Doa Agar Cepat Sembuh dari Sakit dan Adab Menjenguknya
Doa Agar Cepat Sembuh dari Sakit dan Adab Menjenguknya

Doa Agar Cepat Sembuh dari Sakit dan Adab Menjenguknya

Dalam islam, segala sesuatunya bisa disembuhkan dengan bacaan doa-doa, termasuk doa agar cepat sembuh dari sakit. Doa-doa di sini berasal dari sumber terpercaya, sesuai anjuran dan yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Sakit bukanlah hal yang diinginkan oleh setiap umat manusia, tetapi situasi ini tidak bisa dihindari. Setiap manusia akan merasakan sakit di waktu yang telah ditentukan, karena ini bagian dari kehidupan.

Hidup terus berjalan saat sedang sakit, meskipun biasanya akan terasa lebih lama. Namun, itu memang bertujuan agar tubuhmu bisa beristirahat sehingga cepat pulih dan segera beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Memang sakit merupakan hal biasa yang pasti dirasakan semua manusia. Tapi, kamu tidak boleh meremehkannya, memforsirnya hingga kelelahan, daya tahan tubuh, dan tubuhnya mudah terkena virus maupun penyakit dari luar.

Jika sudah terlajur, solusi paling tepat adalah mengucapkan doa agar cepat sembuh dari sakit. Bisa dibilang, itu merupakan pertolongan pertama bagi seorang muslim yang sedang diberi nikmat hidup tambahan.

Seperti diketahui bahwa penyakit dan rasa sakit didatangkan oleh Tuhan. Tapi, mengapa hal itu dilakukan? Apa hanya ingin membuat hambanya mengingat Tuhan, atau ada maksud lain dibalik datangnya penyakit tersebut.

Islam mengatur berbagai hal mengenai semua hal yang berkaitan dengan kehidupan. Oleh karenanya, umat manusia tidak perlu takut akan hal-hal yang akan terjadi termasuk terserang penyakit, wabah, dan hal lainnya.

Islam juga mengatur hal-hal seperti bagaimana menyikapi, adab menjenguk, dan cara berikhtiar ketika didatangkan sakit. Kamu hanya perlu mempelajari, mengamalkan semua yang telah ada dan dicontohkan Rasulullah di masa sebelumnya.

Sakit Adalah Bukti Kecintaan Sang Pencipta Kepada Hambanya

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa tuhan memberikan penderitaan kepada para hamba-Nya? Sebenarnya, kamu tidak bisa mengetahui alasan serta rencana apa yang tuhan siapkan untuk hamba-Nya di dunia, entah menguji, atau menghukumnya.

Tuhan mungkin memang membiarkanmu menemui serta menghadapi hal-hal buruk di dunia. Tapi, Tuhan juga memberikan doa agar cepat sembuh dari sakit, hanya tinggal manusianya mau mengamalkan doanya tersebut atau tidak.

Musibah tidak akan datang kecuali dari Allah dan atas kehendak-Nya. Jika dalam mata Islam sakit diibaratkan obat, meskipun tidak diinginkan, tapi saat menerimanya nantinya membawa kebaikan atau menyembuhkan sesuatu.

Seperti dalam hadist Ibnu Majah dan Al Tirmidzi mengatakan bahwa pahala seseorang yang diberi sakit punya pahala sebanding dengan ujiannya. Allah menguji hambanya dengan penyakit untuk ditukarkan dengan pahala berlipat.

Seperti pada cerita islam, nabi-nabi diberikan musibah dan diganti dengan derajat yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan Nabi beserta Rasul-Nya tidak pernah lupa mengamalkan doa agar cepat sembuh dari sakit.

Mungkin di mata orang lain, cobaan para Nabi hanyalah ujian yang diberikan Tuhan. Namun, yang terjadi sebenarnya adalah, Allah sedang meninggikan derajat, menghapus dosa dengan melalui berbagai cobaan dan penyakitnya.

Sesuai surat Al-Baqoroh di ayat 155-157 dijelaskan bahwa Allah memberi cobaan disertai sedikit ketakutan, rasa lapar, dan lainnya. Dan nantinya akan diberikan berita gembira kepada orang-orang sabar yang mendapat keberkatannya.

Penderitaan juga diberikan sebagai pelenyap sifat-sifat buruk yang menempel pada manusia. Hal itu membuktikan betapa besar kecintaan Tuhan kepada hamba-hamba-Nya hingga mau membersihkan sifat buruk manusia ciptaan-Nya.

