan hati setelah membaca doa melakukan beberapa amalannya. Manusia memang tempatnya salah dan kamu harus fokus pada masa depan bukan masa lalu.

Terkadang ada banyak penyesalan yang membuat hidup menjadi tidak tenang dan memunculkan rasa gelisah. Takut akan masa depan juga menjadi penyebabnya, cobalah menjalani hidup dengan hari per hari dan memanjatkan doa agar hati tenang.