Daftar Doa Sesudah Salat Dhuha dan Artinya
Daftar Doa Sesudah Salat Dhuha dan Artinya

Daftar Doa Sesudah Salat Dhuha dan Artinya

Salat dhuha adalah salat sunnah yang dilakukan di waktu pagi sebelum matahari terbit. Doa-doa yang biasa dibaca setelah melaksanakan salat dhuha cukup beragam. Ini karena doa-doa yang dibaca setelah salat dhuha ini adalah doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Tidak hanya itu, doa-doa ini juga dapat diambil dari Al-Quran dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW.

Di bawah ini adalah daftar doa yang dibaca setelah salat dhuha beserta artinya, yaitu:

1. Doa Sesudah Salat Dhuha dari Al-Quran

Doa pertama yang dapat anda baca setelah salat dhuha adalah dari ayat Al-Quran. Salah satu ayat yang biasa diambil untuk doa sesudah salat dhuha adalah ayat berikut:

“Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (QS. Al-Baqarah: 201)

Artinya, “Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka”. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah SWT memberikan kita kebaikan di dunia dan di akhirat. Selain itu, kita juga berharap agar Allah SWT melindungi kita dari siksa neraka.

2. Doa Rasulullah SAW Sesudah Salat Dhuha

Selain berdoa dengan ayat-ayat Al-Quran, kita juga dapat berdoa dengan doa-doa yang pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW. Salah satu doa yang biasa dibaca sesudah salat dhuha adalah doa berikut:

“Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat, yang mengerjakan shalat, yang menyantuni kerabat, dan yang sedang berusaha untuk mendapatkan ampunan-Mu”. (HR. Al-Bukhari)

Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat, yang mengerjakan shalat, yang menyantuni kerabat, dan yang sedang berusaha untuk mendapatkan ampunan-Mu”. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah SWT membimbing kita untuk selalu bertaubat, mengerjakan shalat, menyantuni orang lain, dan berusaha untuk mendapatkan ampunan-Nya.

3. Doa yang Disampaikan oleh Para Sahabat Nabi SAW

Selain berdoa dengan doa-doa Rasulullah SAW, kita dapat juga berdoa dengan doa-doa yang disampaikan oleh para sahabat Nabi SAW. Salah satu doa yang biasa dibaca sesudah salat dhuha adalah doa berikut:

“Ya Allah, berikanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami, dan berilah kami kesabaran dan kemudahan dalam segala hal”. (HR. Abu Dawud)

Artinya, “Ya Allah, berikanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami, dan berilah kami kesabaran dan kemudahan dalam segala hal”. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah SWT memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita, serta memberikan kesabaran dan kemudahan kepada kita dalam segala hal.

4. Doa yang Dituliskan oleh Ulama

Selain berdoa dengan doa-doa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, kita juga dapat berdoa dengan doa-doa yang dituliskan oleh ulama. Salah satu doa yang biasa dibaca sesudah salat dhuha adalah doa berikut:

“Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku orang yang selalu mengingat-Mu”. (Karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)

Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku orang yang selalu mengingat-Mu”. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah SWT membimbing kita untuk selalu bertawakkal kepada-Nya, serta selalu mengingat-Nya.

5. Doa Lain yang Bisa Anda Baca Setelah Salat Dhuha

Selain doa-doa di atas, masih ada banyak doa lain yang dapat anda baca setelah melaksanakan salat dhuha. Di antaranya adalah doa berikut:

“Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang bersyukur, yang mengingat mati, yang mengerjakan kebaikan, yang berusaha untuk menjaga diri dari perbuatan dosa”. (Karya Syaikh Ibnu Utsaimin)

Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang bersyukur, yang mengingat mati, yang mengerjakan kebaikan, yang berusaha untuk menjaga diri dari perbuatan dosa”. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah SWT membimbing kita untuk selalu bersyukur kepada-Nya, mengingat mati, mengerjakan kebaikan, dan berusaha untuk menjaga diri dari perbuatan dosa.

Kesimpulan

Doa-doa yang dibaca setelah salat dhuha bisa berasal dari Al-Quran, hadits-hadits Nabi Muhammad SAW, para sahabat Nabi SAW, maupun doa-doa yang dituliskan oleh ulama. Semua doa ini memiliki arti yang baik, yaitu berharap agar Allah SWT memberikan kebaikan di dunia dan di akhirat, melindungi kita dari siksa neraka, membimbing kita untuk bertaubat, mengerjakan shalat, menyantuni kerabat, mendapatkan ampunan-Nya, memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya, memberikan kesabaran dan kemudahan dalam segala hal, mem