Semua Penyakit dan Rasa Sakit Ada Obatnya

Di mana ada penyakit pasti ada obat yang bisa meringankan rasa sakitnya. Doa agar cepat sembuh dari sakit juga menjadi obat paling manjur bagi manusia yang sedang menderita akibat penyakitnya.

Penderitaan ialah ujian dari sang Pencipta, Allah ingin menguji seberapa kuat, serta bisakah hamba-Nya melewati kondisi tersebut. Oleh karenanya, kamu harus berusaha memenangkan peperangan dari penyakitnya sehingga bisa dapat ganjaran.

Seperti dalam kitab dijelaskan bahwa setiap penyakit pasti ada obat. Termasuk pada hadist Abu dawud dan darda yang mengatakan bahwa Allah menurunkan penyakit beserta obat-obatan dan menganjurkan manusia untuk berobat.

Saat berobat, kamu akan sembuh, ini bukan dikarenakan obat buatan manusia. Tapi, hal itu dikarenakan Allah memberi izin obat-obatannya memberikan kesembuhan bagi seseorang yang mengkonsumsinya.

Termasuk saat mengamalkan doa agar cepat sembuh dari sakit, ini adalah pertolongan pertama. Namun, sebagai manusia baiknya tidak hanya membaca doa saja, tapi juga berobat kepada ahli agar kembali sembuh.

Setiap penyakit punya obatnya sendiri, apalagi jika obat tersebut cocok dengan penyakitnya. Atas izin Allah, kamu bisa sembuh saat mengkonsumsi obat sesuai anjuran para ahli layaknya dokter di rumah sakit.

Karena akan percuma jika kamu hanya mengamalkan doa-doa supaya cepat sembuh. Berbeda jika kamu pergi berobat, meminum obat, dibarengi dengan membaca doa agar cepat sembuh dari sakit dan diangkat penyakitnya.

Saat mengamalkan hal tersebut, segala penyakit atas izin Allah akan segera pergi. Dengan begitu, kamu bisa sehat serta kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala sebelum terserang penyakit.

Ikhtiar Agar Segera Sembuh Ketika Terserang Penyakit

Saat teman, orang tua, orang yang dicintai, atau bahkan kamu sendiri terserang penyakit tentu sangat menderita. Oleh karenanya, kamu harus berikhtiar dan berusaha agar lekas sembuh dari penyakitnya.

Ikhtiar merupakan sikap berjuang penuh kesungguhan memakai cara-cara serta disesuaikan dengan aturan Islam. Islam mencontohkan umatnya saat ingin mencapai tujuan harus melangsungkan ikhtiar, berdoa, serta bertawakal agar dimudahkan dalam mencapainya.

Ikhtiar bukan hanya diperuntukkan bagi muslim saja, tapi bisa diterapkan oleh seluruh umat beragama lainnya. Salah satu bentuk ikhtiar adalah membaca doa agar cepat sembuh dari sakit saat diberi penyakit.

Seperti sudah dijelaskan, bahwa tidak semua sakit merupakan azab, tapi juga bentuk kecintaan Allah, sehingga harus dinikmati. Salah satu bentuk menikmatinya adalah dengan berikhtiar sambil memohon agar penyakit segera pergi.

Bentuk berikhtiar ada banyak, misalnya saja pergi berobat ke ahlinya. Maksud ahli di sini seperti dokter, mantri, ustad, atau ke manapun asalkan tidak menyalahi aturan dan hukum islam yang berlaku.

Sebagai umat beragama, ada baiknya berikhtiar dengan cara-cara yang benar agar penyakitnya segera diangkat. Saat memakai cara sesat, kamu hanya akan mendapat berbagai penyakit tambahan lainnya.

Bentuk ikhtiar paling mudah adalah mengucapkan doa agar cepat sembuh dari sakit, seperti sudah dicontohkan Rasulullah dahulu. Ada banyak doa-doa yang bisa diucap dan dibaca saat sedang menderita.

Dengan ikhtiar, percaya, serta semangat untuk sembuh, kamu akan cepat mendapat kesembuhan. Berbeda jika tidak berikhtiar, berobat, solat, bahkan malah pergi ke dukun, penyakitnya akan semakin menumpuk, terutama penyakit hati.

Keistimewaan Orang Sakit Menurut Ajaran Islam

Memang semua orang tidak ingin sakit atau kondisi saat tubuh merasa tidak enak untuk melakukan apapun. Saat mengalaminya, kamu mungkin terus menerus mengeluh, bahkan beberapa juga menyalahkan Allah atas penyakitnya.

Saat penyakit datang, beberapa orang bahkan ingin segera mengakhiri hidupnya. Padahal ada keistimewaan yang Allah berikan saat seseorang diberikan penyakit, penderitaan, dan kesengsaraan dalam hidup.

