Bacaan Doa Selamat dan Artinya
Bacaan Doa Selamat dan Artinya

Bacaan Doa Selamat dan Artinya

Doa selamat merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Doa ini menjadi sebuah upaya untuk meminta kepada Allah SWT agar selalu melindungi kita dari segala marabahaya yang ada. Doa selamat disunnahkan untuk dilakukan ketika berangkat, tiba, dan kembali. Doa selamat juga dibaca dalam berbagai keadaan lainnya.

Doa selamat memiliki banyak bentuk dan jenisnya. Berikut adalah beberapa bacaan doa selamat beserta artinya yang bisa Anda kuasai dan praktekan.

1. Doa Selamat Berangkat

Doa berangkat ini biasanya dibaca ketika kita akan berangkat dari tempat kita tinggal menuju tempat tujuan yang jauh. Biasanya doa ini akan dibaca sebelum melakukan perjalanan. Berikut adalah bacaan doa selamat berangkat beserta artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu dan berkat-Mu kepada kami, serta berikanlah kami keberkahan dan keamanan dalam perjalanan ini.” (QS. Al-Baqarah : 201)

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan berkat-Mu kepada kami semua, serta berikanlah kami keberkahan dan keamanan dalam perjalanan ini.”

2. Doa Selamat Tiba

Doa tiba ini biasanya dibaca ketika kita tiba di tempat tujuan yang jauh. Biasanya doa ini akan dibaca setelah melakukan perjalanan. Berikut adalah bacaan doa selamat tiba beserta artinya:

“Alhamdulillahilazi atakhaalana haadza wa ma kunna lahu muqrineen.” (QS. An-Nisa : 86)

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah mengantarkan kami ke tempat ini dengan selamat, dan tidak ada kekuatan kecuali dari Allah.”

3. Doa Selamat Kembali

Doa kembali ini biasanya dibaca ketika kita akan kembali dari tempat tujuan yang jauh. Biasanya doa ini akan dibaca sebelum melakukan perjalanan. Berikut adalah bacaan doa selamat kembali beserta artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu dan berkat-Mu kepada kami, serta berikanlah kami keberkahan dan keamanan dalam perjalanan ini.” (QS. Al-Maida : 35)

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan berkat-Mu kepada kami semua, serta berikanlah kami keberkahan dan keamanan dalam perjalanan ini.”

4. Doa Selamat Pagi

Doa selamat pagi ini biasanya dibaca ketika kita bangun di pagi hari. Biasanya doa ini akan dibaca setelah melakukan shalat subuh. Berikut adalah bacaan doa selamat pagi beserta artinya:

“Assalamu alaikum warahmatullah, wabarakatuh.” (HR. Bukhari)

Artinya: “Semoga kesejahteraan dan rahmat Allah SWT selalu menerangimu.”

5. Doa Selamat Petang

Doa selamat petang ini biasanya dibaca ketika kita akan beristirahat di petang hari. Biasanya doa ini akan dibaca setelah melakukan shalat asar. Berikut adalah bacaan doa selamat petang beserta artinya:

“Allaahumma innii as-aluka bi-rahmatika wa habli min fadhlika.” (HR. Abu Dawud)

Artinya: “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu dengan rahmat-Mu dan anugerah-Mu.”

6. Doa Selamat Malam

Doa selamat malam ini biasanya dibaca ketika kita akan tidur di malam hari. Biasanya doa ini akan dibaca setelah melakukan shalat isya. Berikut adalah bacaan doa selamat malam beserta artinya:

“Allaahumma bismika amutu wa ahyaa.” (HR. Bukhari)

Artinya: “Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu aku hidup dan aku mati.”

7. Doa Selamat Makan

Doa selamat makan ini biasanya dibaca ketika kita akan makan. Biasanya doa ini akan dibaca sebelum kita memulai makan. Berikut adalah bacaan doa selamat makan beserta artinya:

“Bismillaahirrahmaanirrahiim.” (HR. Bukhari)

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

8. Doa Selamat Minum

Doa selamat minum ini biasanya dibaca ketika kita akan minum. Biasanya doa ini akan dibaca sebelum kita memulai minum. Berikut adalah bacaan doa selamat minum beserta artinya:

“Alhamdulillaahi alladzi at’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiin.” (HR. Muslim)

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, dan telah menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri.”

9. Doa Selamat Jalan

Doa selamat jalan ini biasanya dibaca ketika kita akan berjalan. Biasanya doa ini akan dibaca sebelum kita memulai berjalan. Berikut adalah bacaan doa selamat jalan beserta artinya:

“Subhaanakallaahumma wa bihamdika, ashadu allaa ilaaha illa ant, astaghfiruka wa atoobu ilaik.” (HR. Bukhari)

Artinya: “Mahasuci Allah