Doa agar Cepat Melahirkan dengan Selamat
Doa agar Cepat Melahirkan dengan Selamat

Doa agar Cepat Melahirkan dengan Selamat

Setiap pasangan pasti memiliki kekhawatirannya sendiri di saat proses persalinan berlangsung sehingga doa agar cepat melahirkan sangat dibutuhkan. Berdasarkan data riset, doa atau suatu keyakinan dapat membuat pikiran dan hati menjadi tenang ketika menghadapi cobaan.

Sama halnya ketika calon ibu ingin melalui masa-masa sulit yaitu melahirkan anak. Dengan baca doa, pikiran dan hati bisa kuat untuk menghadapi rasa sakit yang ada. Persalinan butuh beberapa tahap baik itu di masa persiapan, pembukaan serviks hingga proses melahirkan berlangsung.

Kamu perlu meminta perlindungan dan keselamatan pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar diberi kemudahan selama masa persalinan berlangsung. Panjatkan doa agar cepat melahirkan di setiap saat supaya rahmat dan rezeki dari Allah Swt bisa kamu dapatkan.

Berdasarkan prosedur persalinan, calon ibu akan melewati 4 proses selama melahirkan anaknya. Proses pertama pembukaan serviks, dilanjutkan pelebaran serviks, melahirkan bayi dan terakhir tahap penyembuhan. Kamu bisa melantunkan doa berbeda di setiap tahap persalinannya.

Gunakan Ayat Kursi di Awal Persalinan

Menurut sabda Rasulullah SAW ketika istrinya Fatimah sedang melahirkan, doa yang tepat untuk menenangkan istri di masa itu adalah ayat kursi atau surat Al-Baqarah ayat 255. Kamu bisa ikuti jejak Nabi untuk menenangkan istri dengan membaca doa agar cepat melahirkan tersebut.

Ayat Kursi atau Surat Al-Baqarah ayat 255 :

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ ٢٥٥

  1. Allahu laa ilaaha illa Huwal Hayyul Qoyyum; laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum; la huu ma fis samawaati wa maa fil ardh; maan dzalladzii yasyfa’u ‘inda huu; illa bi idznih; ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum; wa laa yuhituuna bisyayim min ‘ilmi hii illa bi maa syaa’; wa si’a kursyyuus samaawaati walardh; wa laa yauudlu huu hifdzuhumaa; wa huwal ‘aliyyul ‘adzim’

Artinya : Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Kuasa dan Hidup lagi terus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak pernah dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia tahu apa yang ada di hadapan dan ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Dengan doa agar cepat melahirkan tersebut, istri bisa merasa tenang menghadapi persalinan. Seperti yang sudah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, kamu bisa membacanya setiap saat. Peran suami sangat penting untuk menguatkan mental istri selama berada di masa ini.

Surat Al-Falaq dan An-Nas di Masa Kontraksi

Pada saat berada di masa kontraksi, calon ibu akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini dikarenakan selaput serviks yang membesar seiring berjalannya waktu. Gejala yang dialami bisa rasa pegal, nyeri, pusing, mual, tekanan di daerah rektum dan mudah kelelahan.

Ketika berada di masa kontraksi, calon ibu bisa membaca dzikir untuk menenangkan pikiran. Doa agar cepat melahirkan lain yang bisa digunakan adalah Surat Al-Falaq dan An-Nas. Kedua surat ini dapat memberi ketenangan batin karena isinya meminta perlindungan dari Allah Swt.

Surat An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ ١ مَلِكِ النَّاسِۙ ٢ اِلٰهِ النَّاسِۙ ٣ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ ٤ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ ٥ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ ٦

Qul a’uzuu birabbiin naaas, Malikinn naas, Ilaahinn naas, Min sharril was waassil khannaaas, Al lazii yuwas wisu fii suduurin naas, Minal jinnati wan naas.

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, raja manusia, sembahan manusia dari kejahatan (setan) pembisik yang bersembunyi yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Doa agar cepat melahirkan dan diberi perlindungan dari Surat Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ ١ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ ٢ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ٣ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ ٤ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ ٥

Qul a’uzuu bi rabbill-falaq, Min sharrii maa khalaq, Wa min sharrii ghasiiqin idza waaqab, Wamin sharin naffaa-thaati fil ‘uqad, Wa min shar ri haasidin iza hasad.

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan yang telah menjaga fajar, dari kejahatan (makhluk) yang Dia ciptakan, dari kejahatan malam hari jika dunia telah gelap gulita, dari kejahatan perempuan-perempuan (penyihir) yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Doa agar Cepat Melahirkan dari Fatimah Istri Rasulullah

Tahap ketiga yaitu melahirkan dimana bayi akan keluar dari rahim calon ibu. Proses melahirkan akan berjalan lebih cepat daripada tahap kontraksi. Di sini ibu harus mendorong bayinya keluar dari rahim dengan masa persalinan 15 sampai 30 menit sesuai kekuatan dorongannya.

Dengan melantunkan doa agar cepat melahirkan, ibu bisa menyiapkan mental dan mempercayai semuanya pada Allah Swt. Fatimah sebagai istri Rasulullah SAW pada saat melahirkan meminta untuk dibacakan surat Al-A’raf ayat 54 yang berisikan kekaguman Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Surat Al-A’raf ayat 54

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ ٥٤

  1. Inna Rabbakkumul laahul lazii khalaqas sammaawaati wal arda fii sittati qiyaamin summmas tawaa ‘alal ‘arshi yughshii lailan nahaara yatlu buhuu hasiisanw washshamsa walqamara wannujuma musakhkharaatim bi amrih; alaa lahul khalqu wal-amr; tabaarakal laahu

Artinya : Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ʻArasy. Dia menutupkan malam pada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk pada perintah-Nya. Ingatlah! Hanya milik-Nyalah segala penciptaan dan urusan. Maha berlimpah anugerah Allah, Tuhan semesta alam.

