Bagaimana Doa Agar Haid Cepat Selesai, Dijamin Ampuh
Bagaimana Doa Agar Haid Cepat Selesai, Dijamin Ampuh

Bagaimana Doa Agar Haid Cepat Selesai, Dijamin Ampuh

Setiap bulan, darah haid dari vagina wanita keluar karena siklusnya, lalu bagaimana doa agar haid cepat selesai? Menstruasi bisa bertahan dari 1 sampai 15 hari, tergantung pada setiap individu. Setiap wanita memiliki siklus bulanan.

Jika masa-masa seorang wanita berlanjut padahal jadwalnya berhenti, tentu ini menjadi momok mengerikan. Beberapa wanita akan panik dan mencoba untuk menemukan cara agar menghentikannya, terutama setelah berada di hari ke-15. Ada berbagai alasan mengapa wanita ingin melewatkan masa haid lebih cepat.

Selain periode tidak normal, ia mungkin ingin melakukan perjalanan ibadah panjang, seperti Umrah atau Haji. Akibatnya, beberapa upaya mungkin dicoba agar haid bisa selesai lebih cepat. Berikut adalah doa agar haid cepat selesai yang bisa kalian panjatkan ketika mengalami kesulitan karena penyakit.

Bagaimana Cara Doa Agar Haid Cepat Selesai

Menurut agama islam, periods atau haid adalah keluarnya darah dari bagian pangkal Rahim melalui vagina wanita dalam beberapa waktu tertentu, walaupun wanita tersebut sehat. Darah ini bukan cairan darah karena melahirkan, biasanya period yang normal akan keluar sebulan sekali.

Tentu saja period terjadi karena kebesaran atau kehendak tuhan, dengan tujuan baik yakni membuang darah kotor dalam tubuh. Sebenarnya tidak ada doa agar haid cepat selesai, namun pada umumnya terdapat doa yang bisa kalian panjatkan untuk mendapatkan kesembuhan karena menderita suatu penyakit.

Doa umum untuk meminta kesembuhan penyakit berada dalam surat Al Anbiya ayat 83, yakni permintaan Nabi Ayub kepada Allah SWT untuk kesembuhan. Cobalah berdoa dalam kondisi suci atau setelah berwudhu.

Dan banyak juga yang berdoa kepada Nabi Muhammad saw. Ketika mengerjakan shalat, ia berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku adalah orang-orang yang selalu mengerjakan shalat di waktu malam, lalu aku memohon ampunan untuk-Nya.

Usaha manusia harus seimbang dengan batin atau berdoa, salah satunya doa agar haid cepat selesai. Usaha tersebut dibuat dengan berdoa kepada Tuhan agar masa haid segera berakhir. Karena Allah akan mendengarkan doa hambanya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

(Sesungguhnya Aku ini Rabbmu, maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang tidak berterima kasih.) Dalam ucapanmu itu, jika kamu tidak mau beriman, maka katakanlah kepada mereka, “Sesungguhnya aku tidak mau berterima kasih kepadamu.”

Namun, jika kamu ingin memastikan, berikut adalah daftar doa agar haid cepat selesai yang dapat panjatkan ketika mengalami sakit.

  1. Bacalah hamdalah untuk berterima kasih kepada Tuhan.
  2. Baca Sholawat Nabi Muhammad.
  3. Beristighfar untuk memohon pengampunan Tuhan.
  4. Membaca al fatihah 3 kali

Metode Mudah Agar Haid Cepat Selesai

Satu-satunya upaya yang bisa dibuat adalah Dhohir dan usaha batin seperti agar haid cepat selesai. Upaya Dhohir ini dibuat menggunakan prosedur kesehatan kesehatan berikut.

  1. Olahraga 

Latihan olahraga dapat membantu meringankan aliran menstruasi serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menstruasi bisa melanjutkan dan mengakhiri lebih haid lebih cepat.

Namun olahraga yang berlebihan tidak direkomendasikan. Karena mungkin memiliki dampak negatif pada hormon tubuh. Doa agar haid cepat selesai harus seimbang dengan usaha.

  1. Mendapatkan Cukup Nutrisi

Vitamin B, misalnya, penting untuk kesehatan tubuh kamu. Kenyataannya, banyak nutrisi dapat membantu untuk meringankan menstruasi sementara juga mengurangi gejala PMS.

Magnesium adalah contoh mineral yang dapat membantu meringankan fase anti-kram dan rasa tidak nyaman. Menurut penelitian, kombinasi magnesium dan vitamin B6 sangat efektif untuk menurunkan gejala PMS.

Jadi tentu saja nutrisi diperlukan untuk mengurangi masa haid panjang, kami tetap merekomendasikan kamu pergi ke dokter spesialis. Jangan lupa untuk selalu memanjatkan agar haid cepat selesai.

