Arti Doa Sesudah Wudhu
Arti Doa Sesudah Wudhu

Arti Doa Sesudah Wudhu

Doa sesudah wudhu adalah salah satu doa yang harus dibaca setelah melakukan wudhu. Doa ini ditujukan kepada Allah SWT untuk memohon kecintaan dan kasih sayang-Nya. Doa ini juga penting untuk meyakini bahwa wudhu yang dilakukan telah sah dan diterima oleh Allah SWT. Doa ini juga menjadi pengingat agar tetap berpegang teguh pada ajaran agama dan taat pada perintah-Nya. Dengan menyebut doa sesudah wudhu, kita berharap dapat mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Makna Doa Sesudah Wudhu

Doa sesudah wudhu bermakna untuk mengingatkan untuk terus beribadah kepada Allah SWT. Melalui doa ini, kita berharap dapat mendapatkan ridho dan ampunan-Nya. Doa ini juga sebagai pengingat agar selalu menjauhi dari segala bentuk kemaksiatan dan melakukan segala perintah-Nya. Doa ini juga merupakan bentuk kesyukuran karena telah diberikan kesempatan untuk tetap berwudhu dan bersuci.

Bacaan Doa Sesudah Wudhu

Doa sesudah wudhu dibaca dengan lafadz berikut: “الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي” (Alhamdulillahilladzi adzhaba ‘annil adza wa ‘aafaanee). Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan telah menyehatkan aku.”

Manfaat Doa Sesudah Wudhu

Doa sesudah wudhu sangat penting karena memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, doa ini dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya beribadah kepada Allah SWT. Dengan menyebut doa ini, kita akan lebih menyadari pentingnya beribadah dan taat pada perintah-Nya. Kedua, doa ini juga dapat membantu untuk membangun hubungan dengan Allah SWT, sehingga kita akan lebih dekat dengan-Nya. Ketiga, doa ini juga dapat membantu untuk meningkatkan ketaqwaan dan keteguhan dalam beribadah kepada-Nya.

Waktu Membaca Doa Sesudah Wudhu

Doa sesudah wudhu biasanya dibaca setelah melakukan wudhu, yaitu setelah mencuci tangan, mulut, hidung, wajah, dan sepatu. Doa ini dibaca hingga tiga kali, namun bisa juga dibaca lebih dari itu. Setelah itu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa taubat dan doa lainnya yang berhubungan dengan ibadah.

Doa Sesudah Wudhu dalam Hadits

Doa sesudah wudhu juga pernah disebutkan dalam hadits. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melakukan wudhu lalu menyebut doa ini, maka dia akan dimasukkan ke dalam surga: الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي” (Alhamdulillahi lilladzi adzhaba ‘annil adza wa ‘aafaanee). Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan telah menyehatkan aku.” (HR. Muslim).

Contoh Doa Sesudah Wudhu Lainnya

Selain doa yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa doa lain yang dapat dibaca sesudah melakukan wudhu. Berikut ini beberapa contoh doa sesudah wudhu:

  • اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ (Allahummaaj’alnee minat tawwabeena waj’alnee minal mutathahhirien). Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikan aku orang yang bersuci.”
  • اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ (Allahumma innii asaluka al ‘Afwaa wal ‘aafiyah fiddunyaa wal aakhirah). Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohonkan kebajikan dan kesehatan di dunia dan di akhirat.”
  • اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ (Allahumma innii a’uudzu bika minal khubtsi wal khaabaaits). Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan keburukan.”

Kesimpulan

Doa sesudah wudhu adalah salah satu doa yang harus dibaca setelah melakukan wudhu. Doa ini ditujukan kepada Allah SWT untuk memohon kecintaan dan kasih sayang-Nya. Doa ini juga penting untuk meyakini bahwa wudhu yang dilakukan telah sah dan diterima oleh Allah SWT. Doa ini juga menjadi pengingat agar tetap berpegang teguh pada ajaran agama dan taat pada perintah-Nya. Dengan menyebut doa sesudah wudhu, kita berharap dapat mendapatkan keselamatan di dun