Bacaan Doa Sholat Dhuha dan Artinya
Bacaan Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Bacaan Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan pada waktu yang tepat, yakni antara waktu terbit matahari hingga terbenam. Sholat Dhuha memiliki keutamaan tersendiri, seperti melipatgandakan pahala, membuka pintu rahmat, dan membuat kehidupan menjadi lebih baik. Bacaan doa sholat Dhuha pun juga memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bacaan doa sholat Dhuha dan artinya.

Pada dasarnya, bacaan doa sholat Dhuha adalah doa-doa yang bertujuan untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa-doa tersebut berisi permintaan agar Allah SWT menyerahkan pahala kepada yang membacanya, dan melindungi mereka dari segala macam marabahaya. Bacaan doa ini juga berisi rasa syukur dan pujian kepada Allah SWT atas segala rahmat yang telah diberikan-Nya.

Bacaan doa yang dibaca dalam sholat Dhuha ada 2 macam, yaitu doa yang bersifat umum dan doa yang khusus. Doa umum yang dibaca dalam sholat Dhuha berupa doa dari al-Quran dan hadits. Berikut adalah bacaan doa sholat Dhuha dan artinya:

Doa Umum

Doa dibawah ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang berasal dari Al-Qur’an dan hadits. Doa ini juga disebut sebagai “Doa Sholat Dhuha 7”.

“Allâhumma innâ as’aluka wa atawajjâhu ilayka bi-khayril maqôm, wa bi-khayril makâm, wa bi-khayril mamzûl, wa bi-khayril mabthûl, wa bi-khayril ma’mûl, wa bi-khayril mabghûl, wa bi-khayril ma’thûl, wa bi-khayril mawjûd, wa bi-khayr maktûb, wa bi-khayril maqdûs, wa bi-khayril mawâqif, wa bi-khayril marjûl, wa bi-khayril makhdûm. Allâhumma anta al-Khayrul lâ ilâha illâ anta, wa al-Quddûsul lâ ilâha illâ anta, wa al-Qahhârul lâ ilâha illâ anta.”

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dan meminta pertolongan kepada-Mu dengan segala kebaikan yang ada, dengan segala kemuliaan yang ada, dengan segala keagungan yang ada, dengan segala kemurnian yang ada, dengan segala kekudusan yang ada, dengan segala kelembutan yang ada, dengan segala kekuatan yang ada, dengan segala kebenaran yang ada, dengan segala kesempurnaan yang ada, dengan segala keindahan yang ada, dengan segala keluasan yang ada, dengan segala kemahakuasaan yang ada. Ya Allah Engkaulah Yang Maha Baik, tidak ada Tuhan selain Engkau, dan Engkaulah Yang Maha Suci, tidak ada Tuhan selain Engkau, dan Engkaulah Yang Maha Perkasa, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Doa Khusus

Doa khusus dalam sholat Dhuha adalah doa yang dibaca oleh seorang muslim pada waktu-waktu khusus. Doa ini dibaca ketika melakukan sholat Dhuha, sebelum atau sesudah shalat. Berikut adalah bacaan doa sholat Dhuha khusus dan artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkatanMu kepada hamba-hambaMu yang beriman dan beramal shaleh. Ya Allah, terimalah shalatku dan doaku, serta semua yang kuucapkan dan yang kupersiapkan untuk Mu. Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkatanMu kepada aku dan kepada semua orang yang mengenal dan mencintai-Mu. Amin.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkatan-Mu kepada hamba-hamba-Mu yang beriman dan beramal shaleh. Ya Allah, terimalah shalatku dan doaku, serta semua yang kuucapkan dan yang kupersiapkan untuk-Mu. Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkatan-Mu kepada aku dan kepada semua orang yang mengenal dan mencintai-Mu. Amin.”

Setelah membaca bacaan doa sholat Dhuha dan artinya di atas, semoga kita semakin yakin akan keutamaan yang dimiliki sholat Dhuha. Anjurkanlah juga pada diri sendiri dan orang lain untuk melakukan sholat Dhuha dengan khusyuk dan sungguh-sungguh.

Kesimpulan

Dari bacaan doa sholat Dhuha dan artinya di atas, kita bisa melihat bahwa sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, marilah kita menjadikan sholat Dhuha sebagai salah satu rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Dengan melakukannya, kita bisa mendapatkan banyak keutamaan dan manfaat yang luar biasa.