Doa Agar Haid Cepat Keluar yang Wajib Diketahui
Doa Agar Haid Cepat Keluar yang Wajib Diketahui

Doa Agar Haid Cepat Keluar yang Wajib Diketahui

Saat ini sudah ada doa agar haid cepat keluar pada wanita. Salah proses terjadinya perdarahan pada uterus yang akan mengalir dari rahim dan keluar melalui vagina disebut dengan Haid.

Untuk, siklus haid yang dialami wanita memang berbeda-beda tergantung keadaan tubuh. Bahkan, sebagian besar wanita mengalami telat haid yang diakibatkan berbagai macam faktor.

Doa Agar Haid Cepat Keluar Serta Artinya

Di bawah ini sudah ada beberapa doa agar haid cepat keluar yaitu:

“Allahumma Rabbannasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqoman.”

Berarti, “Ya Tuhan Kami, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah karena engkau yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali Engkau, yang memberikannya.” (HR. Bukhari).

Selain doa yang ada di atas, kamu juga dapat membaca doa agar haid cepat keluar pada Surat Al-Anbiya ayat 84, seperti di bawah ini:

“Robbi Inni massani yadh durru wa anta arhamar rahimin.”

Berarti: “Ya Tuhan aku, sesungguhnya saya ditimpa penyakit dan engkau Yang Maha Pengasih diantara semua penyayang.”

Tidak hanya doa saja yang bisa dilakukan, kamu juga harus lebih memperhatikan konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dilakukan agar siklus menstruasi dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal.

Beberapa Makanan Menstruasi agar Cepat Keluar

Gizi dan Nutrisi yang seimbang menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya datang bulan selain doa agar haid cepat keluar. Di bawah ini ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar haid.

1. Kunyit

Terdapat beberapa jenis kandungan nutrisi alami pada kunyit yang tidak hanya berguna untuk meningkatkan cita rasa makanan.

Namun, juga memiliki kinerja sebagai estrogen dan progesteron. Selain itu, kunyit juga bisa merangsang aliran darah yang di area rahim maupun panggul.

2. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mempunyai kandungan vitamin, protein, serta isoflavon yang dipercaya dapat mempengaruhi kinerja hormon estrogen. Kamu dapat mengkonsumsi makanan seperti tahu, tempe, atau susu kedelai agar haid cepat keluar.

3. Buah Nanas

Buah nanas, memiliki enzim bromelain yang bisa meredakan peradangan. Jadi nanas bisa langsung mempercepat datangnya haid karena adanya peradangan.

4. Sayuran Hijau

Biasanya doa agar haid cepat keluar tidak akan berjalan lancar tanpa adanya usaha. Oleh karena itu, disarankan Kamu untuk mengkonsumsi vitamin B. Vitamin B sendiri dapat membantu meredakan gejala haid.

Selain itu, vitamin ini juga dapat melancarkan haid. Selain suplemen yang memiliki kandungan vitamin B. Kamu bisa mendapatkannya dari sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan asparagus.

5. Susu dan Produk Olahan

Kadar vitamin D yang kurang dalam tubuh terbukti dapat mempengaruhi kelancaran menstruasi. Sehingga untuk mengatasi masalah ini, kamu disarankan untuk memperoleh vitamin D, mulai dari sinar matahari dan makanan.

Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju bisa menjadi salah satu sumber vitamin D yang banyak dalam makanan sehari-hari.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki, lemak sehat seperti asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi salmon dengan doa agar haid cepat keluar.

Sementara itu, lemak sehat yang ada pada ikan ini juga dapat mendukung keseimbangan produksi hormon dan membantu melancarkan proses pembuahan atau ovulasi. Selain salmon, ada sumber lemak sehat lainnya yakni minyak sayur, flaxseed (biji rami), serta kacang walnut.

7. Jahe

Memang saat ini belum ada penelitian yang dapat memastikan jahe sebagai makanan efektif untuk melancarkan haid. Namun, rempah yang satu ini seringkali dianggap bisa membuat menstruasi lebih lancar dan digunakan dalam cara tradisional.

