Doa agar Cepat Haid Menurut Islam Disertai Usaha
Doa agar Cepat Haid Menurut Islam Disertai Usaha

Doa agar Cepat Haid Menurut Islam Disertai Usaha

Percayakan semua kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan doa agar cepat haid menurut Islam sebenarnya sah-sah saja. Dalam ajaran umat Islam, ada yang dinamakan Iman pada Qhada dan Qadar. Iman merupakan wujud dalam diri kita untuk mempercayai suatu hal.

Sedangkan Iman pada Qhada dan Qadar ialah mempercayakan semua urusan kita kepada Allah Swt. dengan sepenuh hati. Pada dasarnya, Qadha dan Qadar memiliki definisinya masing-masing. Kamu harus tahu hal ini agar tidak mudah cemas ketika menghadapi suatu permasalahan.

Masalah seperti telat haid, sulit haid atau tidak beratur jadwal haidnya pasti ada jalan keluarnya. Baik itu dengan doa agar cepat haid menurut Islam, aktivitas sehari-hari, pola makan hingga jenis makanan yang dikonsumsi, semua bisa membantumu untuk mempercepat proses haid.

Dengan percaya pada takdir Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kamu akan memiliki hati yang tenang. Jika hatinya tenang, setiap masalah dapat diselesaikan dengan pikiran jernih. Masalah pada haid sekalipun bisa disembuhkan jika kamu tidak panik saat menghadapi permasalahannya.

Hukum Doa Agar Cepat Haid Menurut Islam

Telat haid atau jarang menstruasi jadi masalah kesehatan yang dirasakan oleh kaum perempuan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan gejala ini muncul dan stres adalah salah satunya. Jika kamu stres, hormon dalam tubuh bisa terpengaruh dan frekuensi haid menjadi berubah.

Oleh karena itu, usahakan untuk tetap tenang di segala kondisi dengan bersandar diri pada Allah Swt. Doa agar cepat haid menurut Islam bisa kamu gunakan untuk menenangkan diri sendiri. Hal ini juga membantumu untuk menjalankan rukun iman yang ke 6 yaitu percaya Qadha dan Qadar.

Qadha bisa didefinisikan sebagai segala ketentuan Allah Swt. yang sudah memiliki kehendaknya sendiri. Lalu Qadar didefinisikan sebagai wujud dari kehendak Allah Swt. berdasarkan ketentuan-ketentuannya. Secara tidak langsung kamu harus percaya pada takdir dari definisi tersebut.

Jika kamu menghadapi masalah, anggap saja hal itu sudah jadi jalan yang harus ditempuh karena Allah Swt. menghendakinya. Sebelum memahami isi doa agar cepat haid menurut Islam, kamu perlu melihat Surat Al-A’la ayat 1 sampai 3 mengenai Takdir Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Surat Al-A’la ayat 1 – 3 beserta terjemahannya :

سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْاَعْلَىۙ ١

  1. Sabbihisma rabbikal-a’la

Artinya : Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi

الَّذِيْ خَلَقَ فَسَوّٰىۖ ٢

  1. Allazi khalaqa fa sawwa

Artinya : yang menciptakan, lalu menyempurnakan (ciptaan-Nya)

وَالَّذِيْ قَدَّرَ فَهَدٰىۖ ٣

  1. Wallazi qaddara fa hada

Artinya : yang menentukan Qadar (masing-masing) dan memberi petunjuk

Dengan memahaminya, kamu bisa lihat bahwa takdir setiap orang sudah ada yang menentukan. Jadi ketika kamu mengalami kesulitan, stres lalu frekuensi haid berkurang, maka itu sudah jadi bagian dari takdir. Cara menangannya adalah dengan berdoa dan terus berusaha maksimal.

Surat dan Doa agar Cepat Haid Menurut Islam

Kondisi tubuh seseorang memang banyak disebabkan oleh aktivitas sehari-hari. Pekerjaan, pola makan, jam tidur hingga stres dapat memperburuk kondisi hormon wanita. Untuk memperlancar frekuensi haid, kamu bisa membaca surat Al-Anbiya ayat 84 mengenai penyakit.