  1. Menggunakan Kontrasepsi Direkomendasikan

Kontrasepsi hormon adalah cara yang efisien untuk menghentikan menstruasi sama sekali. Kontrasepsi ini bekerja dengan menunda ovulasi dan pembuahan. Bisa jadi suntikan KB, pil, KB, implan, susuk, atau spiral. Doa agar haid cepat selesai sangat sederhana dan manjur.

Meminum obat adalah cara sederhana untuk menghentikannya. Dengan menyebabkan lapisan cervical luruh dengan cepat, pil hormon ini akan mempersingkat periode haid kamu. Namun, kamu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum membuat keputusan. Konsekuensi pengguna kontrasepsi hormonal jangka panjang dapat memiliki sejumlah konsekuensi negatif:

  • Bisa menyebabkan sakit kepala berjangka panjang
  • Hormon di tubuh menjadi tidak seimbang
  • Menyebabkan penyakit kanker dan kardiovaskuler
  1. Menggunakan Menstruasi Cup 

Menstruasi cup, sering dikenal sebagai cangkir menstruasi, adalah cangkir yang dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung darah haid. Benda ini digunakan sebagai pengganti pembalut atau tampon dan memiliki reputasi ramah lingkungan.

Menggunakan menstruasi cup tidak menghentikan haid, tapi mencegah darah bocor dari pembukaan vagina, mirip dengan tampon. Benda ini dapat digunakan sampai 12 jam dan sepanjang masa menstruasi.

Keuntungannya, cangkir menstruasi dapat mencegah menstruasi tanpa menggunakan hormon atau obat. Benda ini dapat digunakan untuk berenang dan perjalanan jauh agar tetap nyaman. Kalian harus menerapkan doa agar haid cepat selesai.

Namun, kamu harus mencuci cangkir menstruasi ketika penuh beberapa jam sekali untuk menghindari kebocoran. Benda ini tidak bekerja sebagai kontrasepsi atau untuk mencegah kehamilan.

  1. Hindari Menggunakan Tampon

Menggunakan pembalut bukan tampon adalah satu-satunya pilihan untuk menghentikan periode haid dengan cepat. Justru tampon mencegah aliran darah menstruasi, memungkinkan periode haid bertahan lebih lama.

Sementara pembalut menyerap cairan menstruasi setelah keluar dari tubuh. Jadi menggunakan pembalut membantu kamu untuk menghentikan darah haid lebih cepat dari biasanya.

  1. Tingkatkan Asupan Vitamin C

Mencari solusi cepat untuk menghentikan periode haidmu? Tingkatkan asupan vitamin C. Konsumsi Vitamin C ditunjukkan untuk menurunkan tingkat progesteron dan membantu dalam meluruhkan dari dari lapisan rahim, mengakibatkan kamu berada di periode menstruasi yang lebih pendek.

Kamu bisa segera mengkonsumsi vitamin C pada dosis yang direkomendasikan oleh dokter. Efek samping dari terlalu banyak vitamin C diantaranya sakit perut, diare, dan insomnia.

  1. Konsumsi Obat

Konsumsi obat adalah cara cepat untuk menghentikan menstruasi. Asam Traneksamat adalah obat yang menginduksi gumpalan darah rahim. Hal ini telah ditunjukkan untuk mengurangi pendarahan menstruasi berat sampai 60%.

Obat asam traneksamat diberikan 3-4 kali sehari, dimulai pada hari pertama menstruasi, dengan tujuan menghentikan menstruasi. Lanjutkan pada 3-4 hari ke depan. Anti-peradangan non-steroid seperti asam mechenamatatum, ibuprofen, atau naproxen adalah obat penghilang rasa sakit yang bisa mengurangi aliran darah menstruasi.

Obat semacam ini tidak hanya membantu untuk meringankan kram menstruasi, tetapi juga membantu untuk mengurangi pendarahan 20 sampai 50 persen. Kamu bisa meminumnya 3-4 kali per hari. Gonadotropin-releasing hormone agonists adalah obat yang menekan pendarahan menstruasi dan mensimulasikan menopause.

Namun, perawatan ini harus digunakan pada waktu terbatas karena dapat menyebabkan efek samping besar dan mengganggu fungsi estrogen di tubuh. Penggunaan jangka panjang dapat melemahkan tulang atau mengarah pada pengembangan osteoporosis. Doa agar haid cepat selesai cukup sederhana dan meringankan gangguan periods.

  1. Coba Melakukan Operasi

Jika perlu, dokter mungkin menyarankan operasi sebagai langkah untuk mengakhiri haid dalam waktu yang panjang. Hal ini umum dilakukan jika kamu memiliki masalah medis seperti miom, uterus fibroid, atau endometriosis yang menyebabkan pendarahan menstruasi keluar secara berlebihan.

