Bacaan Doa Setelah Sholat dan Artinya
Bacaan Doa Setelah Sholat dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat dan Artinya

Sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dalam Islam. Oleh karena itu, setelah melaksanakan sholat, ada beberapa doa yang dibaca setelahnya. Doa-doa ini memiliki arti yang sangat luar biasa dan menjadi bagian penting dalam kehidupan seorang muslim. Di bawah ini adalah bacaan-bacaan doa setelah sholat dan artinya.

Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang paling sering dibaca setelah sholat. Berikut adalah doa setelah sholat fardhu dan artinya:

  • “Allahumma antas salamu, wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.” Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baiknya pencipta yang menciptakan segala sesuatu, dan Engkau adalah pemberi kesejahteraan. Maha suci Engkau, ya Tuhan yang memiliki kemuliaan dan keagungan.”

  • “Allahumma inni a’udzu bika minal khubuthi wal khaba’ith.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan segala orang yang menyakiti orang lain.”

  • “Rabbana wa lakal hamdu anta nastaeenuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu alaika wa nuthni alaikal khair.” Artinya: “Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan dan hanya kepada-Mu kami meminta ampun dan kepada-Mu kami berserah. Kami memohon kepada-Mu kebaikan-kebaikan.”

Doa Setelah Sholat Sunnah

Selain doa setelah sholat fardhu, ada juga beberapa doa yang dibaca setelah sholat sunnah. Doa-doa ini adalah sebagai berikut:

  • “Allahumma ini a’udzu bika minal ghalabati wal qahri.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebanggaan dan kekerasan.”

  • “Allahumma ini a’udzu bika minal jubni wal bukhli.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebinasaan dan kebodohan.”

  • “Allahumma ini a’udzu bika minal jubni wal bukhli.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebinasaan dan kebodohan.”

  • “Allahumma ini a’udzu bika minal buruji wal jununi.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesalahan dan kejahilan.”

  • “Allahumma ini a’udzu bika minal ghalabati wal qahri.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebanggaan dan kekerasan.”

Doa Setelah Sholat Witir

Witir adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat maghrib atau isya. Doa setelah sholat witir adalah sebagai berikut:

  • “Allahumma laka aslamtu wa alaika tawakkaltu wa laka alhamdu anta nastaeenu bika wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu alaika.” Artinya: “Ya Allah, aku menyerahkan diri kepada-Mu, aku berserah kepada-Mu dan segala puji bagi-Mu. Hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan dan hanya kepada-Mu kami meminta ampun, dan kepada-Mu kami berserah.”

  • “Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar.” Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksaan neraka.”

  • “Allahumma aghfirli, warhamni, wajburni, wa ‘afini, wa ‘allimni, wa ‘a’zimni.” Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, berilah aku kekuatan, berilah aku hikmat, ajarkanlah aku dan kuatkanlah aku.”

Kesimpulan

Bacaan-bacaan doa setelah sholat di atas memiliki makna yang sangat dalam dan luar biasa. Dengan membaca doa-doa tersebut setelah melaksanakan sholat, kita akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Nilai-nilai yang terkandung dalam doa-doa tersebut juga mengajarkan kita untuk selalu berserah kepada Allah SWT dan mengharapkan kebaikan dari-Nya. Dengan demikian, kita dapat memohon pertolongan dan ampunan dari-Nya.