Mengenal Barakallah Fii Umrik dari Artinya hingga Cara Jawabnya
Mengenal Barakallah Fii Umrik dari Artinya hingga Cara Jawabnya

Mengenal Barakallah Fii Umrik dari Artinya hingga Cara Jawabnya

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan ucapan barakallah fii umrik yang bisa disampaikan kepada teman dengan agama muslim. Sebagai manusia, kita harus memiliki rasa saling menghargai serta menghormati jika ada saudara yang merayakan hari kelahiran.

Hari ulang tahun dalam islam sebenarnya tidak boleh dirayakan. Sebab, saat hari ulang tahun, umur kita otomatis berkurang satu tahun dan lebih dekat dengan kematian. Hal yang harus dilakukan adalah memperbaiki iman dan takwa, bukan merayakan hari-hari terakhir.

Jika dalam sebuah ulang tahun kamu mendapatkan undangan, maka wajib hukumnya untuk memenuhi undangan tersebut, dan ucapan barakallah fii umrik menjadi hal yang sangat rumlah dalam sebuah ulang tahun. Ucapan tersebut pengganti selamat ulang tahun.

Dengan mendatangi acara kelahiran atau ulang tahun, Kamu bisa berharap dan berdoa kepada Allah SWT agar orang yang sedang berulang tahun mendapatkan keselamatan, keberkahan serta kelancaran dalam segala urusan di dunia maupun di akhirat.

Ucapan barakallah fii umrik ditulisan dalam bahasa arab, sehingga artinya dapat menjadi doa bagi mereka yang sedang merayakan hari kelahiran. Jadi, bukan hanya sekedar ucapan selamat hari ulang tahun saja. Hal tersebut bisa ditiru dan diamalkan sebagai doa.

Pengertian Barakallah Fi Umrik agar Lebih Mudah Dipahami

Ucapan tersebut menjadi sangat populer khususnya pada kaum muslim dalam menghadari berbagai acara syukuran hari ulang tahun rekannya. Dengan memiliki tujuan yang baik, yaitu mengharapkan ridho dan keberkahan dari Allah, maka hukumnya menjadi baik.

Pada umumnya, barakallah fii umrik biasa diperuntukkan oleh orang yang sedang ulang tahun atau melahirkan bayi yang baru lahir. Ucapan tersebut memiliki tujuan agar memohon kepada Allah SWT agar rekan yang sedang berulang tahu bisa diberikan keberkahan selama masa hidupnya.

Kalimat tersebut memiliki banyak pengertian seperti semoga Allah SWT memberkahi umurmu, semoga Allah SWT memberkahi usiamu, semoga Allah SWT memberkahi hari kelahiranmu, semoga Allah Swt Memberkahi Kehidupanmu. Berbagai kalimat tersebut diharapkan bisa menjadi doa.

Mengucapkan selamat ulang tahun akan terasa kurang, jika tidak dilengkapi dengan doa. Maka dari itu, kamu bisa mengganti ucapan selamat ulang tahun dengan barakallah fii umrik agar bisa tersampaikan sekaligus dengan doa yang dipanjatkan oleh hati yang paling dalam.

Perlu menjadi perhatian, bahwa ucapan atau kalimat tersebut bisa berlaku untuk siapa saja dengan segala usia. Jadi, bukan hanya untuk orang dewasa saja. Ucapan tersebut akan menjadi doa bagi yang menyebutkannya dengan memohon ridho Allah.

Ucapan Barakallah Fii Umrik di Dalam Islam

Jika berbicara mengenai hukum, tentu saja ucapan tersebut harus memiliki dalil yang kuat agar setiap orang bisa percaya dan tidak sembarangan dalam menggunakan kalimat tersebut. perlu menjadi perhatian, bahwa kalimat tersebut memiliki pengertian yang sangat bagus.

Sehingga dapat cocok jika diucapkan kepada orang yang sedang merayakan hari ulang tahun. Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk mendoakan sesame umat muslim dan yang lainnya. Sehingga kalimat yang mengandung doa tidak dilarang atau sangat baik untuk diucapkan.

Sebagaimana Rasulullah bersabda doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa diketahui merupakan doa mustajabah. Pada atas kepala ada malaikat yang telah diutus. Sehingga pada setiap kali doa kebaikan untuk saudara tersebut terucap, maka malaikat membantu mengaminkan.

