Bacaan Niat Doa Sholat Dhuha dan Artinya
Bacaan Niat Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Bacaan Niat Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Sholat Dhuha adalah salah satu ibadah yang disyariatkan di dalam agama Islam. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melaksanakan sholat ini. Oleh karena itu, mari kita ketahui bersama bacaan niat dan doa sholat dhuha dan artinya.

Apa Itu Sholat Dhuha?

Sholat Dhuha atau sholat wajib yang dilaksanakan di waktu dhuha. Sholat ini adalah sholat sunnah yang dikerjakan antara jam 7 pagi sampai jam 11 siang. Ini adalah sholat yang disyariatkan dan dianjurkan untuk kita lakukan dengan pahala yang besar.

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan sholat Dhuha yang pertama adalah diperolehnya pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda, “Sholat dhuha itu memiliki pahala yang besar, seperti pahala orang yang berjihad di jalan Allah.”

Keutamaan yang kedua adalah banyaknya anugerah yang akan kita dapatkan. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik ibadah adalah sholat dhuha.”Dengan mengerjakan sholat dhuha kita akan mendapatkan anugerah seperti keselamatan, pengampunan dosa, serta kelapangan rezeki.

Niat Sholat Dhuha

Niat sholat dhuha sebagai berikut, “Nawaitu sholat dhuha fardhu lima roka’at wa asthghfirullah”.

Berikut adalah artinya: Aku niat untuk melaksanakan sholat dhuha wajib lima roka’at dan aku memohon ampun kepada Allah.

Bacaan Doa Sholat Dhuha

Setelah melakukan niat, silahkan baca doa sholat dhuha yang berikut ini. “Allahumma inni zalamtu nafsi zulman katsi’an wa la yaghfiruz-zunuba illa anta faghfirli maghfiratan min indika warhamni innaka antal ‘azizul hakim.”

Dan berikut adalah artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah berdosa kepada diriku sendiri dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan ampunan dariMu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah melakukan sholat dhuha, maka kita disunnahkan untuk membaca doa berikut ini. “Rabbish rahli sadri, wa yassirli amri, wahlul uqdatam mil lissani, yafqahu qawli.”

Berikut adalah artinya: Ya Tuhanku, perluaskanlah rezeki-Ku, mudahkanlah urusanku, dan peliharalah ikatan (tutur) kataku.

Doa Sholat Sunnah Lain

Selain sholat dhuha, ada juga sholat sunnah lain yang bisa kita lakukan. Berikut contoh doa sholat sunnah lainnya:

Doa Sholat Tahajud: “Rabbi zidni ilman.” Artinya: Ya Tuhanku, berilah aku ilmu pengetahuan.

Doa Sholat Maghrib: “Allahumma ihdini fi miladi, wa yassir li tariqihi.” Artinya: Ya Allah, berilah aku petunjuk dalam urusanku dan mudahkanlah jalanku.

Kesimpulan

Sholat dhuha adalah sholat wajib yang dilaksanakan di waktu dhuha antara jam 7 pagi sampai jam 11 siang. Sholat ini disyariatkan dan dianjurkan untuk kita lakukan dengan pahala yang besar dan banyak anugerah yang akan kita dapatkan. Niat sholat dhuha adalah “Nawaitu sholat dhuha fardhu lima roka’at wa asthghfirullah”. Bacaan doanya adalah “Allahumma inni zalamtu nafsi zulman katsi’an wa la yaghfiruz-zunuba illa anta faghfirli maghfiratan min indika warhamni innaka antal ‘azizul hakim.” Dan setelah melaksanakan sholat dhuha, kita disunnahkan untuk membaca doa “Rabbish rahli sadri, wa yassirli amri, wahlul uqdatam mil lissani, yafqahu qawli.”