Mengetahui Doa Agar Cepat Haid yang Bisa Kamu Baca
Mengetahui Doa Agar Cepat Haid yang Bisa Kamu Baca

Mengetahui Doa Agar Cepat Haid yang Bisa Kamu Baca

Ternyata ada doa agar cepat haid yang bisa dibaca saat tidak sesuai siklus. Umumnya siklus menstruasi atau haid wanita adalah 28 sampai 35 hari setiap bulannya. Mulai usia 9 tahun wanita sudah mengalami siklus ini.

Ada juga yang sampai belasan tahun baru mendapatkan haid. Kondisi berbeda ini dipengaruhi oleh faktor keturunan, nutrisi serta kemungkinan adanya faktor medis. Setelah mendapatkan haid, maka bulan-bulan berikutnya akan berulang.

Haid adalah darah yang keluar melalui alat kelamin wanita. Berasal dari peluruhan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Proses reproduksi pembentukan sel telur ini berlangsung setiap bulan.

Jadi normalnya setiap wanita akan mendapatkan haid kecuali kondisi hamil atau permasalahan tertentu. Ini dibahas dalam fiqih Islam maqasid syariah. Adanya siklus tersebut adalah suatu kebaikan untuk kaum wanita.

Dalil tentang Haid Menurut Islam

Doa agar cepat haid bisa kamu baca jika terjadi masalah dalam siklus. Proses alamiah tubuh yang hanya dialami wanita ini sudah diatur dalam kitab suci. Salah satu contohnya adalah QS Al Baqarah ayat 222.

Arti dari ayat tersebut sudah jelas. “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid adalah kotoran.’ Oleh sebab itu kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid, jangan kamu mendekati sebelum mereka suci.”

“Bila telah suci, campuri mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang-orang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” Sebelumnya terjadi keresahan dalam kehidupan umat Islam pada masa dulu.

Wanita haid dianggap kotor, menjijikkan, bahkan ada yang mendapat perlakuan tidak manusia. Mulai dari dikucilkan, disembunyikan hingga diusir dari rumah. Padahal dalam Islam wanita tetap harus dimuliakan kedudukannya.

Memang dalam kondisi tidak suci tersebut wanita dilarang melakukan ibadah seperti sholat, puasa, membaca alqur’an. Satu lagi yang tidak diperbolehkan yaitu berhubungan badan suami istri. Tetapi selebihnya seperti sedekah, infaq, amal sholeh lain bisa dilakukan.

Dalam salah satu hadits shahih Al Bukhari dijelaskan bahwa wanita seharusnya bergembira saat mendapat menstruasi. Sebab ini adalah ketentuan dari Allah terhadap kondisi tubuh seorang wanita yang berbeda dengan laki-laki.

Sedangkan doa agar cepat haid perlu dibaca untuk menghindari keterlambatan yang panjang. Sebagai langkah antisipasi adanya gangguan kesehatan serius berkaitan dengan sistem dan alat reproduksi wanita.

Adanya siklus alami tersebut merupakan pelajaran bagi wanita untuk selalu menjaga kebersihan diri terutama organ intim. Terlatih membersihkan najis dengan cepat dan tepat sehingga tidak menghalangi ibadah.

Faktor Penyebab Haid tidak Teratur

Selain membaca doa agar cepat haid perlu diketahui dulu apa saja penyebabnya. Ada banyak hal penyebab siklus setiap wanita berbeda. Masing-masing perlu aware terhadap kondisi diri sendiri sebab tidak selalu sama dengan yang lain. Berikut diantara faktor tersebut.

  1. Penggunaan alat kontrasepsi

Faktor penyebab pertama adalah penggunaan alat kontrasepsi bagi wanita dewasa yang telah berumah tangga. Seperti IUD, pil KB atau injeksi, ini bagi sebagian orang responnya adalah siklus menstruasi tidak teratur.

Ada yang mengalami terlambat mens hingga 1 bulan bahkan 3 bulan. Padahal darah kotor tersebut harus harus dikeluarkan secara rutin setiap bulan. Maka tidak ada salahnya kamu ikhtiar dengan membaca doa agar cepat haid.

  1. Stress

Stress atau kelelahan bisa sebagai penyebab mens tidak teratur sesuai jadwal. Ini juga berkaitan dengan sistem hormonal yang terganggu. Bukan hanya mundur dari jadwal seharusnya namun bisa juga maju.

