Apa Itu Doa Iftitah dan Artinya?
Apa Itu Doa Iftitah dan Artinya?

Apa Itu Doa Iftitah dan Artinya?

Doa iftitah adalah doa yang biasa kita ucapkan sebelum memulai sesuatu. Doa iftitah ini bisa digunakan ketika kita akan memulai sebuah kegiatan, perjalanan, maupun aktivitas lainnya. Doa iftitah juga sering digunakan untuk membuka sebuah acara atau rapat.

Doa iftitah ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa ini biasanya diucapkan dengan menggunakan bahasa Arab. Namun, jika Anda tidak begitu mengerti bahasa Arab, Anda bisa mengucapkan doa iftitah dalam bahasa Indonesia.

Arti Doa Iftitah

Doa iftitah secara harfiah berarti “membuka”. Doa ini biasanya diucapkan dengan menyebutkan nama Allah SWT dan kemudian memohon kepada-Nya agar mendapatkan petunjuk dan keberkahan dalam kegiatan yang akan dilakukan. Doa ini juga berfungsi sebagai penyambung antara seseorang dengan Allah SWT.

Doa iftitah ini juga berfungsi sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Dengan mengucapkan doa iftitah ini, kita seolah-olah mengakui bahwa semua kebaikan yang kita lakukan adalah dengan bantuan dari Allah SWT.

Bacaan Doa Iftitah

Doa iftitah ini biasanya diucapkan dengan menggunakan bahasa Arab. Berikut adalah bacaan doa iftitah dalam bahasa Arab:

“Bismillahirahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Arrahmanirrahim. Maliki yaumidin. Iyyaka na’abudu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal ladzina an ‘amta alaihim. Ghairil maghduubi alaihim waladzdzalleen.”

Terjemahan Doa Iftitah

Berikut adalah terjemahan doa iftitah dalam bahasa Indonesia:

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Yang merajai hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Manfaat Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang mengamalkannya. Di antaranya adalah:

  • Membuka pintu rezeki.
  • Mencegah dari godaan setan.
  • Mendapatkan kemudahan dalam segala hal.
  • Membuka hati dan pikiran untuk berfikir secara positif.
  • Memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Kapan Kita Menggunakan Doa Iftitah?

Doa iftitah ini bisa digunakan dalam berbagai kondisi dan situasi. Berikut adalah beberapa situasi yang biasa kita ucapkan doa iftitah:

  • Sebelum memulai sesuatu.
  • Sebelum berangkat ke suatu tempat.
  • Sebelum membaca Al-Quran.
  • Sebelum mengucapkan khutbah.
  • Sebelum memulai sesuatu acara atau rapat.

Kesimpulan

Doa iftitah adalah doa yang biasa kita ucapkan sebelum memulai sesuatu. Doa ini biasanya diucapkan dengan menggunakan bahasa Arab. Doa iftitah ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa ini berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar mendapatkan petunjuk dan keberkahan dalam kegiatan yang akan dilakukan. Doa ini juga berfungsi sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Doa iftitah bisa digunakan dalam berbagai kondisi dan situasi.