Apa Itu Doa Selesai Tahajud dan Artinya
Apa Itu Doa Selesai Tahajud dan Artinya

Apa Itu Doa Selesai Tahajud dan Artinya

Doa selesai tahajud adalah sebuah doa yang dibaca setelah selesai melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud sendiri merupakan salah satu rukun Islam yang wajib atau fardhu bagi umat muslim. Shalat tahajud dapat dilakukan antara pukul 12 malam hingga pukul 4 pagi. Bagi orang yang melakukan shalat tahajud, maka setelah selesai melakukan shalat tahajud, maka diwajibkan untuk membaca doa selesai tahajud.

Kapan Wajib Membaca Doa Selesai Tahajud

Doa selesai tahajud dibaca setelah selesai melakukan shalat tahajud. Namun, tidak harus segera setelah shalat tahajud. Bagi yang ingin berdzikir atau berdoa di setelah shalat tahajud, maka hal tersebut tidak masalah. Namun, jika sudah jeda cukup lama, maka wajiblah untuk membaca doa selesai tahajud.

Doa Selesai Tahajud Sesuai Sunnah

Doa selesai tahajud sesuai sunnah yang dibaca setelah selesai melakukan shalat tahajud adalah doa berikut: “Allahumma lakal hamdu anta nusyri fauzana wa nusalli ala sayyidina Muhammadin wa ala Aalihi wa shahbihi wa sallim”. Artinya: “Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau berikan kemenangan kepada kami dan kami memohon kepada Muhammad dan keluarganya dan semua sahabatnya selamat”.

Hikmah Membaca Doa Selesai Tahajud

Doa selesai tahajud memiliki banyak hikmah diantaranya adalah: Menjadi sebuah penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, menjadi bentuk pengharapan kepada Allah SWT agar diberikan kemenangan kepada kita, dan menjadi bentuk terimakasih kita kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kemudahan untuk berdzikir dan berdoa.

Tata Cara Membaca Doa Selesai Tahajud

Tata cara membaca doa selesai tahajud adalah dengan berdiri, tegak dan berwudhu. Lalu, baca dahulu doa iftitah yaitu “Allahumma inii as aluka bi an nafsii syahadat an laka wa bi kalimatik syahadat an muhammadan abduka wa rasuuluka”. Setelah itu, baca doa selesai tahajud seperti yang sudah disebutkan diatas. Usahakan baca doa dengan lafadz yang benar dan jelas agar doa dapat diterima oleh Allah SWT.

Keutamaan Membaca Doa Selesai Tahajud

Membaca doa selesai tahajud memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah: Rasulullah juga biasa membaca doa selesai tahajud, doa selesai tahajud dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan, doa selesai tahajud juga akan dibaca oleh malaikat di akhirat nanti, dan orang yang membaca doa selesai tahajud akan dilindungi oleh Allah SWT.

Bacaan Doa Selesai Tahajud Lainnya

Selain doa selesai tahajud yang sudah disebutkan diatas, masih ada beberapa doa selesai tahajud lainnya. Diantaranya adalah: “Rabbanaa hablanaa min azwajinaa wa dhurriyatinaa qurrata ‘ayunin wa jalnaa lilmuttaqina imaama.” Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang shaleh, jadikanlah kami sebagai orang-orang yang bertekad keras (dalam beribadah)”.

Doa Selesai Tahajud Dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an juga menyebutkan beberapa doa selesai tahajud, diantaranya adalah doa berikut: “Rabbi ighfirlii waliwalidayya wa lilmu’minina yauma yaqumul hisaab”. Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan (ampunilah juga) hari pembalasan (di hari kiamat) bagi orang-orang yang beriman”.

Kesimpulan

Doa selesai tahajud adalah doa yang wajib dibaca setelah selesai melakukan shalat tahajud. Doa selesai tahajud sesuai sunnah adalah “Allahumma lakal hamdu anta nusyri fauzana wa nusalli ala sayyidina Muhammadin wa ala Aalihi wa shahbihi wa sallim”. Membaca doa selesai tahajud memiliki banyak hikmah dan keutamaan, diantaranya menjadi bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan juga merupakan bentuk terimakasih kita kepada Allah SWT. Selain doa selesai tahajud yang sudah disebutkan, masih banyak doa selesai tahajud lainnya yang terdapat di Al-Qur’an.