Bacaan Doa Iftitah Nu dan Artinya
Bacaan Doa Iftitah Nu dan Artinya

Bacaan Doa Iftitah Nu dan Artinya

Doa Iftitah adalah salah satu doa yang dibaca sebelum memulai ibadah. Doa Iftitah adalah doa yang berisi niat dan tujuan kita memulai ibadah. Doa ini dibaca oleh pimpinan shalat atau imam ketika shalat berjamaah dimulai.

Apa Itu Doa Iftitah Nu?

Doa Iftitah Nu adalah salah satu doa yang dibaca ketika memulai shalat berjamaah. Doa ini dibaca oleh imam atau pimpinan shalat untuk menyatakan niat dan tujuan memulai ibadah. Doa Iftitah Nu adalah salah satu bentuk doa yang berasal dari sunnah Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Doa Iftitah Nu

Doa Iftitah Nu dibaca dengan lafaz berikut: “Allahumma bismika amuutu wa ahyaa. Allahumma innii as-aluka an taj’ala fii qolbii qoudrotan wa takabbala minhu, wa taqawwala minhu, wa tahdii an qolbii tawakkalan ilaika, wa tuminan ilaika bi-afwahika, wa tuhsinan ilaika bi-rahmatika, wa ta’rifan ilaika bi-ilmika, wa tasdiiqan bi-amrika, wa tu’minan bi-kalimatika, wa tawallaw min kulli syai’in wa ‘amri.

Arti Bacaan Doa Iftitah Nu

Arti dari doa Iftitah Nu adalah: “Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, aku mohon agar Engkau memasukkan ke dalam hatiku kekuatan dan mempercayainya, serta mengutamakan hatiku dengan kepercayaan kepada-Mu, menyempurnakannya dengan rahmat-Mu, mengetahui-Nya dengan ilmu-Mu, membenarkan dengan kebenaran-Mu, dan percaya dengan perkataan-Mu, dan menjauhkanku dari segala sesuatu dan urusan”.

Keutamaan Bacaan Doa Iftitah Nu

Doa Iftitah Nu memiliki keutamaan yang besar dalam melaksanakan ibadah. Doa ini menyatakan niat dan tujuan kita memulai ibadah, sehingga membuat kita lebih fokus dan konsentrasi dalam melaksanakan ibadah. Selain itu, doa ini juga menyatakan ketaatan dan kepercayaan kita kepada Allah SWT. Dengan demikian, kita akan merasa lebih yakin dan berserah diri kepada Allah SWT.

Tata Cara Bacaan Doa Iftitah Nu

Tata cara bacaan doa Iftitah Nu adalah sebagai berikut: pertama, siapkan diri dengan membaca basmalah dan salawat. Kedua, duduk di lantai dengan sikap sujud. Ketiga, baca doa Iftitah Nu. Keempat, baca doa yang dianjurkan setelah doa Iftitah. Dan terakhir, baca doa yang dianjurkan setelah selesai shalat.

Kapan Bacaan Doa Iftitah Nu?

Doa Iftitah Nu dibaca ketika akan memulai shalat berjamaah. Doa ini dibaca oleh imam atau pimpinan shalat untuk menyatakan niat dan tujuan memulai ibadah. Doa ini juga dapat dibaca oleh orang yang tidak menjadi imam, namun harus dibaca setelah imam baca doa Iftitah. Selain itu, doa Iftitah Nu juga dapat dibaca ketika kita akan memulai ibadah lainnya.

Kesimpulan

Doa Iftitah Nu adalah salah satu doa yang dibaca ketika memulai ibadah. Doa ini berisi niat dan tujuan kita memulai ibadah. Doa ini dibaca oleh pimpinan shalat atau imam. Bacaan doa Iftitah Nu adalah “Allahumma bismika amuutu wa ahyaa. Allahumma innii as-aluka an taj’ala fii qolbii qoudrotan wa takabbala minhu, wa taqawwala minhu, wa tahdii an qolbii tawakkalan ilaika, wa tuminan ilaika bi-afwahika, wa tuhsinan ilaika bi-rahmatika, wa ta’rifan ilaika bi-ilmika, wa tasdiiqan bi-amrika, wa tu’minan bi-kalimatika, wa tawallaw min kulli syai’in wa ‘amri. Doa ini memiliki keutamaan yang besar dalam melaksanakan ibadah dan harus dibaca ketika memulai shalat berjamaah. Tata cara bacaan doa Iftitah Nu adalah dengan membaca basmalah dan salawat, duduk sujud, dan baca doa Iftitah Nu.

Penutup

Doa Iftitah Nu adalah salah satu doa yang dibaca ketika memulai ibadah. Doa ini berisi niat dan tujuan kita memulai ibadah. Doa ini memiliki keutamaan yang besar dalam melaksanakan ibadah dan harus dibaca ketika memulai shalat berjamaah. Dengan membaca doa Iftitah Nu, kita akan lebih yakin dan berserah diri kepada Allah SWT.