BACA DOA TIDUR DAN ARTINYA
BACA DOA TIDUR DAN ARTINYA

BACA DOA TIDUR DAN ARTINYA

Doa adalah ibadah yang merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan Allah SWT. Berdoa merupakan cara untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan dan kelancaran dalam segala hal. Selain itu, doa juga dapat menjadi penyemangat bagi orang yang mengamalkannya. Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur adalah doa tidur. Di bawah ini akan dijelaskan tentang bacaan doa tidur dan artinya.

Doa Sebelum Tidur dalam Al-Quran

Doa sebelum tidur yang terdapat dalam Al-Quran adalah doa yang dibaca oleh Nabi Sulaiman as. Doa yang dibaca oleh Nabi Sulaiman as di dalam Al-Quran adalah berikut: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syaitan yang terkutuk, dan aku berlindung kepada-Mu agar ia tidak menyesatkan diriku” (QS. An-Naml: 19-20).

Doa Sebelum Tidur dalam Hadits

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca: أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ. Maka tidak akan disentuh oleh syaitan (pada malam itu)”. Doa tersebut adalah: “A’udzu billahi minasy syaithanir rajim” yang artinya “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk”.

Keutamaan Doa Sebelum Tidur

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu ‘Umar r.a., Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila seseorang membaca doa sebelum tidur maka ia akan diberi perlindungan oleh Allah dari setan dan jin.” Dari hadits ini dapat disimpulkan bahwa membaca doa sebelum tidur merupakan cara yang baik untuk mendapatkan perlindungan dari Allah.

Doa Lainnya yang Dibaca Sebelum Tidur

Selain doa yang telah disebutkan di atas, ada beberapa doa lain yang dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur. Salah satu doa yang dapat dibaca adalah doa berikut: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan syaitan dan kejahatan jin. Aku berlindung kepada-Mu dari segala macam keburukan dan kesulitan. Aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kemalangan.”

Doa Lain yang Dibaca Setelah Tidur

Selain doa yang dibaca sebelum tidur, ada juga beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah tidur. Salah satu doa yang dapat dibaca adalah doa berikut: “Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu dalam segala hal dan aku mohon kepada-Mu agar Engkau menjaga diriku dari godaan syaitan dan gangguan jin. Aku mohon kepada-Mu agar Engkau memberiku kebaikan dan kelancaran dalam segala hal.”

Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Berikut adalah beberapa doa sebelum tidur dan artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan syaitan dan kejahatan jin. Aku berlindung kepada-Mu dari segala macam keburukan dan kesulitan. Aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kemalangan.” Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk melindungi aku dari godaan syaitan dan gangguan jin. Aku juga memohon kepada-Mu agar Engkau memberikan aku kebaikan dan kelancaran dalam segala hal.”

Doa Setelah Tidur dan Artinya

Berikut adalah beberapa doa setelah tidur dan artinya: “Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu dalam segala hal dan aku mohon kepada-Mu agar Engkau menjaga diriku dari godaan syaitan dan gangguan jin. Aku mohon kepada-Mu agar Engkau memberiku kebaikan dan kelancaran dalam segala hal.” Artinya: “Ya Allah, aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu dan aku mohon kepada-Mu agar Engkau melindungi aku dari godaan syaitan dan gangguan jin. Aku juga mohon kepada-Mu agar Engkau memberikan aku kebaikan dan kelancaran dalam segala hal.”

Kesimpulan

Doa sebelum tidur dan setelah tidur merupakan salah satu cara untuk berhubungan dengan Allah SWT. Doa yang dibaca sebelum tidur dan setelah tidur dapat menjadi penyemangat dan perlindungan bagi orang yang mengamalkannya. Doa sebelum tidur dan artinya yang dianjurkan untuk dibaca adalah doa yang telah disebutkan di atas. Semoga dengan membaca doa sebelum tidur dan setelah tidur, kita dapat mendapatkan rahmat dan perlindungan Allah dalam segala hal.