Bacaan Doa Berbuka Puasa dan Artinya
Bacaan Doa Berbuka Puasa dan Artinya

Bacaan Doa Berbuka Puasa dan Artinya

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu dan dimuliakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini umat muslim melakukan ibadah berpuasa dengan cara menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan seksual dari pagi hingga petang dan berbuka puasa di malam hari. Setiap berbuka puasa, umat muslim diwajibkan untuk membaca doa berbuka puasa yang berbeda-beda. Berikut adalah bacaan doa berbuka puasa dan artinya.

Bacaan Doa Berbuka Puasa yang Dihasankan

Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya sebaik-baik doa adalah doa ketika berbuka puasa.” (HR. Tirmidzi). Bacaan doa berbuka puasa yang disunnahkan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اِنِّى لَكَ صُمْتُ وَبِكَ امنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena Engkau, aku berlindung kepada-Mu dan hanya kepada-Mu aku bertawakkal dan dengan rizki dari-Mu aku telah berbuka.” (HR. Tirmidzi)

Bacaan Doa Berbuka Puasa yang Dibaca di Bulan Ramadan

Selain doa di atas, berikut adalah bacaan doa lain yang sering dibaca oleh umat muslim di bulan Ramadan:

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena Engkau dan dengan rizki dari-Mu aku telah berbuka.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Bacaan Doa Berbuka Puasa yang Dibaca di Bulan Rajab dan Sya’ban

Di bulan Rajab dan Sya’ban, umat muslim juga dianjurkan untuk berpuasa. Berikut adalah bacaan doa berbuka puasa yang dibaca di bulan Rajab dan Sya’ban:

اَللَّهُمَّ اِنِّي لَكَ صُمْتُ وَبِكَ امنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ وَاِلَيْكَ تَصَدَّقْتُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena Engkau, aku berlindung kepada-Mu dan hanya kepada-Mu aku bertawakkal, dengan rizki dari-Mu aku telah berbuka dan kepada-Mu aku bersedekah.” (HR. Ibnu Majah)

Bacaan Doa Berbuka Puasa yang Dibaca Secara Umum

Berikut adalah bacaan doa berbuka puasa yang dibaca secara umum:

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ امنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَبِكَ اِخْلَصْتُ وَبِكَ اِسْتَقَمْتُ وَاِلَيْكَ أَنَبْتُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena Engkau, aku berlindung kepada-Mu, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, aku berserah diri kepada-Mu, aku bertaqwa kepada-Mu, dan hanya kepada-Mu aku kembali.” (HR. Abu Dawud)

Bacaan Doa Berbuka Puasa yang Dibaca di Bulan Ramadhan dan di Bulan-bulan Lainnya

Berikut adalah bacaan doa berbuka puasa yang dibaca di bulan Ramadhan dan di bulan-bulan lainnya:

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ امنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَبِكَ اِنْتَهَيْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena Engkau, aku berlindung kepada-Mu dan hanya kepada-Mu aku bertawakkal dan dengan Engkau aku selesai (puasa) dan hanya kepada-Mu aku kembali.” (HR. Abu Dawud)

Arti Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa yang biasa dibaca adalah doa yang berisi permohonan kepada Allah agar diampuni dosa-dosa yang telah dilakukan selama berpuasa dan meminta rizki yang halal dan barokah bagi kita. Doa seperti ini memberikan kita kesempatan untuk meminta ampunan dan berkat dari Allah dan juga memberikan kita kesempatan untuk mengungkapkan kecintaan dan ketaatan kita kepada Allah.

Kesimpulan

Doa berbuka puasa adalah doa yang disunnahkan dan dibaca oleh umat muslim ketika berbuka puasa. Bacaan doa berbuka puasa yang dibaca di bulan Ramadhan dan di bulan-bulan lainnya berbeda-beda. Doa-doa tersebut merupakan permohonan kepada Allah agar diampuni dosa-dosa yang telah dilakukan selama berpuasa dan meminta rizki yang halal