Doa Agar Diberi Kemudahan dan Kelancaran dalam Segala Hal
Doa Agar Diberi Kemudahan dan Kelancaran dalam Segala Hal

Doa Agar Diberi Kemudahan dan Kelancaran dalam Segala Hal

Doa agar diberi kemudahan sering dipanjatkan oleh mereka yang meminta kelancaran untuk segala urusannya. Hal tersebut tentu akan efektif jika dibarengi dengan usaha atau kerja keras sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Jika merasa kesulitan dalam berdoa, kamu bisa membaca ayat-ayat tertentu yang mudah dihafalkan. Tujuannya utamanya adalah membuat diri sendiri merasa nyaman, serta tidak mudah putus asa sambil terus tetap berusaha.

Doa Agar Diberi Kemudahan yang Mudah Dihafalkan

Beberapa ayat-ayat di bawah ini merupakan susunan kalimat yang sering digunakan untuk berdoa. Mulai dari harapan agar dimudahkan dalam urusan hidup, kelancaran mencari rezeki, meminta pertolongan dan masalah, dan lainnya.

  1. Ayat-ayat agar Dimudahkan Segala Urusan

Ayat-ayat yang bisa dibaca untuk mempermudah segala hal yang berkaitan dengan urusan kehidupan adalah surah Al-Kahfi. Surah ini dibaca oleh tujuh pemuda ketika mereka tengah berlindung di dalam sebuah gua.

Ayat-ayat di dalamnya mencakup doa agar diberi kemudahan untuk mengatasi berbagai problematika dalam kehidupan. Kamu bisa membuka Surah Al-Kahfi ayat 10, dan dibaca secara rutin sembari memohon diberikan jalan keluarnya.

  1. Diberikan Kemudahan untuk Mencari Rezeki

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasulullah sallallahu alaihi wasallam pernah mengucapkan sebuah doa. Isinya adalah permohonan kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar dimudahkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Bunyi adalah: “Allahumma lã sahla illa mã ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzã syi’ta sahla”. Ayat ini bisa dibaca sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk mendapatkan rezeki yang halal.

  1. Berdoa Meminta Pertolongan

Doa agar diberi kemudahan yang sering diucapkan adalah permohonan untuk meminta pertolongan. Kamu bisa membaca Surah Thaha ayat ke 25-28, yang juga dibaca oleh Nabi Musa AS ketika menghadapi Fir’aun.

Inti dari ayat tersebut adalah, permohonan Nabi Musa agar segala urusannya dimudahkan ketika berhadapan dengan masalah (Fir’aun). Oleh sebab itu, Surah ini bisa dibaca secara rutin jika ingin mendapatkan kemudahan.

  1. Dilancarkan Ketika Hendak Mengambil Sebuah Keputusan

Kehidupan seseorang tentu tidak lepas di rasa bimbang ketika dihadapkan untuk mengambil keputusan terbaik. Hanya saja, keraguan tersebut akan terjawab jika rutin membaca Surah Al A’raf ayat 88 secara rutin.

Jika ditafsirkan, Surah Al A’raf di atas merekam peristiwa ketika Nabi Syuaib meminta pertolongan kepada Allah Azza Wa Jalla. Dirinya pada saat itu memohon agar diberi sebaik-baiknya saat mengambil keputusan

  1. Membaca Surah Al-Baqarah Ayat 286

Surah Al Baqarah ayat 286 juga merupakan doa agar diberi kemudahan yang bisa dibaca ketika dilanda kesusahan. Ayat ini tidak hanya meminta agar diberikan kelancaran dalam kehidupan, tapi juga ampunan.

Kamu juga bisa membaca Surah Al Baqarah ayat 286 sebagai permohonan, agar tidak dibebani di luar kemampuan. Semua kumpulan doa di atas akan cepat diijabah jika dipanjatkan pada waktu-waktu tertentu.

Pilihan Waktu Terbaik untuk Memanjatkan Doa

Agar doa lebih mudah untuk dikabulkan, ada waktu-waktu tertentu yang bisa dipilih sesuai dengan syariat. Bisa di sepertiga akhir malam saat shalat tahajud, ketika hujan turun, hingga dalam posisi bersujud.

  1. Ketika Shalat Tahajud atau di Akhir Sepertiga Malam

Doa agar diberi kemudahan akan terasa lebih afdhal, jika dilakukan ketika memasuki waktu sepertiga malam sebelum menjelang subuh. Waktu-waktu ini bisa ditemui pada saat melaksanakan ibadah sunnah seperti shalat tajahud.

Ada banyak ayat-ayat yang membahas keutamaan jika rutin melaksanakan shalat sunnah seperti tahajud. Beberapa di antaranya adalah diberi kelancaran dalam setiap usahanya, hingga dimudahkan untuk meraih cita-cita, dan permohonan lainnya.

