Bacaan Doa Sujud Syukur dan Artinya
Bacaan Doa Sujud Syukur dan Artinya

Bacaan Doa Sujud Syukur dan Artinya

Doa sujud syukur adalah salah satu doa yang biasa dibaca setelah melaksanakan shalat. Pada saat sujud, kita mengucapkan doa sujud syukur untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah karena berbagai macam anugerah-Nya yang telah diberikan kepada kita. Doa sujud syukur ini juga memiliki banyak arti yang mendalam bagi orang yang mengucapkannya.

Doa sujud syukur biasanya dimulai dengan ucapan “Subhanaka Allahumma wa bihamdika”. Artinya adalah “Maha Suci Engkau Ya Allah, dan aku memuji Engkau”. Ucapan ini merupakan penghormatan terhadap Allah Swt, dan menunjukkan kesungguhan kita untuk mengucapkan syukur kepada-Nya. Doa ini juga menunjukkan kesetiaan dan pengabdian kita kepada-Nya.

Selanjutnya, doa sujud syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan “wa tabaraka smawata wa ta’ala jadduka wa jalla thana’uka, wa laa ilaha ghairuk”. Artinya adalah “Dan Engkau Maha Berkuasa, Maha Tinggi dan Maha Agung, dan tidak ada yang lain selain Engkau”. Ucapan ini menunjukkan bahwa Allah Swt adalah Yang Maha Kuasa, yang tidak terbatas oleh siapa pun atau apa pun. Ucapan ini juga menunjukkan bahwa kita mengakui bahwa Allah Swt adalah Allah yang satu-satunya.

Setelah itu, doa sujud syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan “Subhanaka Allahumma wa bihamdika wa tabaraka smawata wa ta’ala jadduka wa jalla thana’uka, wa laa ilaha ghairuk”. Artinya adalah “Maha Suci Engkau Ya Allah, dan aku memuji Engkau, dan Engkau Maha Berkuasa, Maha Tinggi dan Maha Agung, dan tidak ada yang lain selain Engkau”. Ucapan ini menunjukkan bahwa kita mengakui bahwa Allah Swt adalah Allah yang satu-satunya. Kita juga mengucapkan syukur kepada-Nya atas segala anugerah dan rahmat-Nya.

Selanjutnya, doa sujud syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan “Alhamdulillah”. Artinya adalah “Semua puji bagi Allah”. Ucapan ini menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah anugerah dari Allah Swt. Kita menyatakan rasa syukur kepada-Nya atas segala anugerah dan rahmat-Nya.

Doa sujud syukur juga biasanya dilanjutkan dengan ucapan “Allahumma laa maani’a lima a’taita”. Artinya adalah “Ya Allah, tidak ada yang dapat menolak apa yang telah Engkau berikan”. Ucapan ini menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa Allah Swt adalah Yang Maha Kuasa, yang tidak bisa ditolak oleh siapa pun. Ucapan ini juga menunjukkan bahwa kita mengakui bahwa Allah Swt adalah Allah yang satu-satunya.

Setelah ucapan “Allahumma laa maani’a lima a’taita” dilanjutkan dengan ucapan “Allahumma anta rabbul ‘alamin”. Artinya adalah “Ya Allah, Engkau adalah Tuhan semesta alam”. Ucapan ini menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa Allah Swt adalah Tuhan semesta alam, yang mengetahui segala sesuatu dan mengatur segala sesuatu. Ucapan ini juga menunjukkan bahwa kita menghormati dan mengakui bahwa Allah Swt adalah Allah yang satu-satunya.

Selanjutnya, doa sujud syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan “Wa laa haula walaa quwwata illa billah”. Artinya adalah “Tidak ada kekuatan dan kekuatan kecuali dengan Allah”. Ucapan ini menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa Allah Swt adalah Yang Maha Kuasa dan tidak ada yang dapat menandingi-Nya. Ucapan ini juga menunjukkan bahwa kita mengakui bahwa Allah Swt adalah Allah yang satu-satunya.

Doa sujud syukur juga biasanya dilanjutkan dengan ucapan “Rabana lakal hamd”. Artinya adalah “Wahai Tuhan kami, segala puji bagi-Mu”. Ucapan ini menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa Allah Swt adalah Yang Maha Kuasa, yang memiliki segala sesuatu di dunia ini. Ucapan ini juga menunjukkan bahwa kita mengakui bahwa Allah Swt adalah Allah yang satu-satunya.

Doa sujud syukur ini biasanya diakhiri dengan ucapan “Subhanaka Allahumma wa bihamdika, ash-hadu an laa ilaha illallah, wa ash-hadu anna Muhammadar-Rasulullah”. Artinya adalah “Maha Suci Engkau Ya Allah, dan aku memuji Engkau, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”. Ucapan ini menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa Muhammad adalah utusan Allah, dan kita mengakui bahwa Allah Swt adalah Tuhan yang satu-satunya.

Kesimpulan

Doa sujud syukur adalah salah satu doa yang biasa dibaca setelah melaksanakan shalat. Doa ini mengandung arti yang mendalam bagi orang yang mengucapkannya, karena dengan mengucapkannya kita menunjukkan rasa syukur kepada Allah Swt atas segala anugerah dan rahmat-Nya. Ucapan-ucapan yang terdapat dalam doa sujud syukur ini juga menunjukkan bahwa kita menyadari bahwa Allah Swt adalah Yang Maha Kuasa, yang tidak terbatas oleh siapa pun atau apa pun, dan kita mengakui bahwa Allah Swt adalah Allah yang satu-satunya.