Tahap Penyembuhan ketika Bayi Sudah Lahir

Setelah melahirkan, ibu bisa beristirahat karena sudah melalui masa-masa yang sulit. Doa agar cepat melahirkan sangat membantu karena istri jadi memiliki sugesti atas perlindungan Allah Swt. Pada saat bayi baru lahir, seorang ayah harus membisikkan bacaan azan ke bayi tersebut.

Azan dari seorang ayah adalah sambutan selamat datang pada bayi yang baru lahir ke dunia ini. Setelah melantunkan azan, ayah juga bisa memberi doa keselamatan pada anak yang baru lahir. Doa keselamatan untuk anak ada di sebagian surat Ali-Imran ayat 36 yang berisi.

وَاِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ ٣٦

  1. wa innii u’iizuhaa bika wa zurriyyatahaa minash Shaitaanir Rajiim

Artinya : “Aku memohon perlindungan-Mu untuknya (bayi) dan anak cucunya dari setan yang terkutuk.”

Diharapkan dengan doa tersebut, anak bisa terhindar dari mara bahaya dan kejahatan. Bagi para orang tua, beberapa doa agar cepat melahirkan di atas digunakan untuk meminta perlindungan dari Allah Swt. Kamu harus tahu bahwa doa-doa itu memiliki makna yang kuat dalam kehidupan.

Beberapa Cara untuk Mempercepat Proses Kontraksi

Dari keempat tahap di atas, masa yang paling sulit adalah kontraksi atau perenggangan serviks sebagai jalur untuk bayi lahir. Selain menjalankan doa di atas, kamu bisa membantu istri untuk mempersiapkan masa persalinan agar lebih cepat dengan cara yang aman.

Berikut ini usaha yang aman dilakukan selain percaya pada doa agar cepat melahirkan :

  1. Membantu Istri Berjalan

Dengan berjalan, kontraksi akan lebih cepat dilakukan karena adanya perenggangan di area serviks. Kamu bisa berjalan bersama istri secara perlahan untuk mempercepatnya. Jalan bisa dilakukan dengan 5 sampai 10 langkah sampai istri tidak kuat merasakan rasa sakitnya.

  1. Makan Kurma

Menurut data penelitian, kurma bisa merangsang ibu hamil untuk lebih cepat perlebar serviks di masa-masa kelahiran. Jadi selain doa agar cepat melahirkan, kamu bisa sediakan kurma untuk camilan atau makan istri agar kontraksi lebih cepat dilakukan.

  1. Berhubungan Seks

Untuk merangsang ibu hamil, hubungan seks bisa dilakukan dengan posisi yang aman. Cara ini dianjurkan dokter untuk membantu istri agar proses persalinannya bisa lebih cepat. Kamu juga harus tahu bagaimana posisi yang tepat agar tidak terjadi infeksi di saluran serviks.

  1. Mandi Air Hangat

Cara lain yang dapat digunakan untuk mempercepat proses kontraksi adalah dengan mandi air hangat. Calon ibu akan mendapatkan rangsangan yang kuat ketika perutnya mendapat kenyamanan. Suhu air yang sesuai akan membantu serviks ke dalam kondisi ternyamannya.

  1. Pijatan

Selain mandi, pijatan juga dapat membantu proses percepatan kontraksi. Membaca doa agar cepat melahirkan adalah usaha dalam bentuk ikhtiar dan tawakal. Sedangkan kelima cara ini merupakan usaha yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tujuan kamu sebagai pasangan.

Makanan Bergizi Setelah Ibu Melahirkan

Setelah selesai melahirkan, ibu juga harus memakan makanan yang bergizi. Selain untuk perbaiki stamina, makanan bergizi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ASI. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu setelah menyelesaikan proses persalinan.

  1. Jeruk

Doa agar cepat melahirkan jadi satu usaha yang diperlukan untuk menjaga kesehatan istri. Namun istri juga butuh sumber vitamin agar energinya bisa kembali pulih. Makan jeruk dan dapatkan vitamin C yang ada di dalamnya untuk mendapatkan energi tambahan.

  1. Kurma

Selain untuk mempercepat proses kontraksi, kurma juga dapat digunakan untuk memulihkan energi dalam tubuh. Istri harus memakan kurma agar kondisinya cepat membaik. Kurma juga dapat mencegah anemia setelah istri kehilangan banyak darah di saat melahirkan.

  1. Susu

Untuk meningkatkan metabolisme tubuh susu juga diperlukan bagi ibu yang baru melahirkan. Kalsium, Vitamin D dan lemak yang ada di dalamnya dapat memulihkan metabolisme. Selain itu, energi juga akan bertambah dengan kandungan yang terdapat di dalam susu.

  1. Sayuran Hijau

Makanan terakhir yang dibutuhkan oleh tubuh setelah melahirkan adalah sayuran dengan kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium dan antioksidan. Dengan memakannya, istri akan cepat kembali sehat karena mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Selama proses persalinan, percaya pada Allah Swt adalah pilihan terbaik. Takdir ada ditangannya sehingga sebagai hamba kita hanya bisa berpasrah saja. Namun jika doa agar cepat melahirkan berhasil membawa istri dan anak selamat, maka langkah selanjutnya ialah menjaganya.