Doa Ad Dhuha dan Artinya
Doa Ad Dhuha dan Artinya

Doa Ad Dhuha dan Artinya

Doa ad dhuha adalah salah satu doa sunnah yang biasa dibaca setelah shalat fardhu. Doa ini merupakan doa yang bisa dibaca dari waktu pagi hingga waktu dhuha. Doa ad dhuha selain mudah diingat juga berisi kalimat-kalimat yang bermakna. Berikut adalah doa ad dhuha beserta artinya.

Doa Ad Dhuha Arab dan Latin

Doa ad dhuha dalam bahasa arabnya adalah التَّحِيَّاتُ لِيَوْمِ الْجُمُعَةِ وَالأَحْدِ (At-tahiyyatu lillahi wa salawatu wat tayyibatu. Assalamu alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh). Dalam bahasa latinnya doa tersebut adalah “At-Tahiyyatu lillahi wa salawatu wat tayyibatu, assalamu alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh”.[1]

Doa Ad Dhuha dan Artinya

Doa ad dhuha berbunyi “الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ نَحْيَا وَبِعَذَابِهِ نَمُوتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (Alhamdulillahilladzi bini’matihi nahya wa bi’adzabihi namuutu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir)”. Artinya doa ad dhuha adalah “Segala puji bagi Allah yang dengan rahmat-Nya kami hidup dan dengan azab-Nya kami mati dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”.[2]

Keutamaan Doa Ad Dhuha

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya ada sebuah doa yang di dengar Allah, ia adalah doa yang dibaca di antara waktu dhuha dan akhir dari waktu dhuha”.[3] Doa ad dhuha termasuk salah satu doa yang disyariatkan untuk dibaca setelah shalat fardhu. Selain itu, doa ini juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Doa ini dijamin oleh Allah Swt untuk dikabulkan dan membawa berkah bagi orang yang membaca doa tersebut.

Tata Cara Membaca Doa Ad Dhuha

Ada beberapa tata cara yang harus diikuti saat membaca doa ad dhuha. Pertama, siapkan diri dengan berwudhu. Wudhu merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan setiap kali melaksanakan shalat. Kedua, baca doa ad dhuha setelah shalat fardhu. Bacaan haruslah disertai dengan niat yang ikhlas dan kerinduan kepada Allah Swt. Ketiga, berdoalah dengan khusyuk dan tasbih. Terakhir, tutup dengan doa selamat yang diawali dengan kalimat الحَمْدُ للهِ (Alhamdulillah).

Kesimpulan

Doa ad dhuha merupakan salah satu doa sunnah yang dibaca setelah shalat fardhu. Doa ini dijamin oleh Allah Swt untuk dikabulkan dan membawa berkah bagi orang yang membaca doa tersebut. Karena itu, kita sebagai hamba Allah Swt harus rutin membaca doa ad dhuha setiap hari. Semoga Allah Swt selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Referensi

[1] https://www.arabic-course.com/doa-ad-dhuha-arab-latin/
[2] https://www.kabardunia.com/makna-doa-ad-dhuha-dan-keutamaannya/
[3] https://hadits-hadits.blogspot.com/2013/01/keutamaan-doa-ad-dhuha.html