Seperti sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa sakit mampu menghapuskan dosa seorang mukmin. Apalagi, jika orang tersebut mau mengamalkan doa agar cepat sembuh dari sakit, penyakit akan meringan, dosa-dosa akan terhapuskan.

Keistimewaan lain yang dijanjikan adalah pahala besar. Mungkin, kamu biasanya pergi ke masjid untuk solat jamaah, tapi terhalang suatu penyakit. Kamu tetap akan mendapat pahala sama seperti pergi ke masjid.

Penyakit juga mendatangkan pahala-pahala kebaikan bagi umat manusia. Manusia akan diuji kesabarannya, sehingga saat penyakit datang tidak diperkenankan mengeluh dan harus mengamalkan doa agar cepat sembuh dari sakit.

Selanjutnya derajat tinggi di sisi Allah juga menjadi keistimewaan tersendiri yang telah dijanjikan. Seorang manusia yang sedang dalam keadaan sakit, bisa mendapatkan derajat seperti mati syahid saat meninggal akibat penyakitnya.

Terakhir adalah keistimewaan tiket surga, namun ada beberapa persyaratan untuk mendapatkannya. Misalnya seperti bersabar, ikhlas, ikhtiar, serta selalu mengamalkan doa agar cepat sembuh dari sakit.

Adab Berkunjung ke Rumah Orang Sakit

Dalam islam, ada hubungan antara manusia yang bernama Hablum Minannas. Hubungan ini harus dibina karena manusia tidak bisa disangkal sebagai makhluk sosial, sehingga harus hidup berdampingan dengan manusia-manusia lainnya.

Sebagai contoh dari Hablum Minannas yakni berkunjung ke rumah orang sakit. Namun, saat mengunjunginya, ada beberapa etika di mana harus kamu patuhi agar hubungannya semakin erat.

Cara termudah saat mengunjungi kerabat atau teman yakni membacakan doa agar cepat sembuh dari sakit. Sebagian menganggap remeh keajaiban doa, tapi kamu wajib percaya bahwa doa-doalah obat terbaik segala penyakit.

Etika lainnya yakni berpakaian pantas karena dalam islam mengharamkan seseorang mengunjungi orang lainnya dengan pakaian buruk. Berpakaian pantas artinya menutupi aurat baik pria maupun wanita, bukan mahal atau mewah.

Tujuan dari menengok seseorang yang sedang terbaring karena penyakit adalah memberikan dukungan agar percaya diri bisa sembuh. Tidak hanya memberinya semangat, tapi juga dengarkan keluh kesah orang tersebut.

Bawakan juga hadiah untuk mengangkat semangat serta menyenangkan hatinya. Biasanya orang Indonesia akan membawakan buah-buahan saat menjenguk, tidak harus buah, kamu juga bisa bawakan hal lain yang disukainya.

Al-Fatihah sebagai Doa Agar Cepat Sembuh dari Sakit Termanjur

Al-Fatihah jadi salah satu surat yang punya keajaiban khusus apabila dibaca oleh umatnya. Oleh karenanya, surat tersebut wajib dibaca umat muslim saat melaksanakan solat baik wajib maupun sunahnya.

Al-Fatihah juga menjadi kunci saat seseorang minta petunjuk ke jalan yang lurus, juga berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bukan hanya penyakit medis, tapi juga penyakit-penyakit hati manusia.

Mengenai doa agar cepat sembuh dari sakit, hal ini ada dalam hadis Abu Said. Pada hadistnya, Al-Fatihah dipakai untuk menyembuhkan orang tergigit kalajengking di masa Rasulullah SAW.

Memang hanya terdiri dari 7 ayat, namun hal itu tidak bisa dianggap remeh. Masing-masing ayatnya menjadikan surat Al-Fatihah tersebut menjadi pilar dari solatnya orang muslim.

Bukan hanya itu, Al-Fatihah juga merupakan surat dari surga seperti pada hadist Bukhari. Allah menurunkan suratnya sebagai cahaya dari seorang malaikat yang mendekati Nabi SAW.

Ini juga menjadi alasan mengapa setiap berdoa, atau mendoakan seseorang harus dibarengi dengan Al-Fatihah. Hal ini dikarenakan Al-Fatihah bisa menjembatani hubungan manusia dengan penciptanya, sehingga doa-doa akan dikabulkan.

Sebagai umat beragama islam, kamu harus bisa mengamalkan berbagai hal baik yang diajarkan dalam agama. Termasuk juga doa agar cepat sembuh dari sakit meskipun itu adalah penyakit sepele.