  1. Pada saat Hujan Turun dengan Deras

Peristiwa alam seperti turunnya hujan juga merupakan waktu-waktu yang terbaik untuk berdoa. Dasar hukumnya bisa dilihat dari Ibnu Qudamah dalam Al Mughni. Yang meriwayatkan Sabda dari Rasulullah sallallahu alaihi wasallam.

Jika diamati dengan seksama, doa agar diberi kemudahan sangat relevan ketika dipanjatkan pada saat turunnya hujan. Pada saat itu, Rasulullah sallallahu alaihi wasallam mengucapkan agar turunnya hujan tersebut mendatangkan manfaat.

  1. Memanjatkan Doa Pada Saat Posisi Bersujud

Posisi sujud merupakan salah satu gerakan terpenting dalam rangkaian ibadah shalat, baik itu wajib maupun sunnah. Selain itu, gerakan sujud merupakan perwujudan bentuk penghambaan tertinggi secara nyata dalam sebuah ibadah.

Oleh sebab itu, para pemuka agama Islam, menganjurkan agar setiap individu memperbanyak untuk berdoa ketika sujud. Selain berpotensi lebih cepat dikabulkan, sujud juga disebutkan sebagai posisi yang dekat dengan Allah.

Keutamaan Berdoa Meminta Kemudahan untuk Segala Hal

Rutin memanjatkan doa agar diberi kemudahan memiliki banyak keutamaan jika dipanjatkan secara konsisten dalam keseharian. Mulai dari hati serta pikiran menjadi lebih tenang, dijauhkan dari kesulitan hidup, hingga terkabulnya hajat.

  1. Hati serta Pikiran Menjadi Lebih Tenang

Hal utama yang mungkin bisa dirasakan selama berdoa adalah ketenangan dalam hati maupun pikiran. Jiwa yang tenang sangat berpengaruh kepada kondisi tubuh – baik secara jasmani maupun rohani, sehingga lebih sehat.

Oleh sebab itu, kamu bisa memanjatkan doa agar diberi kemudahan dan yakin akan cepat terkabul. Ketenangan tersebut juga memiliki dampak positif dari sisi psikologis, yakni tidak menyerah dalam menghadapi kesulitan.

  1. Dijauhkan dari Segala Kesulitan Dalam Hidup

Siapa saja pasti pernah mengalami fase di mana kesulitan dalam hidup berdatangan dalam berbagai bentuk. Selain berusaha mengatasinya lewat usaha masing-masing, salah satu caranya adalah dengan memperbanyak berdoa ketika beribadah.

Doa agar diberi kemudahan merupakan salah satu bentuk yang sering dipanjatkan. Harapannya tentu saja mendapatkan solusi terbaik dari masalahnya, hingga mendapatkan petunjuk agar bisa keluar dari kesulitan hidup selama ini.

  1. Dikabulkan Segala Keperluan (Hajat) Selama Hidup

Keutamaan dari memanjatkan doa-doa secara rutin juga bisa mempercepat terkabulnya suatu keperluan atau hajat. Baik itu dalam bentuk tercapainya sebuah cita-cita tertentu, kesembuhan dari sebuah penyakit, berlimpahnya harta dan sebagainya.

Hanya saja, banyak dari permohonan tersebut sifatnya cenderung ke arah duniawi karena digunakan sebagai bekal kehidupan. Namun bisa juga memohon agar dimudahkan tidak hanya di dunia saja, tapi hingga akhirat.

Sosok Penting yang Wajib Didoakan Agar Dimudahkan Segala Urusan

Doa agar diberi kemudahan sah-sahnya dipanjatkan setiap saat sesuai dengan kemampuan masing-masing. Namun hal tersebut tidak akan lengkap jika tanpa mendoakan sosok penting seperti kedua orang tua, serta orang lain.

  1. Kedua Orang Tua

Kedua orang tua yang terdiri dari bapak dan ibu merupakan sosok penting yang wajib didoakan. Sebagai seorang anak, doa orang tua merupakan jalan bagi buah hari mereka agar kehidupannya dimudahkan.

Begitu pentingnya posisi orang tua, dalam hadist riwayat (HR) Bukhari menjelaskan bahwa doa mereka tidak tertolak. Sangat mustajab dan bisa segera dikabulkan bersama doa seorang musafir serta orang yang terzhalimi.

Sebagai anak, tentu kesempatan untuk mendoakan kebaikan bagi kedua orang tua merupakan sebuah anugerah tersendiri. Di mana orang tua juga tentu akan mendoakan yang terbaik kepada anak-anaknya agar dimudahkan urusannya.

