Doa Niat Salat Tarawih Beserta Artinya
Doa Niat Salat Tarawih Beserta Artinya

Doa Niat Salat Tarawih Beserta Artinya

Salat Tarawih adalah salat sunah yang dilakukan di bulan Ramadhan. Salat ini dikerjakan setelah salat Isya hingga sebelum salat Subuh. Salat Tarawih juga dikenal dengan salat Witir. Selain itu, salat Tarawih juga diartikan sebagai salat malam yang dilakukan secara berjamaah di masjid. Salat ini dikerjakan sebanyak 20 rakaat. Sebelum melaksanakan salat Tarawih, Anda harus memiliki niat yang jelas. Di bawah ini adalah doa niat salat Tarawih beserta artinya.

Doa Niat Salat Tarawih

Berikut ini adalah doa niat salat Tarawih yang biasa diucapkan oleh umat muslim:“Nawaitu an usalli salat ar-raatibata tashahhud.”

Arti Doa Niat Salat Tarawih

Berikut ini adalah arti dari doa niat salat Tarawih yang diucapkan oleh umat muslim: “Aku niat untuk mengerjakan salat Tarawih dengan tasyahud”

Cara Melakukan Doa Niat Salat Tarawih

Berikut ini adalah cara melakukan doa niat salat Tarawih:

  • Pertama, ucapkan niat di dalam hati. Anda bisa menggunakan doa niat yang telah disebutkan di atas atau membuat niat sendiri.
  • Kedua, lakukan takbiratul Ihram. Anda bisa melakukannya dengan cara mengangkat kedua tangan. Ucapan takbiratul Ihram adalah “Allahu Akbar”.
  • Ketiga, lakukan ruku’. Ruku’ merupakan salah satu gerakan yang dilakukan saat salat. Untuk melakukannya, Anda harus menundukkan badan dengan menyentuh lutut. Ucapan yang biasa diucapkan saat melakukan ruku’ adalah “Subhanallahi Rabbil ‘Alamin”.
  • Keempat, lakukan sujud. Sujud adalah salah satu gerakan salat yang harus dilakukan. Anda harus berlutut dan menyentuh kepala ke lantai. Ucapan yang biasa diucapkan saat melakukan sujud adalah “Subhanallahi Rabbil ‘Alamin”.
  • Kelima, lakukan tahiyyat. Tahiyyat adalah salah satu gerakan yang harus dilakukan saat salat. Anda harus berdiri dan mengangkat kedua tangan ke samping. Ucapan yang biasa diucapkan saat melakukan tahiyyat adalah “Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh”.

Keutamaan Salat Tarawih

Salat Tarawih memiliki banyak keutamaan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Di antaranya, salat ini dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Selain itu, dengan melaksanakan salat Tarawih, kita juga akan mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan salat lainnya. Salat Tarawih juga dapat membantu kita untuk beribadah dengan lebih taqwa kepada Allah SWT.

Tata Cara Salat Tarawih

Berikut ini adalah tata cara melaksanakan salat Tarawih yang benar:

  • Pertama, lakukan wudhu dengan benar.
  • Kedua, berdirilah untuk melakukan salat. Ucapan yang biasa diucapkan saat berdiri adalah “Allahummaghfirlii wa’fu ‘annee”.
  • Ketiga, lakukan takbiratul Ihram. Ucapan takbiratul Ihram adalah “Allahu Akbar”.
  • Keempat, lakukan ruku’. Ucapan yang biasa diucapkan saat melakukan ruku’ adalah “Subhanallahi Rabbil ‘Alamin”.
  • Kelima, lakukan sujud. Ucapan yang biasa diucapkan saat melakukan sujud adalah “Subhanallahi Rabbil ‘Alamin”.
  • Keenam, lakukan tahiyyat. Ucapan yang biasa diucapkan saat melakukan tahiyyat adalah “Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh”.
  • Ketujuh, lakukan salam. Ucapan salam adalah “Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh”.

Niat Saat Membaca Al Quran di Salat Tarawih

Selain melakukan doa niat untuk salat Tarawih, Anda juga harus memiliki niat yang jelas saat membaca Al Quran. Berikut ini adalah doa niat saat membaca Al Quran:“Nawaitu an usalli aladzina an qur’an.” Artinya, “Aku niat untuk mengerjakan orang-orang yang membaca Al Quran.”

Kesimpulan

Niat salat Tarawih adalah doa yang wajib diucapkan oleh umat muslim saat akan mengerjakan salat Tarawih. Doa niat tersebut adalah “Nawaitu an usalli salat ar-raatibata tashahhud” yang berarti “Aku niat untuk mengerjakan salat Tarawih dengan tasyahud”. Selain itu, Anda juga harus memiliki niat yang jelas saat membaca Al Quran di salat Tarawih. Doa niat tersebut adalah “Nawaitu an usalli aladzina an qur’an” yang berarti “Aku niat untuk mengerjakan orang-orang yang membaca Al Quran”. Dengan melakukan salat Tarawih sesuai dengan tata cara yang benar dan memiliki niat yang jelas, kita akan mendapatkan pahala yang lebih besar dari Allah SWT.