Bacaan Doa Sesudah Makan dan Artinya
Bacaan Doa Sesudah Makan dan Artinya

Bacaan Doa Sesudah Makan dan Artinya

Setelah selesainya makan, tak jarang kita menyempatkan diri untuk berdoa. Biasanya doa yang dibaca adalah doa sesudah makan. Doa ini menjadi salah satu bentuk rasa syukur yang disampaikan kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan. Dengan doa sesudah makan, kita berharap dapat merasakan kenikmatan makan yang diberikan dan mengharapkan berkah dari Allah SWT.

Doa sesudah makan sebenarnya dapat dilakukan setelah selesainya makan, tidak harus menunggu tiba waktu makan. Doa ini dapat membantu kita untuk mengingatkan diri tentang kebesaran Allah SWT dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Doa sesudah makan juga dapat membantu kita untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti menghibur orang lain, membaca al-Qur’an, dan sebagainya.

Doa Sesudah Makan yang Paling Umum

Beberapa doa yang paling umum dipakai untuk berdoa sesudah makan adalah:

1. الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ (Alhamdulillahil-ladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alnaa minal muslimiin)

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minuman kepada kita dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang berserah diri.

2. الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ كَسَانَا وَأَطْعَمَنَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ (Alhamdulillahil-ladzii kasaanaa wa ath’amanaa wa ja’alnaa minal mu’miniin)

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian kepada kita dan memberikan makanan kepada kita serta menjadikan kita termasuk orang-orang yang beriman.

3. الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَكَفَانَا (Alhamdulillahil-ladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa kafaanaa)

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makan dan minuman kepada kita dan telah memberi kita cukup.

Manfaat Doa Sesudah Makan

Berdoa sesudah makan memberikan banyak manfaat bagi yang membaca doa ini. Dengan berdoa kita dapat mengungkapkan rasa syukur yang sesungguhnya kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Selain itu, kita juga akan merasa lebih tenang setelahnya, karena dengan berdoa kita akan merasakan ketenangan dari Allah SWT.

Doa sesudah makan juga dapat membantu kita untuk memaknai makan sebagai sebuah aktivitas yang lebih dari sekedar mengisi perut. Dengan berdoa, kita akan menyadari bahwa makan adalah sebuah aktivitas yang dapat memberikan kita kenikmatan yang luar biasa. Doa ini akan membantu kita untuk menghargai dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Doa Sesudah Makan untuk Anak-anak

Anak-anak biasanya lebih suka berdoa sesudah makan dengan sebuah doa yang lebih mudah dan sederhana. Beberapa doa yang dapat dibacakan kepada anak-anak adalah:

1. الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَأَطْعَمَ عَبْدَهُ الطَّعَامَ (Alhamdulillahil-ladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ath’amaa ‘abdahuuth th’aama)

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makan dan membuat kita kenyang, serta memberikan makan kepada hamba-Nya.

2. الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَأَطْعَمَنَا مِنْ طَيِّبَاتِهِ (Alhamdulillahil-ladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ath’amanaa min thayyibaatihi)

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makan dan minuman kepada kita dan memberikan makanan yang baik dan lezat.

Doa-doa sederhana ini akan membantu anak-anak untuk menyadari bahwa makan adalah nikmat yang harus dihargai. Doa-doa ini juga akan mengingatkan anak-anak untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Kesimpulan

Doa sesudah makan adalah salah satu bentuk rasa syukur yang dapat dilakukan setelah selesai makan. Doa ini dapat membantu kita untuk mengingatkan diri tentang kebesaran Allah SWT dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Doa sesudah makan juga dapat membantu kita untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti menghibur orang lain, membaca al-Qur’an, dan sebagainya.