Melalui hadist di atas dapat dilihat, bahwa mendoakan orang lain khususnya pada saudaranya sendiri merupakan hal yang dianjurkan dan sangat baik. Pada barakallah fii umrik memiliki pengertian yang sangat bagus, sehingga bisa dipakai menjadi doa untuk saudara yang sedang berulang tahun.

Didalam islam, hukum mengucapkan kalimat tersebut adalah mubah atau boleh diucapkan selagi niatnya adalah mendoakan kebaikan. Jadi jangan sampai bertemu dengan orang yang tidak sepaham dan mengatakan berbagai hal tersebut adalah haram ataupun bid’ah.

Intinya adalah barakallah fii umrik bukanlah sebuah kalimat untuk mengucapkan selamat hari ulang, tapi sebuah kalimat doa untuk seseorang yang sedang berulang tahun, agar di umur barunya makin berkah dan kesuksesan dapat menghampirinya melalui berbagai jalan yang ditempuh.

Jawaban untuk Barakallah Fii Umrik

Jika kamu berada pada posisi yang sedang berulang tahun, da nada seorang saudara mendoakanmu dengan kalimat tersebut, maka bisa dibalas dengan doa yang mengarah pada kebaikan, sehingga dua-duanya dapat sama-sama saling mendoakan.

Jawaban untuk barakallah fii umrik adalah wafiika barakallah yang mempunyai arti dan semoga Allah SWT akan memberikan berbagai keberkahan terhadapmu. Setiap orang akan merasa bahagia jika dibalas dengan kebaikan apalagi melalui doa-doa yang dipanjatkan.

Dengan ucapan serta jawaban doa tersebut, maka hubungan setiap teman maupun sahabat akan terjalin semakin erat, dan tidak terjadi salah paham antara keduanya, karena sudah meminta restu Allah untuk setiap jalan yang dilalui.

Perlu menjadi perhatian, bahwa hal tersebut sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam HR. Muslim, beliau bersabda, bahwa seorang muslim merupakan saudara untuk muslim yang lainnya, tidak boleh menzhalimi atau mencela bahkan menghina.

Ketakwaan dapat dilihat dari hal tersebut, sambil menunjuk ke arah dada 3 kali. Cukuplah seorang islam menjadi jelek hanya karena mencela saudaranya sesame muslim. Setiap islam terhadap yang lainnya diharamkan darah, kehormatan serta hartanya.

Jadi, jika ada yang mengucapkan barakallah fii umrik, ada baiknya untuk mendoakannya juga. Agar kebaikan bisa meliputi orang yang sudah mengucapkan tersebut. Hal ini akan dicatat sebagai pahala besar oleh malaikat.

Adab dalam Merayakan Ulang Tahun Menurut Islam

Hari ulang tahun maupun kelahiran dapat dibilang sebagai salah satu hari yang sangat spesial dan sakral untuk kebanyakan orang. Hal tersebut disebabkan karena pada hari tersebut banyak orang merasa bersyukur, karena sudah diberi kesempatan untuk bisa tetap hidup di dunia.

Maka dari itu suka cita saat ulang tahun sering kali dirayakan untuk berbagai kebahagiaan kepada orang banyak. Perlu menjadi perhatian, bahwa terdapat adab tersendiri di dalam islam mengenai perayaan ulang tahun yang wajib kamu pahami.

Sebagai umat muslim yang ingin memperingat bertambahnya usia atau berkurangnya waktu keberadaan di ata bumi sudah sebaiknya mengetahui adab dalam merayakannya. Hal tersebut bisa menjadi syukur bukan dengan berpesta maupun menghambur-hamburkan uang.

Kamu bisa lakukan dengan intropeksi diri, dan memulai menjauhi berbagai perbuatan maksiat yang sering dilakukan dan menjauhi berbagai hal yang tidak bermanfaat. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk merayakan sebuah hari ulang tahun.

Menurut HR. Bukhari, Rasulullah SAW biasa menerima berbagai hadia serta biasa pula membalas hal tersebut. Jadi diperbolehkan untuk mengucapkan kalimat selamat ulang tahun, diperbolehkan juga untuk memberikan maupun menerima kado dari banyak orang.

