Doa agar Cepat Kontraksi untuk Calon Ibu dan Ayah
Doa agar Cepat Kontraksi untuk Calon Ibu dan Ayah

Doa agar Cepat Kontraksi untuk Calon Ibu dan Ayah

Ketika melahirkan, calon ibu akan merasakan rasa sakit yang sangat luar biasa dan pada saat itu doa agar cepat kontraksi bisa dilantunkan. Pada dasarnya kontraksi di bagi ke dalam beberapa tahapan. Ketika berada di masa itu, calon ibu harus bisa menahan rasa sakit yang dirasakannya.

Dukungan suami sangat penting bagi istri ketika sedang melahirkan anak. Suami juga bisa berdoa pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar istrinya dapat melahirkan dengan selamat. Tidak hanya itu saja, pada proses persalinan suami juga harus berada di dekat istri agar kuat menjalaninya.

Pada saat Fatimah istri Rasulullah SAW ingin melahirkan, bacaan ayat kursi selalu dilantunkan. Kamu sebagai suami juga bisa mengikuti cara nabi untuk menenangkan istri ketika melahirkan. Doa agar cepat kontraksi dengan menggunakan ayat kursi bisa membantu istri tetap tenang.

Selain melantunkan ayat kursi, kamu bisa menenangkan istri sembari membaca doa lainnya. Hal ini akan membuat proses persalinan jadi terasa cepat karena adanya lantunan doa tersebut. Jika berada di masa kritis, berdoalah agar istri dan anak diberi keselamatan semasa persalinan.

Lantunkan Doa agar Cepat Kontraksi di Masa Persiapan

Ketika melahirkan, calon ibu akan melewati tahap pertama yaitu Prodomal Labor. Di tahap ini, area serviks akan mengikuti perubahan menjelang bayi melahirkan. Perubahan seperti serviks melunak, merenggang, bergerak dan mulai membuka untuk bayi akan terjadi.

Pada tahap ini, calon ibu akan merasakan beberapa gejala seperti pegal dan tertekan di bagian perut bawah. Kontraksi berlangsung secara tidak teratur karena tubuh sedang bersiap-siap. Doa agar cepat kontraksi bisa dipanjatkan untuk meraih ketenangan bagi calon ibu.

Dengan membaca ayat kursi, dzikir dan asmaul husna, calon istri bisa meraih ketenangan. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan Fatimah untuk berdoa ketika berada di tahap ini. Kondisi tubuh yang tidak menentu akan menimbulkan rasa pegal, tertekan dan nyeri.

Namun jika dilalui dengan berdoa, calon ibu bisa merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Tahap ini sebenarnya bisa membutuhkan waktu berjam-jam hingga berhari-hari. Oleh sebab itu. Doa agar cepat kontraksi perlu dilantunkan untuk mempersiapkan diri ke tahap selanjutnya.

Tidak hanya calon ibu saja, kerabat lain seperti orang tua, suami, saudara dan rekan juga bisa mendoakan keselamatan ibu serta bayi di dalam kandungannya. Dengan memanjatkan doa-doa yang membantu proses persalinan, calon ibu bisa tenang ketika bersiap ke tahap kontraksi.

Tahap Awal Kelahiran Calon Ibu Bayi Laten Phase

Di tahap ini, serviks akan mengalami pembukaan yang lebih besar. Waktu yang dibutuhkan untuk meraih pembukaan biasanya hanya membutuhkan beberapa jam saja. Di tahap ini kontraksi akan lebih kuat dan teratur karena bayi sudah berusaha ingin keluar.

Kamu bisa membaca lafal doa agar cepat kontraksi dalam surat Al-Falaq dan surat An-Nas. Kedua surat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar dibaca ketika berada di masa persalinan. Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas memiliki makna khusus untuk mendapatkan keselamatan.

Surat Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ ١ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ ٢ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ٣ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ ٤ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ ٥

Qul a’uzuu bi rabbil-falaq, Min sharri ma khalaq, Wa min sharrii ghasiqin iza waqab, Wamin sharin naffaa-thaati fil ‘uqad, Wa min shar ri haasidin iza hasad.

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan yang (menjaga) fajar (subuh), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dari kejahatan perempuan-perempuan (penyihir) yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Doa agar cepat Kontraksi dari Surat An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ ١ مَلِكِ النَّاسِۙ ٢ اِلٰهِ النَّاسِۙ ٣ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ ٤ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ ٥ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ ٦

Qul a’uzu birabbin naas, Malikin naas, Ilaahin naas, Min sharril was waasil khannaas, Al lazi yuwas wisu fii suduurin naas, Minal jinnati wan naas.

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, raja manusia, sembahan manusia dari kejahatan (setan) pembisik yang bersembunyi yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Tahap Pertama Kontraksi Fase Aktif

Ketika sudah berada di tahap pertama, kontraksi akan terasa semakin kuat. Membaca doa agar cepat kontraksi surat Al-Falaq, An-Nas, ayat kursi dan dzikir akan membantu istri untuk kuat. Di tahap ini area serviks calon ibu akan melebar secara cepat dalam hitungan jam.

Rasa sakitnya bisa membuat punggung terasa nyeri dan pola pernapasan menjadi tidak teratur. Calon ibu butuh pengecekan berkala oleh Dokter Persalinan agar kondisinya terpantau. Suhu, denyut nadi, tekanan darah dan pola pernafasan akan diperhatikan secara terus menerus.

