Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud dan Artinya
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud dan Artinya

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud dan Artinya

Doa adalah cara umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah. Doa yang dibaca oleh seseorang merupakan harapan untuk menerima kebaikan dari Allah dan menghindari bencana-Nya. Umat Muslim diwajibkan untuk rutin berdoa, baik saat waktu shalat ataupun di luar waktu shalat. Salah satu doa yang dibaca adalah doa duduk diantara dua sujud. Artinya, seseorang harus melakukan dua kali sujud sebelum melanjutkan shalatnya. Berikut adalah bacaan doa duduk diantara dua sujud dan artinya.

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Doa duduk diantara dua sujud dibaca sebagai berikut: “Allahummaghfir lii, warhamni, wa’afini, wa’fu ‘annii, wa’rzuqnii, wa’hdinii, wa’ghfir li dzunuubii, innaka antal ‘aziizul hakiim”.

Arti Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Doa duduk diantara dua sujud memiliki arti, yaitu: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, peliharalah aku, maafkanlah aku, berilah aku rezeki, tunjukkanlah aku jalan yang benar, dan ampunilah aku atas dosaku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Bijaksana”.

Hukum Membaca Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Membaca doa duduk diantara dua sujud adalah sunnah Muakkadah (sunnah yang ditekankan), yang artinya wajib untuk dilakukan. Doa ini dikenal sebagai doa istiawadz, yaitu doa yang dibaca saat seseorang berdiri setelah dua kali sujud. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Keutamaan Membaca Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Membaca doa duduk diantara dua sujud memiliki keutamaan yang besar. Salah satunya adalah Allah akan mengampuni semua dosa seseorang yang membaca doa ini. Selain itu, Allah juga akan menghilangkan segala kesulitan dan kesedihan yang dialami. Berikut adalah beberapa riwayat yang menunjukkan keutamaan membaca doa duduk diantara dua sujud:

  • Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa istiawadz, Allah akan mengampuninya dari semua dosa-dosa yang telah dikerjakannya” (HR. Al-Bukhari)
  • Rasulullah SAW. juga bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa istiawadz, Allah akan menghilangkan segala kesulitan dan kesedihan yang dialami” (HR. Ibnu Majah)

Tata Cara Membaca Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Berikut adalah tata cara membaca doa duduk diantara dua sujud:

  • Setelah membaca takbiratul ihram, lakukanlah dua kali sujud
  • Setelah itu, duduklah di antara dua sujud tersebut dengan menyebut niat (niyyah) untuk membaca doa istiawadz
  • Kemudian, bacalah doa duduk diantara dua sujud di atas dengan hati yang tulus dan khusuk
  • Setelah itu, melakukan doa lain yang ingin Anda baca, misalnya doa keluar dari shalat

Kesimpulan

Doa duduk diantara dua sujud adalah doa yang dibaca saat seseorang berdiri setelah dua kali sujud. Membaca doa ini adalah sunnah Muakkadah yang wajib untuk dilakukan. Doa ini memiliki arti dan keutamaan yang besar, yaitu Allah akan mengampuni semua dosa dan menghilangkan segala kesulitan dan kesedihan yang dialami. Tata cara membaca doa ini adalah dengan selalu menyebut niat dan membacanya dengan hati yang tulus dan khusuk.