  1. Mendekati masa menopause

Mendekati masa menopause kinerja hormone estrogen dan progesterone mulai kurang stabil. Menyebabkan darah mens tidak keluar seperti jadwal seharusnya. Ada yang mengalami keterlambatan hingga berbulan-bulan.

  1. Pola hidup kurang seimbang

Pola hidup seperti makan tinggi kolesterol, konsumsi alkohol, merokok, kurang minum air putih juga bisa jadi penyebabnya. Untuk sebab ini kamu bisa pancing dengan membaca doa agar cepat haid.

  1. Gejala kehamilan

Sebab yang sudah umum adalah gejala kehamilan. Bisa jadi kamu mengalami haid tidak teratur atau terlambat datang bulan karena hamil. Artinya tidak akan mendapatkan tamu bulanan selama 9 bulan kedepan.

Masalah Haid dari Segi Medis

Sambil ikhtiar membaca doa agar cepat haid, kamu perlu memeriksakan diri secara medis. Sebab ada kemungkinan gangguan kesehatan yang harus segera ditangani. Berikut beberapa indikasi gangguan medis berhubungan dengan permasalahan reproduksi wanita tersebut.

  1. Sindrom ovarium polikistik atau PCOS

Kondisi mens tidak lancar, berat badan meningkat, tumbuh banyak kista ovarium, tumbuh rambut tidak wajar pada area punggung, bokong, dada, serta wajah. Ini dikarenakan terganggunya hormon androgen yang produksinya berlebih.

  1. Masalah kelenjar tiroid

Baik kelebihan maupun kekurangan hormone tiroid menyebabkan mens tidak teratur. Selain itu juga penurunan berat badan secara drastis, rambut rontok, kelelahan. Jika mengalami hal ini selain membaca doa agar cepat haid, kamu harus segera menemui dokter.

  1. Miom atau Fibroid

Adanya pertumbuhan tumor jinak dalam rahim. Gangguan ini cukup berat sebab menyebabkan nyeri panggul dan keluhan lainnya. Maka harus waspada saat mengalami nyeri di bagian tersebut atau saat berhubungan intim.

  1. Endometriosis

Darah mens bisa berlebih saat keluar dengan siklus yang tidak teratur. Dikarenakan adanya pertumbuhan jaringan di luar rahim. Keluhan ini bisa mengarah pada kanker, sehingga perlu segera ditangani.

Jadi setiap terjadi keterlambatan jadwal mens dengan volume cairan darah tidak biasa perlu melakukan pemeriksaan. Serta tetap melakukan pendekatan terhadap Allah yang Maha Menyembuhkan dengan membaca doa agar cepat haid.

Tips Haid Lancar secara Alami

Jika gejala masih wajar dan tidak menyebabkan gangguan aktifitas yang berarti, kamu bisa melakukan beberapa langkah alami. Cara-cara berikut ini bisa membantu menormalkan hormon serta siklus mens.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih menyeimbangkan suhu, memperlancar proses metabolisme, memperlancar aliran darah. Air putih menghindari resiko dehidrasi pada level sel. Sehingga mendukung seluruh kinerja organ termasuk organ reproduksi.

  1. Minum air kelapa

Selain ikhtiar membaca doa agar cepat haid kamu bisa mengkonsumsi air kelapa. Dipercaya memiliki efek menyehatkan serta membersihkan saluran organ reproduksi wanita. Bersifat anti bakteri yang mencegah adanya gangguan penyakit.

  1. Minum wedang jahe

Berkhasiat membantu kontraksi otot rahim, sehingga darah kotor segera luruh melewati organ kewanitaan di saat yang tepat. Selain itu jahe mengandung anti inflamasi yang meminimalisir nyeri.

  1. Konsumsi minuman mengandung kunyit

Kunyit dipercaya menjaga kadar estrogen dan progesterone tetap stabil. Minuman mengandung kunyit direkomendasikan untuk wanita haid supaya lancar. Kamu bisa meminumnya setiap hari sambil membaca doa agar cepat haid.

  1. Perbaiki pola hidup

Makan makanan bernutrisi, kurangi konsumsi fast food dan junkfood. Olahraga secara teratur mulai dari yang ringan seperti jalan pagi, jogging atau bersepeda. Kurangi rokok, alkohol, minuman bersoda dan gula.

