Bacaan Doa Setelah Wudhu dan Artinya
Bacaan Doa Setelah Wudhu dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Wudhu dan Artinya

Salah satu amalan yang disyariatkan dalam agama Islam adalah melaksanakan wudhu. Wudhu merupakan salah satu bentuk ibadah yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Setelah melaksanakan wudhu, maka disunnahkan bagi setiap muslim untuk mengucapkan doa baik secara lisan maupun diam-diam. Doa ini ialah doa setelah wudhu dan artinya.

Doa setelah wudhu adalah doa yang berisi pujian dan penghormatan kepada Allah SWT. Doa ini dipanjatkan untuk memohon kepada Allah agar mendapatkan ridha-Nya dan juga untuk memohon perlindungan-Nya. Doa ini juga diucapkan untuk mengharapkan kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Doa setelah wudhu harus dibaca dengan bacaan yang benar dan jelas. Doa ini bisa dibaca dengan lafal ataupun dengan menghafalnya. Berikut ini adalah bacaan doa setelah wudhu dan artinya:

Bacaan Doa Setelah Wudhu

“اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ”

Artinya

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Doa setelah wudhu ini memiliki keutamaan yang tinggi. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Hadits Rasulullah tentang Doa Setelah Wudhu

“Barangsiapa yang melakukan wudhu dan kemudian mengucapkan doa setelah wudhu sebagaimana yang diajarkan kepadaku, maka wudhu tersebut akan menghapus dosa-dosa yang telah lalu.” (HR. Muslim)

Jadi, doa setelah wudhu ini memiliki keutamaan yang tinggi dan sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk mengucapkannya. Dengan mengucapkannya, diharapkan dapat mendapatkan ridha Allah SWT dan juga mendapatkan perlindungan-Nya.

Selain itu, doa setelah wudhu juga dapat digunakan sebagai media untuk menyembah Allah SWT dengan cara yang benar. Dengan mengucapkan doa setelah wudhu, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT dan juga mendapatkan keberkahan dari-Nya.

Kesimpulan

Doa setelah wudhu sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk mengucapkannya. Doa ini memiliki keutamaan yang tinggi dan juga dapat digunakan sebagai media untuk menyembah Allah SWT dengan cara yang benar. Dengan mengucapkan doa setelah wudhu, insya Allah kita dapat mendapatkan ridha Allah SWT dan juga mendapatkan perlindungan-Nya.