  1. Mendoakan Kebaikan Kepada Sesama

Doa agar diberi kemudahan juga bisa dipanjatkan dengan mendoakan kebaikan kepada sesama manusia. Tidak hanya ditujukan untuk saudara seiman, mereka yang berlainan kepercayaan juga berhak karena merupakan saudara dalam kemanusiaan.

Saling mendoakan dalam kebaikan tentu memiliki banyak manfaat yang positif. Hal tersebut tidak hanya bisa memperkuat tali silaturahmi dengan sesama, tapi juga mampu mendatangkan berbagai macam kemudahan untuk dinikmati bersama-sama.

Kebaikan yang diucapkan dalam bentuk doa tentu akan menghasilkan kebaikan lainnya. Baik pihak yang mendoakan maupun didoakan, keduanya akan mendapatkan manfaat dari hal tersebut, selama diniatkan untuk saling memberikan manfaat,

Mengenali Ciri-ciri Doa yang Telah Dikabulkan

Doa agar diberi kemudahan merupakan salah pilihan terbaik agar setiap urusan dalam kehidupan diberi kelancaran. Sebagai manusia, kamu juga bisa merasakan tanda-tanda khusus yang merupakan bukti bahwa doa telah dikabulkan.

  1. Merasa Semangat Dalam Melakukan Kebaikan

Semangat dalam melalukan kebaikan dalam segala hal, merupakan salah satu pertanda bahwa doa telah dikabulkan. Biasanya, rasa semangat tersebut diiringi dengan sikap kehati-hatian, terutama dalam bertindak agar tidak menimbulkan dosa.

Selain itu, jiwa juga merasakan ketenangan yang luar biasa karena kebaikan pada hakikatnya mendatangkan ketentraman. Jika kamu telah merasakan tanda-tanda semacam ini, tentu akan sangat bermanfaat untuk kehidupan ke depannya.

  1. Tingkat Ketakwaan Semakin Bertambah

Secara umum, doa agar diberi kemudahan lebih cepat terkabul asal memiliki keyakinan yang sangat kuat. Jika telah dikabulkan, salah satu bentuknya adalah dimudahkan dalam berbagai kegiatan yang memiliki hubungan ibadah.

Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan keimanan sekaligus ketakwaan secara individu. Jika mampu dirasakan ketika berusia muda, tentu sangat beruntung karena berkesempatan untuk menjadi pribadi yang taat dalam beragama.

Amalan Lain Sebagai Pelengkap ketika Berdoa Meminta Kemudahan

Aktivitas seperti berdoa merupakan salah satu bentuk dari rangkaian ibadah yang telah dilakukan sebelumnya seperti shalat. Namun, ada beberapa amalan tambahan sebagai pelengkap sehingga lebih mustajab serta mudah untuk dikabulkan.

  1. Menjaga Shalat Tepat Waktu

Doa agar diberi kemudahan tidak akan lengkap tanpa mengutamakan shalat tepat pada waktunya. Di era yang serba sibuk seperti saat ini, kebanyakan manusia sangat jarang melaksanakan ibadah shalat tepat waktu.

Padahal, shalat merupakan ibadah paling utama bagi umat Islam dan masing-masing individu kelak akan dimintai pertanggungjawaban. Dengan mendirikan shalat tepat waktu, maka doa akan menjadi penutup terbaik untuk memohon sesuatu.

  1. Rutin Mengamalkan Dzikir Sesuai Tuntunan Agama

Kamu juga bisa mengamalkan berbagai jenis dzikir yang sesuai dengan petunjuk dari Al-Qur’an maupun hadist. Beberapa di antaranya merupakan dzikir-dzikir umum, namun memiliki keutamaan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Salah satu doa agar diberi kemudahan yang bisa dipilih adalah bacaan dzikir pagi petang. Sedangkan untuk melancarkan segala urusan, bisa membaca Surah Al-Kahfi ayat 10 dan Al A’raf ayat 89.

  1. Menyambung Tali Silaturahmi

Meski terdengar remeh, mempererat tali silaturahmi juga bisa menjadi salah satu amalan yang baik. Mulai dari memperpanjang usia, meluaskan rezeki, menebarkan kebaikan dengan sesama, serta membuat hubungan persaudaraan semakin harmonis.

Silaturahmi juga bisa menjadi sarana yang ampuh untuk meredam konflik antar sesama. Hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk dari kemudahan dalam menjalin persaudaraan agar lebih akrab satu sama lain.

Berdoa menggunakan ayat-ayat yang terdapat di dalam Al Qur’an terbukti memberikan kebaikan pada manusia. Salah satu bentuknya adalah dengan rutin bermunajat serta memanjatkan doa agar diberi kemudahan dalam menjalani kehidupan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.