Bacaan ayat kursi atau Surat Al-Baqarah ayat 255 bisa membantu Istri untuk tetap tenang. Doa agar cepat kontraksi dalam surat Al-Baqarah ayat 255.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ ٢٥٥

  1. Allahu laa ilaaha illa Huwal Hayyul Qoyyum; laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum; la huu ma fis samawaati wa maa fil ardh; maan dzalladzii yasyfa’u ‘inda huu; illa bi idznih; ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum; wa laa yuhituuna bisyayim min ‘ilmi hii illa bi maa syaa’; wa si’a kursyyuus samaawaati walardh; wa laa yauudlu huu hifdzuhumaa; wa huwal ‘aliyyul ‘adzim’

Artinya : Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi terus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia tahu apa yang ada di hadapan dan ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Tahap Kedua dan Doa agar Cepat Kontraksi

Di tahap kedua, bayi sudah siap keluar karena kepalanya berada di area vagina. Ketika berada di fase ini, calon ibu akan merasakan tekanan yang luar biasa di area rektum. Biasanya gejala yang dirasakan oleh calon ibu adalah gelisah, marah, mual, emosi tidak teratur dan gemetar.

Tugas suami di sini adalah menenangkannya dengan membaca doa agar cepat kontraksi. Pada saat Fatimah ingin melahirkan, Rasulullah SAW diminta untuk membacakan doa dalam surat Al-A’raf ayat 54. Dalam surat ini terdapat makna yang luar biasa mengenai kehidupan manusia.

Surat Al-A’raf ayat 54

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ ٥٤

  1. Inna Rabbakkumul laahul lazii khalaqas sammaawaati wal arda fii sittati qiyaamin summmas tawaa ‘alal ‘arshi yughshii lailan nahaara yatlu buhuu hasiisanw washshamsa walqamara wannujuma musakhkharaatim bi amrih; alaa lahul khalqu wal-amr; tabaarakal laahu

Artinya : Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ʻArasy. Dia menutupkan malam pada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk pada perintah-Nya. Ingatlah! Hanya milik-Nyalah segala penciptaan dan urusan. Maha berlimpah anugerah Allah, Tuhan semesta alam.

Tahap Ketiga Melahirkan Anak

Pada dasarnya tahap ini adalah puncak dari kontraksi karena anak akan melahirkan. Calon ibu di tahap ini harus kuat ketika mendorong keluar dari vagina. Tugas suami adalah menenangkan istri dengan bacaan-bacaan doa agar cepat kontraksi ketika sedang merasakan rasa sakit.

Calon ibu akan merasakan peregangan yang panas dan menyengat. Lamanya masa kontraksi bisa memakan waktu di kisaran 15 sampai 30 menit. Menurut kaidah Islam, setelah melahirkan anak harus di bisikkan dengan suara Azan melalui kuping kanan oleh ayahnya.

Setelah melantunkan azan, ayah dari anak tersebut bisa melanjutkan doa

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

“Allahummaj’alhu barran taqiyyan rasyiidan wa-anbit-hu fil islaami nabaatan hasanan”

Artinya : “Ya Allah Yang Maha Kuasa, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa dan cerdas. Tumbuhkanlah ia (bayi) dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik atas karuniamu”

Tahap Penyembuhan Ibu dari Bayi yang Baru Lahir

Membaca doa agar cepat kontraksi adalah bagian dari upaya menjaga keselamatan istri dan anak dengan mukjizat Allah Swt. Setelah masa kontraksi dan persalinan berakhir, tahap terakhir adalah proses penyembuhan. Bayi yang baru lahir bisa dipegang ibu sebagai bentuk kasih sayang.

Sebagai ucapan selamat, kamu bisa menggunakan sebagian surat Ali-Imran ayat 36

وَاِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ ٣٦

  1. wa innii u’iizuhaa bika wa zurriyyatahaa minash Shaitaanir Rajiim

Artinya : “Aku memohon perlindungan-Mu untuknya (bayi) dan anak cucunya dari setan yang terkutuk.”

Tentu saja ada banyak doa agar cepat kontraksi yang bisa kamu gunakan selama masa persalinan berlangsung. Namun kesehatan istri dan anak juga harus diperhatikan ketika masa melahirkan. Gunakan doa berikut ini untuk meminta perlindungan dari Allah Swt agar anak dan istri aman.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

“A’uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syaithaanin wa naammatin wamin ‘ainin laammatin”

Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang Maha Kuasa dari segala setan, kesusahan dan pandangan yang jahat”

Dengan rahmat Allah Swt yang Maha Kuasa, kamu harus bersyukur atas kelahiran bayi tersebut. Rasa syukur harus selalu dipanjatkan agar keluarga besar selalu diberi kesehatan dan terhindar dari mara bahaya. Beberapa doa di atas bisa kamu lantunkan secara terus menerus.

Doakan kesehatan bayi dan ibu setelah masa persalinan selesai dilakukan. Ajak orang tua, teman dan para kerabat lainnya untuk melantunkan doa agar cepat kontraksi supaya calon ibu bisa tenang menghadapi rasa sakit yang dirasakan selama berada di masa persalinan.