Bacaan Doa Shalat Istikharah dan Artinya Lengkap
Bacaan Doa Shalat Istikharah dan Artinya Lengkap

Bacaan Doa Shalat Istikharah dan Artinya Lengkap

Doa shalat istikharah adalah salah satu doa yang diwajibkan dalam agama Islam. Doa ini berasal dari hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas. Doa ini diajarkan untuk memohon petunjuk Tuhan dan agar Allah SWT memberikan keputusan terbaik bagi seseorang yang memohon petunjuk.

Doa shalat istikharah harus dibaca saat melakukan shalat sunnah istikharah. Shalat sunnah istikharah adalah shalat yang dilakukan sebelum melakukan sesuatu yang tidak biasa atau yang memerlukan pertimbangan seperti mengambil keputusan penting, menentukan tujuan, mendirikan rumah tangga, membeli sesuatu, dan lain-lain. Shalat sunnah istikharah dilakukan dengan cara dua rakaat.

Berikut ini adalah bacaan doa shalat istikharah dan artinya yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِي الخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ ارْضِنِي بِهِ

Artinya

Ya Allah, sesungguhnya aku meminta petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, memohon kekuatan dari-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan meminta keutamaan dari-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak kuasa, Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa hal ini baik bagiku dalam agamaku, hidupku dan akhir urusanku, maka tentukanlah ia untukku, mudahkanlah ia bagiku, lalu berkahilah aku dalam hal itu. Namun jika Engkau mengetahui bahwa hal ini buruk bagiku dalam agamaku, hidupku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah aku darinya, tentukanlah untukku yang baik dimanapun itu, lalu ridailah aku dalam hal itu.

Cara Membaca Doa Shalat Istikharah

Setelah membaca doa shalat istikharah di atas, lalu bacalah doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَجِيبُ لَكَ بِيَدِي وَأَسْتَخْفِظُ لَكَ بِلِسَانِي

Artinya

Ya Allah, sesungguhnya aku menjawab-Mu dengan tanganku dan aku berlindung kepada-Mu dengan lidahku.

Setelah itu, akhiri doa tersebut dengan bacaan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ لِي خَيْرًا وَارْضِنِي بِهِ

Artinya

Ya Allah, jadikanlah hal itu untukku yang baik dan ridailah aku dengan hal itu.

Kesimpulan

Doa shalat istikharah merupakan salah satu doa yang diwajibkan dalam agama Islam. Doa ini harus dibaca saat melakukan shalat sunnah istikharah. Bacaan doa shalat istikharah juga disertai dengan artinya yang harus diketahui oleh para umat Muslim. Dengan membaca doa ini, diharapkan Allah SWT dapat memberikan petunjuk dan keputusan terbaik bagi orang yang memohon petunjuk.