Jika dilihat dari sisi ilmiah sendiri, jahe terbukti dapat meredakan gejala menstruasi dengan diiringi doa agar haid cepat keluar. Misalnya saja, perubahan suasana hati yang naik-turun dan nyeri perut.

Jahe juga dapat membantu mengurangi volume darah menstruasi yang keluar secara berlebihan.

8. Kayu Manis

Selain dapat digunakan sebagai penyedap rasa masakan, kayu manis juga bisa melancarkan siklus menstruasi. Rempah yang satu ini dianggap memiliki potensi dan dijadikan sebagai salah satu obat alami.

Selain itu, kayu manis juga bermanfaat sekali untuk membantu meredakan gejala sindrom polikistik ovarium (PCOS).

9. Cuka Apel

Sebagai salah satu bahan makanan untuk melancarkan haid, cuka apel juga dinilai sangat efektif. Diketahui, bahwa mengkonsumsi cuka apel setiap harinya akan mengembalikan siklus haid menjadi lebih normal disertai dengan doa agar haid cepat keluar.

Walaupun begitu, agar benar-benar memastikan manfaat dari cuka apel yang satu ini maka harus dilakukan penelitian.

Tips Mempercepat Haid yang Tepat

Siklus haid atau menstruasi yang tidak lancar, bisa menandakan beberapa hal, seperti gangguan hormon sampai kesuburan.

Selain mengatasinya dengan doa agar haid cepat keluar. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter dan melakukan beberapa langkah di bawah ini.

1. Frekuensi Olahraga Harus Sesuai

Memang olahraga sangat penting dalam menjaga keseimbangan kadar hormon. Jadi kamu tidak boleh sampai melewatkan olahraga tersebut.

Namun, jika kamu berniat olahraga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Hal tersebut malah akan menimbulkan hormon yang tidak seimbang.

2. Dapat Meredakan Stres

Salah satu penyebab haid yang tidak teratur bisa dikarenakan stres Agar bisa mengembalikan siklus menstruasi, tidak ada salahnya Kamu mencoba beberapa teknik relaksasi dengan yoga.

Selain itu, meditasi, atau sekadar melakukan hobi di tengah kesibukan yang ada dengan doa agar haid cepat keluar.

3. Memiliki Berat Badan Ideal

Biasanya siklus menstruasi pada tubuh bisa dipengaruhi karena berat badan yang berlebih. Salah satu ciri paling umum dari obesitas, yakni kista pada rahim seperti PCOS, hal ini menimbulkan resiko haid tidak lancar.

Oleh sebab itu, jika Kamu mengalami kelebihan berat badan, maka bisa melakukan beberapa cara untuk mencapai berat badan yang ideal, seperti mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

4. Melakukan Terapi Hormon

Satu hal yang harus Kamu perbaiki selain doa agar haid cepat keluar, adalah keseimbangan kadar hormon di tubuh.

Dokter biasanya akan memberikan terapi, berupa obat pil kontrasepsi dengan kandungan hormon progesteron dan estrogen. Hal ini sangat berguna sekali untuk memperbaiki siklus haid.

Memang mengonsumsi makanan bisa mengembalikan siklus menstruasi dan melancarkan haid. Namun dalam mempertahankan siklus yang sehat, Kamu harus tetap menjalani gaya hidup yang sehat, seperti berolahraga dan memiliki berat badan ideal.

Apabila cara tersebut sudah dicoba namun tidak berhasil, maka harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan (Spog) dan selalu doa agar haid cepat keluar.

Manfaat Olahraga Pada Siklus Menstruasi

Olahraga yang dilakukan saat haid ternyata bisa memberikan banyak manfaat jika bersamaan dengan doa agar haid cepat keluar. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat olahraga untuk melancarkan haid, yaitu:

1. Meringankan Gejala Haid

Terdapat banyak sekali gejala umum yang dirasakan ketika sedang haid. Hal ini karena adanya perubahan hormonal akibat naik turunnya kadar hormon estrogen pada tubuh.

Manfaat olahraga saat menstruasi dapat meringankan berbagai macam ketidaknyamanan saat haid. Salah satunya kram perut, nyeri, kembung, mual, kelelahan, depresi, perubahan suasana hati sampai lebih mudah marah atau tersinggung.

