Bacaan Doa Iftitah Beserta Artinya
Bacaan Doa Iftitah Beserta Artinya

Bacaan Doa Iftitah Beserta Artinya

Doa iftitah adalah doa yang biasa dibaca oleh umat muslim sebelum memulai shalat. Doa iftitah berasal dari bahasa Arab yang berarti “mulai”. Dengan membaca doa iftitah sebelum shalat, kita menunjukkan bahwa kita berharap memulai shalat dengan hati yang tulus dan penuh kerendahan hati. Doa iftitah juga membantu kita untuk menghormati dan menyebut nama Allah sebelum melakukan sesuatu yang baik.

Doa iftitah memiliki banyak kandungan yang kaya dalam hal ajaran Islam. Di dalam doa iftitah, kita mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmatNya, sambil berharap diberikan kemampuan untuk melakukan segala yang diperintahkan-Nya. Kita pun mengucapkan kalimat “Allahu Akbar” untuk menunjukkan bahwa Allah SWT adalah Sang Maha Besar yang tidak terkalahkan dan tidak terbandingkan.

Berikut ini adalah bacaan doa iftitah beserta artinya yang dapat kita baca sebelum memulai shalat:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ (Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam).

الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ (Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (Yang menguasai hari pembalasan).

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (Hanya Engkau yang kami sembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan).

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (Tunjukilah kami jalan yang lurus).

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ (Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat).

غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ (Bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan jalan orang-orang yang sesat).

Kesimpulan

Doa iftitah adalah doa yang biasa dibaca oleh umat muslim sebelum memulai shalat. Doa iftitah ini memiliki banyak kandungan tentang rasa syukur dan berharap agar dapat melakukan segala hal yang diperintahkan oleh Allah SWT. Bacaan doa iftitah beserta artinya juga dapat membantu kita untuk memulai shalat dengan hati yang tulus dan penuh kerendahan hati.