Bacaan Doa Sujud Tilawah dan Artinya
Bacaan Doa Sujud Tilawah dan Artinya

Bacaan Doa Sujud Tilawah dan Artinya

Doa sujud tilawah adalah doa yang dibaca ketika membaca Al-Quran. Doa ini juga disebut dengan istilah sujud syukur. Doa ini memiliki arti tersendiri bagi para pelaku ibadah. Doa ini kadang disebut sebagai doa pembuka atau doa penutup. Bacaan doa ini juga bisa digunakan untuk berhenti membaca Al-Quran.

Tulisan arab bacaan doa sujud tilawah adalah سُبْحَـانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ. Artinya adalah “Maha Suci Tuhanku yang Maha Tinggi dan aku memuji-Nya”. Doa sujud tilawah ini sebetulnya tidak ada dalam Al-Quran, namun diturunkan melalui hadits Nabi Muhammad SAW. Bacaan doa ini adalah termasuk salah satu cara yang disarankan untuk mengakhiri membaca Al-Quran.

Bacaan doa sujud tilawah memiliki makna yang luar biasa. Doa ini merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas karunia-Nya yang telah kita terima. Dengan doa ini, kita bisa menyatakan kerendahan hati kita dan mengingatkan dirinya untuk selalu tunduk pada kehendak Allah SWT. Doa sujud tilawah ini juga bisa membantu seseorang dalam membangun rasa syukur dan tawakal pada Allah SWT.

Doa sujud tilawah juga bisa menambah kekuatan dan ketenangan jiwa. Seorang muslim yang melakukan doa ini diyakini akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Ia akan merasa tenang dan damai setelah membaca doa ini. Selain itu, orang yang melakukan doa ini juga akan selalu diberi kemudahan dalam melakukan berbagai hal.

Doa sujud tilawah juga bisa memberikan manfaat lainnya. Misalnya, seseorang yang melakukan doa ini diyakini akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, doa ini juga membantu seseorang untuk mengingatkan dirinya untuk selalu berpikir baik dan menjaga kesucian hati. Tak hanya itu, doa ini juga membantu seseorang untuk menjaga jiwa dan menjaga kemurnian iman.

Bacaan doa sujud tilawah lainnya adalah سُبْحَـانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ وَتَبَارَكَ اسْمُـهِ وَتَعَالَى جَدُّـهُ وَلَا إِلَـهَ إِلَّا هُوَ. Artinya adalah “Maha Suci Tuhanku yang Maha Tinggi, aku memuji-Nya, aku memuji nama-Nya yang Maha Tinggi dan Maha Agung, dan tidak ada Tuhan selain Dia”. Doa ini mengandung makna yang luar biasa, yaitu mengingatkan kita untuk selalu menghormati dan mengagungkan Allah SWT.

Doa sujud tilawah ini juga mengandung arti bahwa kita sebagai hamba Allah SWT harus selalu bersyukur dan tawakal kepada-Nya. Dengan doa ini, kita bisa menyatakan rasa takut dan hormat kita kepada Allah SWT. Dalam doa ini juga tersembunyi makna bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang benar-benar maha kuasa dan maha agung.

Kesimpulan

Doa sujud tilawah merupakan doa yang dibaca ketika membaca Al-Quran. Doa ini memiliki makna yang luar biasa bagi para pelaku ibadah. Doa ini merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT atas karunia-Nya yang telah kita terima. Doa ini juga bisa membantu seseorang untuk berpikir baik, menjaga kesucian jiwa dan mengingatkan dirinya untuk selalu tunduk pada kehendak Allah SWT.