Ulang tahun tidak dilarang di dalam islam, karena hari itu merupakan hari spesial yang tidak boleh dilewatkan. Ada baiknya, kamu menghabiskan hari ulang tahun dengan sesuatu yang lebih berguna, agar tidak sia-sia dan menimbulkan dosa yang akan sangat merugikan.

Berbagai Contoh Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ucapan tersebut mempunyai pengertian dan makna yang baik untuk semua orang. Jadi, bisa digunakan pada setiap kegiatan ulang tahun dan pada siapa saja khususnya untuk seluruh muslim. Perlu menjadi perhatian bahwa terdapat contoh ucapan untuk selamat ulang tahun.

1.     Yaumul Milad

Yaumul milad, barakallah fii umrik. Terimakasih sudah membuat hidup yang aku jalani ini menjadi lebih berharga. Semoga Allah SWT akan mengambulkan semua doa serta mengampuni segala dosa dimasa lalu seiring bertambahnya usia.

2.     Selamat Ulang Tahun

Perlu menjadi catatan, bahwa selamat ulang tahun hanyalah sebuah kalimat bukan doa, jadi kamu bisa menambahkan dengan semoga bahagia serta sehat selalu, lanjut dengan barakallah fii umrik dan harapan lainnya.

3.     Milad Mubarak

Ucapan selanjutnya bisa juga dengan milad Mubarak, semoga sukses serta senantiasa di dalam keberkahan dan perlindungan-Nya selalu, semoga bisa selalu berada di jalan yang baik, sehingga dapat menjadi contoh bagi banyak orang.

4.     Miladuki sa’I

Miladuki sa’I juga bisa digunakan untuk mendoakan orang yang sedang berulang tahun. Semoga selalu menjadi seseorang yang dirindukan oleh surga dan bisa diberikan kebahagiaan yang berlimpah di dunia maupun di akhirat.

5.     Memberikan Harapan

Masih banyak contoh ucapan untuk setiap orang yang sedang merayakan ulang tahun. Kamu bisa mencampurkan berbagai bahasa arab di atas dengan harapan kepada orang tersebut, bisa dibuat lebih secara personal.

Perlu menjadi perhatian, setiap ucapan maupun perkataan yang baik akan menambah pahala untuk kamu. Begitu pula sebaiknya, jadi usahakan untuk menjaga sikap dengan kebahagiaan suka cita yang dirasakan oleh orang yang sedang merayakan hari lahirnya.

Rekomendasi Kado Ulang Tahun yang Bagus

Untuk dapat menambah kesan hari spesial tersebut menjadi lebih spesial, ada baiknya memberikan hadiah, sebagai symbol kebahagian kepada mereka yang sedang merayakan hari lahirnya, berikut merupakan beberapa rekomendasi kado ulang tahun yang bagus.

1.     Baju

Baju bisa menjadi rekomendasi kado kamu untuk teman. Baju bisa digunakan dalam sehari-hari dan bisa diberikan kepada perempuan maupun laki-laki. Bahkan kamu bisa membuat baju custom menggunakan tulisan yang dikreasikan sendiri. Hal tersebut akan terlihat sangat spesial.

2.     Jam Tangan

Lanjut dengan jam tangan yang menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap orang. Kamu bisa memberikan jam tangan tersebut kepada mereka yang sedang merayakan hari ulang tahun. Jam tangan bisa dipakai oleh cewe dan cowo, jadi tidak lagi bingung memilih kado ulang tahun.

3.     Aksesoris

Jika yang berulang tahun adalah seorang perempuan, kamu bisa memberikan berbagai aksesoris cantik seperti gelang, cincin dan kalung. Harga dari aksesoris seperti itu tidak terlalu mahal dan dapat dengan mudah didapatkan. Jadi sangat bagus untuk menjadi kado ulang tahun.

4.     Parfum

Kalau kamu merasa sudah cukup dekat dengan teman maupun sahabat, parfum bisa menjadi salah satu kado khusus untuk mereka. Kamu harus mengetahui berbagai wangi yang membuat mereka nyaman, dengan begitu parfum yang sudah diberikan akan digunakan sehari-hari dan tidak terbuang.

Berbagai rekomendasi kado diatas akan sangat berguna untuk dikasih kepada teman maupun saudara. Ucapan barakallah fii umrik jangan sampai ketinggalan, karena hal tersebut yang akan menjadi doa untuk mereka yang sedang merayakan hari ulang tahun. Kamu harus menghargai dan menghormatinya.