Nasional

KRL Anjlok, Hingga Besok Operasional KRL Bogor-Jakarta Lumpuh

Written by hidayah news

CILEBUT – {Hidayahnews.com} – PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih berupaya untuk menarik material rangkaian kereta A1722 yang anjok di perlintasan Kebon Pedes, Tanah Sareal, Kota Bogor. PT KAI pun memastikan penarikan rangkaian membutuhkan waktu lama sehingga operasional kereta Bogor-Jakarta belum bisa dipastikan beroperasi besok.

“Kami masih menunggu kereta penarik yang datang dari Bandung, prosesnya cukup lama. Saya pastikan hari ini (Bogor-Jakarta) belum bisa dilalui,” papar Kepala DAOPS I KAI, Dadang Rudiansyah di lokasi kejadian, Minggu (10/3/2019).

Namun demikian, bagi para penumpang yang tetap berangkat atau pulang menggunakan kereta dapat naik dari stasiun selanjutnya yakni Stasiun Bojong Gede. Namun demikian, PT KAI tetap meminta agar calon penumpang mencari moda lain, karena jadwal commuter line saat ini masih belum dalam kondisi normal.

Secara teknis, lanjut Dadang, penarikan kereta dilakukan secara bertahap dimulai gerbong yang paling belakang merunut hingga depan. Petugas pun saat ini memastikan tiga kereta yang posisinya miring anjlok ke luar rel harus dibetulkan baru ditarik.

“Kereta yang anjlok nanti ditarik pakai crane. Setelah itu baru ditarik oleh kereta,” katanya.

Hingga saat ini, tim gabungan masih menyelidiki penyebab terjadinya rangkaian A1722 anjok dan menarik kabel listrik aliran atas (LAA) serta tiangnya. Kata Dadang, diperlukan investigasi menyuluruh guna mengetahui penyebab hal itu bisa terjadi.

Sebelumnya, PT Commuterline Indonesia (KCI) memohon maaf atas gangguan perjalanan di Lintas Bogor–Jakarta Kota/Jatinegara. Hingga kini perjalanan KRL lintas Bogor Jakarta Kota/Jatinegara dan sebaliknya belum dapat dilayani.

Juru Bicara PT KCI Eva Chairunisa dalam keterangannya menuturkan, commuter line anjok di petak jalan antara Cilebut, Bogor pada pukul 10.15. Penyebab kejadian tersebut belum dapat disampaikan karena masih proses evakuasi dan akan dilakukan investigasi lebih lanjut.

About the author

hidayah news

Leave a Comment