Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Idul Fitri Lengkap Dengan Artinya
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Idul Fitri Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Idul Fitri Lengkap Dengan Artinya

Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim. Zakat fitrah adalah sebuah bentuk ibadah yang harus dikerjakan oleh umat Muslim di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Zakat fitrah merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki arti dan nilai spiritual yang luar biasa bagi umat Muslim. Oleh sebab itu, setiap orang yang ingin menunaikan zakat fitrah harus melakukannya dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran agama. Dalam hal ini, ada sebuah doa niat yang harus dilakukan oleh setiap orang yang ingin menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Doa Niat Zakat Fitrah

Doa niat zakat fitrah adalah doa yang dilakukan oleh umat Muslim untuk meminta kepada Allah SWT agar amal ibadah mereka diterima oleh-Nya. Doa niat ini dilakukan disaat akan menunaikan zakat fitrah, yaitu di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Doa niat zakat fitrah ini bisa dibaca dengan bahasa Arab, namun ada juga yang bisa dibaca dengan bahasa Indonesia. Berikut ini adalah doa niat zakat fitrah yang bisa dibaca baik dengan bahasa Arab maupun dengan bahasa Indonesia.

Doa Niat Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab

Doa niat zakat fitrah dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut: “Nawaytu an ushriku bihishobbin minallahi wa an a’amala ma shi’ta min syarrihi wa an aqallu li haqqi rabbiy wa li walidayya wa li anfusina fi hasabin illahi ta’ala”.

Doa Niat Zakat Fitrah dalam Bahasa Indonesia

Doa niat zakat fitrah dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut: “Aku niat untuk tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu yang bukan dari-Nya, dan aku niat untuk melakukan segala yang Allah larang, dan aku menyerahkan hakku kepada Tuhanku, dan hak orang tua dan anggota keluargaku kepada Allah Yang Maha Agung”.

Arti Doa Niat Zakat Fitrah

Doa niat zakat fitrah yang dibaca sebelum menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri memiliki arti yang luar biasa. Doa niat ini berisikan tentang pengakuan dan penyerahan hak kepada Allah SWT. Dengan mengucapkan doa niat ini, umat Muslim sedang meminta kepada Allah SWT agar semua amal ibadah mereka diterima oleh-Nya dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Keutamaan Doa Niat Zakat Fitrah

Mengucapkan doa niat zakat fitrah di saat hendak menunaikan zakat fitrah memiliki keutamaan yang luar biasa. Dengan mengucapkan doa niat ini, maka Allah SWT akan menambahkan pahala bagi umat Muslim yang telah menunaikan zakat fitrah dengan benar. Selain itu, dengan mengucapkan doa niat ini juga akan menambah keimanan dan ketakwaan umat Muslim terhadap Allah SWT.

Kesimpulan

Doa niat zakat fitrah adalah doa yang dilakukan oleh umat Muslim untuk meminta kepada Allah SWT agar amal ibadah mereka diterima oleh-Nya. Doa niat ini harus dilakukan disaat akan menunaikan zakat fitrah, yaitu di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Doa niat ini bisa dibaca dengan bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Dengan mengucapkan doa niat ini, maka Allah SWT akan menambahkan pahala bagi umat Muslim yang telah menunaikan zakat fitrah dengan benar. Selain itu, dengan mengucapkan doa niat ini juga akan menambah keimanan dan ketakwaan umat Muslim terhadap Allah SWT.