Doa Setelah Witir dan Artinya
Doa Setelah Witir dan Artinya

Doa Setelah Witir dan Artinya

Doa witir adalah salah satu doa tahajud yang dilakukan setelah selesai melaksanakan shalat tahajud. Doa witir memiliki 2 bentuk, yaitu witir 1 rakaat dan witir 3 rakaat. Doa witir bisa dilakukan dengan mengikuti cara yang ditetapkan dalam sunnah Nabi Muhammad SAW, ataupun dengan membuat doa sendiri. Setelah selesai melaksanakan doa witir, maka wajib untuk melaksanakan doa setelah witir.

Doa setelah witir ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap orang yang melaksanakan shalat tahajud. Hal ini karena dengan membaca doa setelah witir akan memberikan kekuatan dan keberkahan bagi orang yang membacanya. Selain itu, doa setelah witir juga akan menjadi penutup bagi shalat tahajud yang telah dilakukan.

Doa Setelah Witir dan Artinya

Doa setelah witir yang disunahkan adalah sebagai berikut :

“ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ “

Artinya :” Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah : 201)

Doa setelah witir ini berasal dari ayat Al-Quran, memiliki arti yang sangat luar biasa, yaitu berdoa kepada Allah agar diberikan kebaikan di dunia dan di akhirat, serta lindungan dari siksa neraka.

Keutamaan Doa Setelah Witir

Doa setelah witir memberikan banyak keutamaan bagi orang yang melaksanakannya. Di antaranya adalah :

1. Kebaikan Dunia dan Akhirat

Membaca doa setelah witir akan memberikan kebaikan di dunia dan di akhirat. Dengan membaca doa ini maka kita akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan yang berlipat ganda.

2. Lindungi Diri dari Siksa Neraka

Doa setelah witir akan melindungi kita dari siksa neraka. Dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT terhadap segala macam bentuk siksa neraka.

3. Membuka Rahmat Allah

Membaca doa setelah witir juga akan membuka rahmat Allah SWT terhadap kita. Dengan membaca doa ini, kita juga akan mendapatkan karunia-karunia dari Allah SWT.

Hikmah Membaca Doa Setelah Witir

Selain memberikan keutamaan, membaca doa setelah witir juga memiliki hikmah yang besar. Di antaranya adalah :

1. Berdzikir dan Memuji Allah

Doa setelah witir adalah salah satu cara untuk berdzikir dan memuji Allah SWT. Dengan membaca doa setelah witir, kita akan mengungkapkan kebesaran dan keagungan Allah SWT.

2. Menyatakan Kebutuhan Kepada Allah

Doa setelah witir juga merupakan salah satu cara untuk menyatakan kebutuhan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita akan menyatakan kepada Allah SWT bahwa kita membutuhkan kebaikan di dunia dan di akhirat, serta perlindungan dari siksa neraka.

Kesimpulan

Doa setelah witir adalah salah satu doa yang harus dilakukan setelah melaksanakan shalat tahajud. Doa ini sangat penting untuk dilaksanakan karena memberikan banyak keutamaan dan hikmah bagi orang yang membacanya. Dengan membaca doa setelah witir, kita akan mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat, serta lindungi diri dari siksa neraka.