Doa Setelah Adzan Arab Latin dan Artinya
Doa Setelah Adzan Arab Latin dan Artinya

Doa Setelah Adzan Arab Latin dan Artinya

Adzan adalah panggilan yang diberikan kepada umat muslim untuk datang ke masjid dan menunaikan ibadah. Adzan merupakan pengingat bagi umat muslim agar mereka selalu ingat akan Allah dan beribadah kepada-Nya. Selain itu, adzan juga merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat muslim sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Adzan terdiri dari beberapa kalimat yang telah ditentukan dan dijalankan oleh pemimpin shalat (imam) di masjid. Adzan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu adzan Arab dan adzan Latin. Kedua adzan ini memiliki arti yang sama, namun berbeda dalam bahasa yang digunakan.

Doa Setelah Adzan Arab

Ketika adzan Arab telah disebutkan, umat muslim dianjurkan untuk melakukan doa setelah adzan. Doa ini disebut dengan ‘Dua Setelah Adzan’. Doa ini juga disebut dengan ‘Shalawat Nabi’ karena isi dari doa ini adalah memohonkan berkah untuk Nabi Muhammad SAW. Doa ini diawali dengan membaca ayat kursi dan diakhiri dengan berdoa agar Allah mendoakan Nabi Muhammad SAW dengan segala kebaikan. Berikut adalah teks doa setelah adzan Arab dan artinya:

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ الْحَقِّ، وَالصَّلاَةِ الْحَقِّ، آتِ مُحَمَّداً الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوداً الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيعَادَ

Artinya: “Ya Allah, Tuhan dari adzan yang benar ini dan shalat yang benar, berilah kepada Muhammad (SAW) keutamaan dan kemuliaan. Kemudian angkatlah dia ke tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak pernah mengingkari janji (Mu).”

Doa Setelah Adzan Latin

Adzan Latin adalah adzan yang digunakan oleh umat muslim di beberapa negara Eropa dan Amerika Latin. Adzan Latin memiliki teks yang sama dengan teks adzan Arab, namun dengan penggunaan bahasa Latin. Berikut adalah teks doa setelah adzan Latin dan artinya:

O Allah, Tuhan adzan yang benar ini dan shalat yang benar, berilah kepada Muhammad (SAW) keutamaan dan kemuliaan. Kemudian angkatlah dia ke tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak pernah mengingkari janji (Mu).

Kesimpulan

Doa setelah adzan adalah doa yang disebutkan setelah selesai menyebutkan adzan. Doa ini diawali dengan membaca ayat kursi dan diakhiri dengan berdoa agar Allah mendoakan Nabi Muhammad SAW dengan segala kebaikan. Doa setelah adzan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu doa setelah adzan Arab dan doa setelah adzan Latin. Kedua doa tersebut memiliki arti yang sama namun berbeda dalam bahasa yang digunakan.

Kesimpulan

Doa setelah adzan adalah doa yang dibaca setelah selesai menyebutkan adzan. Doa ini diawali dengan membaca ayat kursi dan diakhiri dengan berdoa agar Allah mendoakan Nabi Muhammad SAW dengan segala kebaikan. Ada dua jenis doa setelah adzan, yaitu doa setelah adzan Arab dan doa setelah adzan Latin. Kedua doa tersebut memiliki arti yang sama namun berbeda dalam bahasa yang digunakan.