Dokter mungkin merekomendasikan hysterectomy atau mengangkat Rahim secara total apabila ada tumor ganas. Metode ini akan membuat kamu tidak menstruasi permanen atau selamanya. Langkah ini tapi bisa kamu jalankan apabila sudah mencoba semua cara mulai dari konsumsi obat dan mengubah pola hidup sehat. Pilihan prosedural lain untuk mengakhiri periode haid berlebihan yakni:

  • Embolisasi arteri uterus dapat membuat fibroid menyusut dan memblokir arteri.
  • Miomektomi adalah pembedahan mioma (tumor non-kanker).
  • Ablation Endometrium, metode untuk menghancurkan lapisan pada rahim.
  1. Menjaga Berat Badan

Berat badan mungkin mengganggu menstruasi dan membuatnya keluar secara tidak teratur. Di sisi lain, jika seseorang yang kelebihan berat, mereka mungkin mengalami aliran jauh lebih lama atau panjang.

Maka menjaga berat badanmu tetap normal atau sesuai BMI akan membantumu menghentikan masalah menstruasi berjangka panjang. Pastikan untuk doa agar haid cepat selesai agar pengobatanmu berjalan lancar.

  1. Mengelola Stress 

Siklus periode bisa terjadi karena stress dan perasaan khawatir wanita dalam jangka panjang. Maka kamu harus berusaha untuk kontrol stres setiap saat dengan menggunakan teknik relaksasi seperti yoga.

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi dan periode berbeda-beda. Periode normal berlangsung sekitar 2 sampai 7 hari dan datang tepat waktu setiap bulan, jadi kamu harus memperhatikannya dengan baik.

Jika keluarnya darah berlebihan atau tidak biasa (lebih dari 21 hari), maka periode ini bisa terjadi karena ada gangguan, salah satunya stress. Apabila kamu mengalami gejala yang serius bisa pergi ke tenaga medis untuk mendapatkan bantuan segera.

Walaupun terdengar sepele, sebenarnya stress bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit, salah satunya masalah haid. Kamu bisa mengelola stress dengan berolahraga dan melakukan kegiatan menyenangkan seperti menonton film setelah bekerja. Jadi doa agar haid cepat selesai harus dipanjatkan.

Haid Cepat Selesai Dengan Cara Alami

Selain dengan doa, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar haid cepat selesai. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Konsumsi Buah, Sayur, Dan Air Mineral Lebih Sering

Minum air atau jus lebih sering dapat membantu kamu menghentikan periode dengan cepat. Ini bisa membantumu mendapatkan lebih cepat masa haid. Doa agar haid cepat selesai harus kalian panjatkan.

Nutrisi dari makanan sehat mempengaruhi sirkulasi darah, termasuk siklus periode. Kamu juga bisa membantu meredakan gejala menstruasi dengan buah dan sayuran, maka perhatikan makananmu. Kacang hijau, khususnya, terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Minum Teh Jahe

Teh jahe dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk mencegah periode haid berkepanjangan. Khasiat jahe dapat membantu menghentikan pendarahan berat dan periode menstruasi menjadi lebih pendek. Pastikan untuk selalu memanjatkan doa agar haid cepat selesai.

  1. Konsumsi Gelatin

Satu cara untuk menghentikan menstruasi kurang dari satu hari, atau mungkin beberapa jam, yakni dengan mengkonsumsi gelatin. Beli gelatin dan masukan sachet kedalam air. Periods dapat dihentikan dalam tiga jam dengan minum gelatin. Namun, ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan membutuhkan saran medis.

  1. Konsumsi Lemon

Lemon adalah obat tradisional untuk mencegah menstruasi dalam satu hari. Mengunyah sepotong lemon dan menstruasi kamu akan berhenti atau paling tidak menjadi berkurang.

  1. Konsumsi Bahan Cuka

Meskipun cuka tidak bisa menghentikan siklus periode kamu, itu dapat meringankan pendarahan selama menstruasi, bahkan bisa mempercepat periode kamu. Minum segelas air dengan dua sendok teh sari cuka apel. Kamu bisa melakukan ini tiga kali sehari selama masa haid. Pastikan kembali kamu selalu memanjatkan doa agar haid cepat selesai.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dikatakan untuk membantu kamu menunda atau menghentikan aliran menstruasi sementara. Mandi air hangat dapat membantu mengakhiri periode dengan mudah dan kram pada otot di dalam rahim.

Kamu harus mencari saran medis sebelum menggunakan berbagai metode untuk menghentikan menstruasi di atas. Dokter akan memeriksa riwayat medis sebelum merekomendasikan metode terbaik untuk menghentikan gangguan periode. Doa agar haid cepat selesai harus dipanjatkan untuk kesehatan dan kelancaran menstruasi.