Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dan Artinya
Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dan Artinya

Sholat adalah salah satu ibadah yang tercinta oleh semua umat muslim. Selain memiliki banyak fadhilah, sholat juga memiliki tata cara yang harus dipatuhi oleh umat muslim. Salah satu tata cara yang harus dipatuhi adalah dengan melaksanakan doa setelah melaksanakan sholat.

Doa setelah sholat adalah tambahan ibadah yang wajib dilakukan setelah selesai melaksanakan sholat. Doa setelah sholat ini juga memiliki banyak fadhilah, sehingga kita harus mengetahui bacaan doa setelah sholat 5 waktu lengkap dan artinya.

Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Berikut ini adalah bacaan doa setelah sholat 5 waktu yang wajib dilakukan oleh umat muslim:

Subuh

“ Allahumma laka sholatu wa alaika salamu wa ala jami’il muslimin wa muslimat, Allahumma ajirni minan naar. ”

Dzuhur

“ Allahumma laka sholatu wa alaika salamu wa ala jami’il muslimin wa muslimat, Allahumma ajirni minal qawmil kafirin. ”

‘Ashar

“ Allahumma laka sholatu wa alaika salamu wa ala jami’il muslimin wa muslimat, Allahumma ajirni minal qawmin sholimin. ”

Maghrib

“ Allahumma laka sholatu wa alaika salamu wa ala jami’il muslimin wa muslimat, Allahumma ajirni minal qawmin zhalimin. ”

Isya’

“ Allahumma laka sholatu wa alaika salamu wa ala jami’il muslimin wa muslimat, Allahumma ajirni minal qawmin fasiqin. ”

Makna Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Doa setelah sholat 5 waktu ini adalah doa yang berfungsi untuk meminta perlindungan dari Allah SWT. Dalam doa ini kita meminta kepada Allah agar kita terhindar dari api neraka, dan juga terhindar dari orang-orang yang kafir, zhalim, fasiq, dan yang lainnya.

Dalam doa setelah sholat 5 waktu ini juga kita meminta perlindungan dari Allah SWT agar kita diberikan kemampuan untuk melaksanakan sholat dengan baik. Selain itu, doa ini juga meminta kepada Allah agar kita selalu diberi hidayah-Nya dan selalu dalam lindungan-Nya.

Hikmah Melaksanakan Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Dengan melaksanakan doa setelah sholat 5 waktu, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dari Allah SWT. Selain itu, doa setelah sholat ini juga dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita akan merasa lebih tenang dan damai.

Doa setelah sholat 5 waktu juga dapat membuat kita lebih bersyukur akan nikmat yang telah Allah berikan. Dengan berterimakasih kepada Allah SWT, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dari-Nya. Selain itu, doa setelah sholat juga dapat menjadi penghibur atau pelipur hati bagi kita.

Kesimpulan

Doa setelah sholat 5 waktu adalah doa yang wajib dilakukan oleh umat muslim setelah sholat selesai. Doa ini berfungsi untuk meminta perlindungan dari Allah SWT dari api neraka dan orang-orang yang kafir, zhalim, dan fasiq. Melaksanakan doa setelah sholat 5 waktu juga dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT, bersyukur, dan lebih tenang dan damai.