Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Artinya
Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Artinya

Bagi umat muslim, sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan. Setelah melaksanakan sholat fardhu, maka orang yang sholat tersebut akan membaca doa setelah sholat. Bacaan doa setelah sholat fardhu tersebut memiliki arti yang sangat dalam dan penuh dengan makna. Pengetahuan tentang bacaan doa setelah sholat fardhu dan artinya ini akan memberikan manfaat yang besar bagi orang yang mengamalkannya.

Apa Itu Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu?

Bacaan doa setelah sholat fardhu adalah sebuah doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat fardhu. Doa ini dapat berbeda-beda tergantung dari jenis sholatnya. Biasanya doa setelah sholat ini terbagi menjadi dua macam yaitu doa setelah sholat fardhu dan doa setelah sholat sunnah. Doa yang dibaca setelah sholat fardhu adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini biasanya dibaca dengan hati yang tulus dan penuh khusyu agar doa tersebut diperkenankan oleh Allah SWT.

Mengapa Penting Untuk Membaca Doa Setelah Sholat Fardhu?

Membaca doa setelah sholat fardhu adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim. Hal ini wajib dilakukan sebab doa ini dapat meningkatkan nilai ibadah yang kita lakukan. Melalui doa ini, kita dapat memohon ampunan dan rahmat Allah SWT. Selain itu, doa ini juga berfungsi sebagai pengingat bagi kita agar kita senantiasa berusaha menjadi orang yang lebih baik dan berakhlak mulia.

Apa Saja Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu?

Berikut ini adalah bacaan doa setelah sholat fardhu beserta artinya :

1. “Allahumma antas salamu wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram” (Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baiknya yang memberi keselamatan dan dari-Mu datangnya keselamatan. Maha Mulia Engkau, yang memiliki kemuliaan dan keagungan).

2. “Allahumma a’inna ala zikrika wa shukrika, wa husni ibadatika” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk selalu mengingat-Mu dan memuji-Mu, serta melakukan ibadah yang baik kepada-Mu).

3. “As aluka mukhlisina laka wa mukhlisina lirabbi wa mukhlisina lima anzalta” (Kami mohon kepada-Mu untuk menjadi orang-orang yang tulus kepada-Mu, tulus kepada Tuhan kami, dan tulus kepada apa yang telah Engkau turunkan).

4. “Allahumma a’inna an-nabiyyina muhammadan sallalahu alaihi wa sallama wa alihi wa sahbihi wa sallim” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk memberkati Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan para sahabatnya).

5. “Allahumma a’inna ala dzikrika wa shukrika wa husni ibadatika” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk selalu mengingat-Mu dan memuji-Mu, serta melakukan ibadah yang baik kepada-Mu).

6. “Allahumma a’inna ala taqwimina wa taslimina wa tawakkalina” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk berbuat benar, berserah diri kepada-Mu, dan menerima segala yang telah Engkau tetapkan).

7. “Allahumma a’inna ala hubbi-ka wa habbi-ka wa muhabbati-ka wa nawa-ika” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk memiliki cinta kepada-Mu, kepada hamba-Mu, dan kepada semua yang telah Engkau cintai).

8. “Allahumma a’inna ala qawli-ka wa amali-ka wa ma’ashi-ka” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk mengikuti perkataan-Mu, mengamalkan amal-Mu, dan mencari rezeki yang halal).

9. “Allahumma a’inna ala sholi-ka wa rizqi-ka wa ala tawfiqi-ka” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk mendapatkan keberkahan yang kuat, rezeki yang barokah, dan keberuntungan yang baik).

10. “Allahumma a’inna ala tuqda-ka wa ta’atika wa tafrihaka” (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk memenuhi kehendak-Mu, menaati perintah-Mu, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan hati-Mu).

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa bacaan doa setelah sholat fardhu adalah sebuah doa yang wajib kita baca setelah melaksanakan sholat fardhu. Doa ini akan memberikan manfaat yang besar bagi umat muslim yang mengamalkannya. Dengan mengetahui doa setelah sholat fardhu beserta artinya, kita dapat lebih menyadari pentingnya membaca doa setelah sholat fardhu dan menjadikan doa ini sebagai pengingat untuk senantiasa berusaha menjadi orang yang lebih baik dan berakhlak mulia.