  1. Kompres air hangat di sekitar perut bagian bawah

Jika tamu bulanan tidak kunjung datang dan menyebabkan rasa nyeri, lakukan pengompresan pada perut dengan air hangat. Selain membantu memperlancar aliran darah juga meredakan nyeri. Tetap dibantu dengan membaca doa agar cepat haid.

Doa Haid di Hari Pertama

Keistimewaan wanita adalah ada banyak hal yang mendatangkan pahala jika dilakukan. Salah satunya membaca doa saat pertama kali mendapatkan haid. Ini merupakan wujud syukur dan suka cita.

Bersyukur sebab tamu bulanan datang, yang juga mengindikasikan tidak ada gangguan kesehatan. Bersyukur karena mengalami fitrahnya sebagai seorang wanita yaitu memiliki rahim yang berfungsi secara normal.

Selain doa agar cepat haid kamu bisa melafalkan doa haid pertama sebagai wujud syukur dan rasa terima kasih. Bacaannya,”Alhamdulillah ala kulli halin wa astagfirullaha min kulli dzanbin”.

Artinya: “Segala puji bagi Allah atas segala urusan, aku memohon ampun kepada-Mu atas semua dosa”. Ini sebenarnya doa yang berlaku secara umum, tidak hanya untuk saat pertama kali haid. Tetapi memang sering diucapkan saat mendapatkan sesuatu sebagai rejeki atau keberuntungan.

Adapun wanita yang sudah tidak lagi mungkin untuk mendapatkan menstruasi. Yaitu yang sudah lanjut usia dan menopause. Ketentuan ini dijelaskan juga secara medis sebagai penurunan fungsi organ dan kesehatan.

Hal ini sudah dijelaskan dalam Alqur’an surat An-nur ayat 60. Jika diartikan: “Dan perempuan-perempuan tua yang berhenti haid dan mengandung, tiada ingin kawin, tiada dosa menanggalkan pakaian tanpa menampakkan perhiasan, berlaku sopan lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Bijaksana”.

Saat sudah memasuki menopause tentu tidak perlu lagi membaca doa agar cepat haid. Namun tetap perlu menjaga kebersihan diri terutama organ kewanitaan. Menjaga pola makan dan tetap berolahraga.

Doa Agar Cepat Haid

Bagi wanita produktif yang masih mengalami siklus datang bulan meski tidak selalu teratur, penting juga memperhatikan pola hidup. Menjaga kesehatan dan kebersihan guna menghindari terjangkitnya penyakit.

Apabila terlambat datang bulan langkah pertama baca doa agar cepat haid. Lafalnya sebagai berikut:”Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar rahimiin”. Artinya: “Ya Tuhan, aku telah tertimpa sakit dan Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang diantara semua Penyayang”.

Saat pertama kali mens sering kali merasa nyeri di bagian perut bawah. Kadang ada yang mengalami nyeri sampai pada paha dan tungkai bawah. Untuk mengatasinya kamu bisa menetralisir dengan membaca doa.

Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqaman.” Artinya: “Ya Allah Tuhan manusia, hilangkan rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkau zat Yang Maha Menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit”.

Saat membaca kamu harus berada dalam kondisi bersih dan khusyu’. Adab seperti ini akan mempercepat terkabul semua keinginan. Terlebih berkaitan dengan rasa sakit dan kesehatan organ reproduksi.

Kamu juga bisa rutin membaca istighfar saat mulai merasakan nyeri pada perut namun darah mens tidak kunjung keluar. Dengan mengucapkan istighfar ras sakit akan berkurang. Bacaan ini juga dianjurkan saat mengalami sakit lain.

Bahkan saat mengetahui bahwa penyebab mens tidak teratur karena adanya penyakit tertentu. Tetap perlu ditambah dengan doa lain serta kebiasaan ibadah seperti sedekah, baca Alqur’an, sholat wajib dan sunah dan sebagainya.

Anugerah mendapatkan tamu bulanan memang jadi moment paling dinanti setiap bulan. Kecuali jika sedang mengharapkan kehamilan. Diluar itu membaca doa agar cepat haid adalah solusi tepat dalam menanti tamu rutin tersebut.