Apa Arti Wakina Adza Bannar?
Apa Arti Wakina Adza Bannar?

Apa Arti Wakina Adza Bannar?

Wakina adza bannar adalah doa yang banyak digunakan sebelum memulai makan. Doa ini dapat disebutkan secara bersama-sama oleh keluarga, sebelum mereka mulai makan. Doa ini juga dikenal sebagai doa sebelum makan. Doa ini berasal dari bahasa Arab, yang berarti “mohon kepada Allah untuk memberi kita makanan yang halal dan berkah”.

Doa sebelum makan ini digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Mereka menganggapnya sebagai cara untuk membuat makan lebih berkat dan bermanfaat. Doa ini juga bertujuan untuk menghormati makanan yang diterima dan meningkatkan rasa syukur.

Doa ini juga dianggap sebagai cara untuk menghormati Allah dan memohon bantuan-Nya. Doa ini juga bertujuan untuk membantu umat Islam untuk menjaga makanan yang mereka makan dari hal-hal yang haram. Doa ini juga sering digunakan dalam upacara pernikahan.

Lafazh Wakina Adza Bannar

Doa Wakina Adza Bannar dibaca sebagai berikut: “Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alhamdu lillaahi Rabbil ‘Aalamiin, wa ash-hadu an laa ilaaha illa-Allaah, wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasooluhu. Allahumma aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil ‘aakhirati hasanah, wa qinaa ‘azaaban-naar.”

Doa ini dapat diterjemahkan sebagai berikut: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungi kami dari siksa neraka.”

Faedah Wakina Adza Bannar

Doa Wakina Adza Bannar sangat bermanfaat bagi umat Islam. Berikut adalah beberapa faedah yang dapat diambil dari doa ini:

  • Doa ini mengingatkan kita tentang pentingnya menghormati Allah.
  • Doa ini mendorong umat Islam untuk mengucapkan syukur atas nikmat yang diterima.
  • Doa ini juga mengingatkan kita bahwa makanan yang kita makan harus halal.
  • Doa ini juga mengingatkan kita bahwa kita harus memohon ampun dari Allah.

Simpulan Wakina Adza Bannar

Doa Wakina Adza Bannar adalah doa yang banyak digunakan sebelum memulai makan. Doa ini berasal dari bahasa Arab yang berarti “mohon kepada Allah untuk memberi kita makanan yang halal dan berkah”. Doa ini dapat membantu umat Islam untuk menghormati Allah dan memohon bantuan-Nya. Doa ini juga membantu umat Islam untuk mengingatkan pentingnya menjaga makanan yang kita makan dari hal-hal yang haram.