Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang baik dan disarankan bagi umat muslim untuk melakukannya. Doa juga merupakan cara untuk memohon pertolongan dari Allah SWT. Doa setelah sholat dhuha adalah salah satu doa yang dianjurkan untuk dilakukan setelah sholat. Di sini kita akan membahas kandungan doa setelah sholat dhuha beserta artinya.

Pengertian Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunah yang biasa dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit. Sholat ini bisa dilakukan sejak matahari terbit hingga sebelum masuk waktu zuhur. Sholat dhuha sebaiknya dilakukan dengan berjamaah di masjid. Namun, jika tidak memungkinkan, kita bisa melakukannya sendiri di rumah.

Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunah yang sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan adanya keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang melakukan sholat dhuha. Di antaranya, orang yang melakukan sholat dhuha akan mendapatkan pahala yang besar. Selain itu, Allah SWT juga memberikan keberkahan kepada orang yang melakukan sholat dhuha. Ia juga akan dijauhkan dari api neraka.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Berikut ini adalah beberapa bacaan doa setelah sholat dhuha beserta artinya:

Doa pertama: “اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ، وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ”

Artinya: “Ya Allah, Rabb semua manusia, berilah ampunan kepadaku dan kedua orang tuaku, serta kepada seluruh orang yang beriman laki-laki dan perempuan, dan seluruh orang muslim laki-laki dan perempuan.”

Doa kedua: “اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilaha (yang berhak disembah) selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku hidup berdasarkan perjanjian dan janji-Mu yang dapat kuberikan. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah kulakukan. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui kesalahanku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Engkau.”

Manfaat Doa Setelah Sholat Dhuha

Membaca doa setelah sholat dhuha memiliki banyak manfaat. Di antaranya, membaca doa setelah sholat dhuha dapat membantu seseorang untuk meningkatkan keimanannya. Selain itu, membaca doa setelah sholat dhuha juga dapat membantu seseorang untuk meraih keberkahan. Dengan rutin membaca doa setelah sholat dhuha, seseorang dapat memperoleh berkah dan rahmat Allah SWT.

Kesimpulan

Doa setelah sholat dhuha adalah salah satu doa yang disarankan untuk dilakukan setelah sholat. Bacaan doa setelah sholat dhuha beserta artinya dan manfaatnya telah dijelaskan di atas. Dengan membaca doa setelah sholat dhuha, seseorang dapat memperoleh berkah dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin membaca doa setelah sholat dhuha agar dapat memperoleh keutamaan dan keberkahan.