Doa Surat Dhuha dan Artinya
Doa Surat Dhuha dan Artinya

Doa Surat Dhuha dan Artinya

Surat Dhuha adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang berisi renungan, perenungan, doa dan motivasi bagi kita untuk tetap bersemangat dalam menghadapi cobaan dan ujian hidup. Surat Dhuha merupakan salah satu surat yang berisi petunjuk-petunjuk kehidupan yang baik. Kata “Dhuha” secara bahasa berarti waktu menjelang tengah hari. Surat Dhuha terdiri dari 11 ayat dan terdapat di dalam juz ke-30 Al-Quran.

Doa Surat Dhuha merupakan salah satu doa yang bisa kita gunakan untuk berdoa kepada Allah SWT. Doa Surat Dhuha dapat kita lakukan kapan saja, baik di pagi hari, siang hari, sore hari ataupun malam hari. Doa ini akan membantu kita untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik dan mencapai sukses sesuai dengan yang diinginkan.

Arti Doa Surat Dhuha

Doa Surat Dhuha berisi permintaan kepada Allah SWT agar diberikan kesejahteraan. Doa ini juga mengandung harapan agar Allah SWT memberikan rahmat dan keberkahan. Doa ini juga berisi permintaan agar Allah SWT menyelamatkan orang-orang yang berbuat benar dari bencana dan musibah. Doa ini juga berisi pujian kepada Allah SWT, berterima kasih atas nikmat-nikmat yang telah diberikan dan mengingatkan kita untuk selalu berbuat kebajikan.

Doa Surat Dhuha Arab dan Latin

Berikut adalah doa Surat Dhuha Arab dan Latin:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِBismillahirrahmanirrahim

الضُّحَىٰ ۖ وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰAd-duhaa wal layli iza sajaa

مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰMa wadda’aka rabbuka wa ma qala

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْأُولَىٰWa lal aakhiratu khayrun laka minal uula

وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰWa lasawfa yu’tika rabbuka fatardha

أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَىٰAlam yajidka yateeman fa aawa

وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَىٰWa wajadaka dalaan fahada

وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰWa wajadaka ‘aailan faaghna

فَأَمُّواْ بِإِذْنِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْ لَكَ رَبُّكَ إِنَّ رَبَّكَ كَانَ غَفُورًا رَّحِيمًاFaamuu bi-idhni rabbika wastaghfir laka rabbuka inna rabbaka kana ghafooran raheemaa

Doa Surat Dhuha dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah doa Surat Dhuha dan artinya dalam bahasa Indonesia:

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dengan waktu Dhuha dan malam apabila gelap gulita. Apakah Tuhanmu tidak meninggalkanmu dan tidak (pula) menyuruhmu (untuk berbuat dosa)? Dan akhirat itu lebih baik bagimu daripada permulaan. Dan sungguh, Tuhanmu akan memberikan karunia-Nya kepadamu, maka akan kau ridhai. Tidakkah Dia menemukanmu sebagai seorang yatim lalu Dia mengajakmu (ke jalan yang benar)? Dan Dia menemukanmu sebagai seorang yang sesat lalu Dia memberi petunjuk? Dan Dia menemukanmu sebagai orang yang miskin lalu Dia memberimu kekayaan? Maka hendaklah kamu (berbuat baik) dengan seizin Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Faedah Doa Surat Dhuha

Doa Surat Dhuha dapat membantu kita untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupan. Doa ini dapat membantu kita untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik, menjauhi dosa dan kejahatan, membuat keputusan yang tepat dan mencapai tujuan hidup kita. Doa Surat Dhuha juga dapat membantu kita untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Tata Cara dan Waktu Membaca Doa Surat Dhuha

Tata cara membaca doa Surat Dhuha adalah dengan membaca doa secara bersama-sama dengan teman-teman. Selain itu, kita juga dapat membaca doa Surat Dhuha secara sendiri. Waktu yang tepat untuk membaca doa Surat Dhuha adalah dari waktu Dhuha hingga waktu ashar. Namun, kita dapat membaca doa Surat Dhuha kapan saja yang kita inginkan.

Kesimpulan

Doa Surat Dhuha merupakan doa yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk kita baca. Doa ini berisi permintaan, harapan, pujian dan permohonan ampun kepada Allah SWT. Dengan membaca doa Surat Dhuha, kita dapat mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupan. Tata