2. Dapat Menjaga Kebugaran Fisik

Fisik yang sakit-sakitan dan lemah juga bisa membuat masa menstruasi semakin tidak nyaman. Olahraga mampu mengurangi risiko penyakit berat dan menjaga kebugaran fisik.

3. Membuat Suasana Hati Baik

Endorfin merupakan salah satu hormon yang bisa membuat kamu mengurangi rasa kecemasan, depresi, rasa sakit, merasa senang serta memperbaiki suasana hati.

Beberapa gerakan olahraga yang melancarkan haid bisa meningkatkan produksi endorfin serta mengatasi perubahan fisik dan mental saat masa menstruasi.

4. Berat Badan Harus Seimbang

Seseorang yang mempunyai obesitas cenderung nyeri menstruasi lebih berat, mengalami gejala serta mengalami menstruasi tidak teratur. Dengan berolahraga secara teratur bisa menjaga berat badan ideal, serta membantu haid menjadi lancar.

Olahraga yang dapat Melancarkan Haid

Selain doa agar haid cepat keluar, ada beberapa jenis olahraga yang mampu melancarkan menstruasi. Namun, tidak semua jenis olahraga baik dilakukan saat haid. Berikut ini sudah ada berbagai jenis olahraga yang dapat melancarkan haid kamu

5. Latihan Yoga

Salah satu latihan olahraga yang dapat melancarkan haid yakni Yoga. Yoga memang sudah lama terbukti efektif dalam meringankan berbagai jenis keluhan menstruasi.

Sementara itu, ada penelitian yang mengatakan jika latihan yoga mampu menyeimbangkan hormon siklus haid yang tidak teratur.

Agar kamu memperoleh manfaat secara maksimal, maka harus melakukan yoga dua sampai tiga hari menjelang menstruasi dan dibarengi doa agar haid cepat keluar.

Hal ini jauh lebih efektif dalam meregangkan otot dan membuat tubuh rileks. Bahkan, juga bisa membantu Kamu mengurangi gejala menstruasi yang mengganggu.

Sementara itu, ada beberapa pose yoga yang dapat meredakan nyeri dan kram ketika menstruasi terjadi. Misalnya saja, melakukan pose cow, cat, cobra serta fish.

Pose Yoga dapat meregangkan punggung, perut, serta pinggul sehingga akan membentuk otot pada area ini lebih rileks.

6. Jalan Kaki yang Ringan

Jalan kaki ringan termasuk olahraga yang dapat melancarkan haid. Olahraga seperti ini memang bisa meringankan nyeri menstruasi. Bahkan, berdasarkan sebuah penelitian, paru-paru bisa bekerja lebih baik pada akhir periode haid.

7. Olahraga Kekuatan

Latihan kekuatan dengan beban ringan juga bisa menjadi salah satu olahraga Kamu. Kamu dapat melakukan latihan kekuatan yang lebih lama, misalnya dengan tambahan latihan kardio.

8. Latihan Aerobik Ringan

Olahraga berikutnya yakni latihan aerobik ringan. Aerobik ini termasuk jenis latihan yang akan membuat jantung kamu lebih kuat. Berbagai jenis latihan aerobik ringan lainnya yaitu berenang, jogging, serta bersepeda.

Latihan aerobik ringan ini bisa dijadikan sebagai jenis latihan terbaik untuk meringankan nyeri haid.

Agar memperoleh hasil yang diharapkan, kamu bisa langsung melakukan latihan secara teratur setidaknya tiga kali seminggu selama 30 menit dan tidak lupa doa agar haid cepat keluar.

Jika kamu memang berniat berolahraga saat menstruasi sebaiknya pilih jenis latihan yang ringan. Hentikanlah jika kamu sudah merasa lelah atau muncul gejala lain yang mengganggu tubuh.

Sementara itu, kamu bisa tetap bertanya kepada dokter jika haid tidak lancar berlangsung dalam waktu lama. Apalagi jika disertai dengan gejala berat seperti nyeri tidak tertahankan atau tidak membaik dengan perawatan mandiri.

Sekian informasi terkait, doa agar haid cepat keluar, makanan untuk melancarkan haid, manfaat dan jenis olahraga.