Politik & Hukum

Masa Tenang, Bawaslu Ingatkan Capres-Cawapres Tidak Kampanye

Written by hidayah news

JAKARTA – {Hidayahnews.com} – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja, mengingatkan para capres dan cawapres tidak melakukan kegiatan kampanye apapun selama masa tenang Pemilu 2019. Bawaslu, kata Bagja akan memantau aktivitas para capres-cawapres termasuk peserta pemilu lainnnya.

“Capres, cawapres, peserta pemilu lain, akan tetap kami pantau. Jangan sampai menggunakan juga masa tenang untuk kampanye. Itu tidak boleh,” ujar Bagja di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Masa tenang dimulai hari ini, Minggu (14/4) hingga Selasa (16/4). Para peserta pemilu baik capres-cawapres, partai politik dan calon anggota DPD menghormati pemilih agar bisa memanfaatkan masa tenang sebagai persiapan menggunakan hak pilih pada Rabu (17/4).

“Masyarakat biarkan tenang, berkontemplasi sebelum menentukan pilihan. Biarkan kami sebagai penyelenggara pemilu yang tidak tenang (menyiapkan hari H pencoblosan),” ungkap dia.

Lebih lanjut Bagja mengatakan selama masa tenang, Bawaslu akan menggelar patroli pengawasan politik uang, ujaran kebencian dan SARA serta menuntaskan penertiban alat peraga kampanye (APK) bersama Satpol PP. Bawaslu, kata Bagja, menduga potensi pelanggaran akan tinggi selama masa tenang karena pemilu melibatkan aktor nasional dan lokal.

“Kalau sekarang yang signifikan aktor nasional, aktor lokalnya terikut. Jadi yang harus gerak teman-teman Bawaslu kabupaten, kota dan provinsi,” ungkap Bagja.

Kepada media, Bagja pun mengingatkan bahwa pemberitaan soal pemilu tetap diperbolehkan selama masa tenang. Namun, pemberitaan tetap harus berimbang.

“Jangan tidak berimbang, kami harapkan berimbang. Ada prinsip-prinsip kode etik jurnalistik yang harus dipahami,” pungkas Bagja.

About the author

hidayah news

Leave a Comment