Surat Al Anbiya ayat 84 :

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ فَكَشَفْنَا مَا بِهٖ مِنْ ضُرٍّ وَّاٰتَيْنٰهُ اَهْلَهٗ وَمِثْلَهُمْ مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا وَذِكْرٰى لِلْعٰبِدِيْنَ ۚ ٨٤

Doa agar cepat haid menurut Islam

  1. Fastajabnaa lahuu fakashaf naa maa bihii min durrinw wa aatainaahu ahlahuu wa mislahum ma’ahum rahmatam min ‘indinaa wa zikraa lil’aabidiin

Artinya : Maka, Kami mengabulkan (doa)-Nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya, Kami mengembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami) melipatgandakan jumlah mereka sebagai suatu rahmat dari Kami dan pengingat semua yang menyembah Kami.

Pentingnya Doa Disertai dengan Usaha

Dengan segala rahmat dan mukjizatnya, penyakitmu bisa hilang seiring berjalannya waktu. Tapi di sisi lain, kamu juga tidak bisa mengandalkan doa agar cepat haid menurut Islam itu begitu saja. Kamu harus berusaha lebih untuk menyelesaikan masalah dan mendapat kesehatan.

Islam tidak mengajarkanmu untuk bergantung pada doa tanpa adanya usaha. Oleh sebab itu, dari sekarang cobalah untuk hidup sehat sebagai bagian dari usaha agar haid tetap lancar. Di dalam ajaran Islam, kamu juga harus memahami pentingnya berikhtiar dan bertawakal .

Ikhtiar didefinisikan sebagai niat atau upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jika kamu tidak bersungguh-sungguh dalam menjalani sesuatu, maka hasilnya juga tidak akan sepantas. Di sisi lain masih ada tawakal yang harus kamu lakukan ketika berserah diri.

Tawakal adalah sebuah keyakinan bahwa Allah Swt. akan memberi jawaban terbaiknya. Dengan adanya tawakal dan ikhtiar, usaha kamu untuk tetap sehat tidak akan sia-sia. Doa agar cepat haid menurut Islam juga membantumu percaya pada semua jalan yang diberikan Allah Swt.

Sesuai dalam kandungan Surat Ar-Ra’d ayat 11 mengenai Usaha

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ ١١

Lahuu mu’aqqibaatum mim balni ya daihi wa min khalfihii yahfazuunahuu min amril laah; innal laaha laa yughaiyiru maa biqawmin hatta yughaiyiruu maa bianfusihim; wa izaaa araadal laahu bi qawmin suuu’an falaa maradda lah; wa maa lahum min duunihiiminw waal

Artinya : Baginya (manusia) ada (malaikat-malaikat) yang menyertainya secara bergiliran dari depan dan belakang yang menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Perlancar Haid dengan Pola Hidup Sehat

Bagi kaum perempuan agar tidak telat haid, kamu bisa menjalankan pola hidup sehat sejak dini. Jika belum terbiasa, kamu bisa melakukannya secara perlahan-lahan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjalani pola hidup sehat setiap hari.

  1. Makan Sehat

Makanlah makanan yang sehat dan bergizi setiap hari agar tubuh tetap fit. Daging, sayur dan buah disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat. Jangan lupa juga untuk doa agar cepat haid menurut Islam agar kamu terhindar dari segala penyakit.

  1. Tidak Begadang

Sekarang ini begadang jadi aktivitas yang biasa dilakukan oleh anak jaman sekarang. Padahal sebenarnya aktivitas tersebut sangat membebani kondisi tubuh. Untuk perempuan, hormon dan kesehatannya terganggu jika terlalu sering begadang.

  1. Tidak Memaksa Diri

Ketika bekerja dan tidak ingat waktu, tubuh akan mudah lelah sehingga menjadi tidak fit. Hal ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Untuk menjaga kesehatan, kamu tidak boleh memaksakan diri dan istirahatlah yang cukup agar kondisi tubuhnya tidak drop.

  1. Minum Suplemen dan Vitamin

Tambahan lain setelah menerapkan pola makan sehat adalah suplemen dan vitamin. Kondisi tubuhmu akan tetap terjaga ketika menggunakan suplemen atau vitamin. Frekuensi haid bisa lebih lancar jika kamu memperhatikan kondisi tubuhmu dengan seksama.

