Daftar Doa Sebelum Makan dan Minum beserta Artinya
Daftar Doa Sebelum Makan dan Minum beserta Artinya

Daftar Doa Sebelum Makan dan Minum beserta Artinya

Umat muslim di seluruh dunia memiliki kebiasaan untuk mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan. Doa ini dilafalkan untuk meminta kepada Allah SWT rahmat dan berkatNya dalam makanan dan minuman yang kita makan. Selain itu, doa sebelum makan dan minum juga bertujuan untuk mengingatkan kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan kita rezeki dan makanan.

Doa sebelum makan dan minum juga memiliki arti yang mendalam. Menurut hadits dari Nabi Muhammad SAW, umat muslim diwajibkan untuk mengucapkan doa sebelum makan dan minum. Di dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa barang siapa yang mengucapkan doa sebelum makan dan minum, maka Dia akan dijauhkan dari godaan setan. Berikut ini beberapa doa sebelum makan dan minum beserta artinya.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar makanan yang kita makan dapat memberikan kesehatan dan kekuatan bagi kita. Berikut ini beberapa doa sebelum makan yang biasa dilafalkan oleh umat muslim:

1. Doa dalam Bahasa Arab

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِBismillahirrahmanirrahim

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

2. Doa dalam Bahasa Arab

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Alhamdulillahi alladzi at’amanaa wa saqoanaa wa ja’alnaa minal muslimin

Artinya: Segala puji bagi Allah Yang telah memberi makanan dan minuman kepada kami dan yang telah menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri (muslim).

3. Doa dalam Bahasa Arab

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِAllahumma barik lanaa fiima razaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa api neraka.

Doa Setelah Makan

Doa setelah makan adalah doa yang biasa dilafalkan untuk berterima kasih kepada Allah SWT atas makanan dan minuman yang telah diberikan. Berikut ini beberapa doa setelah makan yang biasa dilafalkan oleh umat muslim:

1. Doa dalam Bahasa Arab

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانَا وَأَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَشَكَرْنَا
Alhamdulillahilladzi kasanaa wa aṭ’amanaa wa saqoanaa wa syakarona

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami pakaian, makanan dan minuman serta mengabadikan syukur kami.

2. Doa dalam Bahasa Arab

اللَّهُمَّ أَجْرْنِي مَا أَطْعَمْتَنِي وَأَسْقَطْنِي وَشَكَرْتُ لَكَ
Allahumma ajirni ma at’matani wa asqotni wa shakartu laka

Artinya: Ya Allah, berilah aku balasan atas makanan yang telah Engkau berikan kepadaku dan minuman yang telah Engkau berikan kepadaku dan aku bersyukur kepadaMu.

3. Doa dalam Bahasa Arab

اللَّهُمَّ أَطْعِمْنِي مَا بَطَّنْتَنِي وَسَقِّنِي مَا سَقَّيْتَنِي وَشِفْ عَافِيَتِي
Allahumma aṭ’imni ma battaantani wa saqqini ma saqqaytani wa shif ‘aafiyaati

Artinya: Ya Allah, berilah aku makanan yang Engkau beri kepadaku dan berilah aku minuman yang Engkau beri kepadaku dan sembuhkan penyakitku.

Kesimpulan

Doa sebelum dan sesudah makan merupakan salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan oleh umat muslim. Doa ini memiliki arti yang mendalam dan Nabi Muhammad SAW telah menyatakan bahwa barang siapa yang mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan, maka ia akan dijauhkan dari godaan setan. Dengan mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan, kita juga berterima kasih kepada Allah SWT atas rahmat dan berkat-Nya.