  1. Berolahraga

Aktivitas selain doa agar cepat haid menurut Islam yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga kecil jika memang belum terbiasa melakukannya. Lakukan hal ini setiap hari agar kondisi tubuh tetap sehat dan frekuensi haid bisa diperlancar.

  1. Berkebun

Aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk menyehatkan tubuh adalah dengan berkebun. Di sini kamu bisa menggerakkan tubuh dan berkeringat. Dengan begitu, tubuh akan sehat dan tetap fit karena digunakan untuk bergerak sepanjang waktu.

  1. Makan Camilan Sehat

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah makan camilan sehat. Jika memakannya, mood kamu bisa meningkat sehingga tidak mudah stres. Selain itu, tubuh juga akan sehat dan tetap fit karena kamu sudah memakan camilan yang menyehatkan.

Rekomendasi Makanan yang Percepat Proses Haid

Makanan sehat jadi salah satu prioritas untuk mempercepat proses haid. Selain doa agar cepat haid menurut Islam, makan juga bisa dilakukan secara bertahap. Berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi agar kondisi tubuh sehat dan haidnya lancar.

  1. Nanas

Salah satu buah yang memiliki enzim bromelain ini dapat kamu gunakan untuk memperlancar proses haid. Enzim tersebut dapat bekerja sebagai anti bakteri dan meredakan peradangan. Biasanya, peradangan jadi salah satu penyebab haid menjadi terlambat keluar.

  1. Kunyit

Jamu atau olahan yang terbuat dari kunyit bisa membantu memperlancar haid. Kandungan estrogen dan progesteron dapat merangsang aliran di darah kamu. Khususnya untuk daerah pinggul dan rahim agar sehat sehingga cairan haid bisa keluar.

  1. Pepaya

Orang desa, selain doa agar cepat haid menurut Islam juga menggunakan pepaya agar tetap sehat. Dengan memakan pepaya, enzim estrogennya dapat memperlancar cairan haid. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin, kondisi rahim bisa dipastikan sehat.

  1. Kacang Kedelai

Ternyata kacang kedelai juga memiliki enzim estrogen yang dapat memperlancar haid. Kamu bisa mengonsumsi olahan kacang kedelai agar tubuh fit. Olahan tempe juga bisa digunakan karena di dalamnya menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utama.

  1. Jahe

Karena menghangatkan, jahe ternyata juga bisa memperlancar haid dan menyehatkan tubuh. Dengan kandungannya, kamu bisa memperbaiki kondisi suhu dalam tubuh. Olahan jahe juga bisa kamu konsumsi selama masih terasa efek dan khasiatnya.

Hal Lain yang Diperhatikan untuk Memperlancar Haid

Selain berolahraga dan memakan makanan sehat di atas, kamu juga harus memperhatikan mood atau mental. Terkadang, wanita selalu mempermasalahkan suatu hal sehingga moodnya menjadi terganggu. Mood yang turun akan membuat hormon terganggu dan haid jadi terhalang.

Untuk mengatasinya, kamu tidak boleh emosi ketika sedang beraktivitas atau melakukan suatu hal. Ingat selalu pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar tetap tenang saat menyelesaikan masalah. Berdoa dan Shalat jadi jawaban terbaik untuk menenangkan pikiran kamu sendiri.

Jangan lupa doa agar cepat haid menurut Islam saat menjalankan aktivitas-aktivitas tersebut. Jika kamu masih belum yakin, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut. Kesehatan tubuh harus selalu dikontrol dengan membawanya ke dokter atau puskesmas.

Biasanya masalah kesehatan juga mempengaruhi kondisi tubuh sehingga haid jadi telat. Minum obat yang dianjurkan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selama ada jalan, kamu bisa sembuh dengan terus percaya pada takdir Allah Swt.

Berdoa dan jalankan aktivitas baik agar haid bisa kembali lancar atas izin Allah Swt. Perhatikan pantangan yang harus dihindari agar usahamu untuk tetap sehat tidak sia-sia. Bacalah doa agar cepat haid menurut Islam jika mood terasa buruk dan sedang merasa cemas.